7 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Makassar yang Tahan Lama

Dwi Latifatul Fajri
9 Mei 2022, 10:29
oleh oleh khas Makassar
Instagram/girlsbeautyshop1
Ilustrasi, sirup Markisa yang menjadi salah satu oleh-oleh Khas Makassar.

Kota Makassar merupakan ibukota provinsi Sulawesi Selatan. Tak hanya pusat pemerintahan, kota yang berada di kawasan timur Indonesia ini juga merupakan pusat perdagangan dan industri.

Namun, Makassar juga menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik. Contohnya, wisata pantai Losari yang menjadi ikon kota Makassar dan menjadi tempat berkumpul masyarakat, serta titik temu masyarakat pada malam perayaan tahun baru untuk menyaksikan kembang api.

Ketika berlibur ke Makassar, wisatawan juga bisa bisa membeli oleh-oleh khas Makassar, seperti kain Tenun Sengkang hasil kerajinan suku Bugis. Asal nama kain tenun berasal dari Kota Sengkang sebagai daerah penghasil sutera.

Selain Tenun Sengkang, wisatawan juga bisa membeli kerajinan kota Makassar lainnya, aksesoris khas Makassar, hiasan dinding, pakaian, dan gantungan kunci di tempat wisata.

Selain hasil kerajinan, wisatawan juga dapat memilih makanan dan minuman khas Makassar untuk buah tangan. Kota Makassar memiliki makanan berbeda dari daerah lain. Berikut rekomendasinya.

Oleh-oleh Khas Makassar

1. Kopi Toraja

Kopi Toraja merupakan salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Makassar yang tahan lama. Anda bisa membeli kopi bubuk kemasan untuk cinderamata. Mengutip dari salsawisata.com, kopi Toraja termasuk kopi terbaik di Makassar.

Kopi ini ditanam di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut (mdpl) pegunungan Sesean. Pegunungan ini merupakan tanah vulkanik, sehingga biji kopi dan rempah-rempah tumbuh subur. Kopi Toraja memiliki rasa dan aroma rempah yang khas.

2. Dangke

Dangke merupakan oleh-oleh khas Makassar yang terbuat dari susu sapi atau susu kerbau. Tak hanya susu, komposisi yang ada dalam Dangke adalah keju, yang menjadikan makanan ini unik.

Dangke dibuat dari susu sapi atau kerbau yang direbus terlebih dahulu. Proses perebusan ditambahkan getah pepaya supaya terpisah dari air. Proses ini membuat gumpalan susu menjadi lebih padat.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...