Menegangkan! Ini Rekomendasi 5 Film Zombie Korea Selatan

Film zombie Korea Selatan turut mencuri hati penggemar. Tak hanya menonjolkan elemen horor, film-film ini juga turut menguak sisi lain manusia hingga kritik terhadap berbagai hal.
Image title
12 Mei 2022, 15:33
film zombie korea
screenrant.com
Ilustrasi, cuplikan adegan film "Doomsday Book" (2012), salah satu film asal Korea Selatan yang bertema zombie.

Industri film Korea perlahan mulai memeroleh banyak penggemar. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor, salah satunya dalam hal eksplorasi genre.

Sejumlah penggiat film asal Negeri Ginseng tak menutup diri dalam menjelajah dan bereksperimen ke berbagai genre film, tak terkecuali zombie. Banyak di antara film bertema zombie Korea Selatan yang berhasil memikat hati para penonton.

Film Zombie Korea Selatan

Dihimpun dari Screen Rant, Tatler, dan ShowBizClan, berikut beberapa rekomendasi film zombie Korea Selatan.

1. The Neighbor Zombie (2010)

Pada tahun 2010, pandemi global melanda dunia, termasuk ibu kota Seoul, Korea Selatan. Ketika pemerintah mengumumkan darurat militer untuk mengkarantina warganya dan melacak sumber wabah, beberapa warga sipil yang heroik berangkat untuk membantu menyembunyikan dan memberi makan korban sambil mencari vaksin.

Advertisement

Film bergenre horor komedi ini disutradarai oleh Young Geun Hong, Yun Jeong Jang, dan Young Doo Oh. Film ini berhasil meraih kemenangan untuk kategori Best Feature Film dalam ajang Malaga International Week of Fantastic Cinema (2010).

Film berdurasi 1 jam 26 menit ini menggandeng sejumlah bintang berbakat Korea Selatan, di antaranya Eun Jung Ha, Youn Jung Jang, Bae Yong Geun, Hyeon Tae Kim, dan Yeong Seo Park.

2. The Flu (2013)

Menggandeng dua aktor kawakan K-drama, Jang Hyuk dan Soo Ae, The Flu menceritakan tentang wabah virus H5N1 di distrik Bundang, Korea Selatan. Virus ini dapat membunuh korban hanya dalam waktu 36 jam. Bukan cuma bahaya virus, film ini juga menunjukan bagaimana ganasnya ego manusia yang dihadapkan dalam keadaan terdesak.

Film berdurasi 2 jam 2 menit arahan sutradara Sung Su Kim ini merupakan hasil kolabarasi sejumlah penulis skenario, yaitu Young Jeong Lee, Sung Soo Kim, dan Jae H Jung.

The Flu masuk sebagai nominasi untuk kategori Best Supporting Actress dalam ajang Grand Bell Awards (2013).

3. #Alive (2020)

#Alive adalah film zombie Korea yang dibintangi Yoo Ah-in dan Park Shin-hye yang mulai tayang di Netflix pada 8 September 2020. Kisahnya diadaptasi dari film Amerika berjudul “Alone” oleh Matt Naylor.

Film ini mengisahkan Oh Joon-woo yang tinggal sendirian di apartemen keluarganya ketika penyakit misterius menginfeksi penduduk Seoul dan mengubah mereka menjadi zombie yang menyerang dan memakan orang.

Wabah menyebar ke seluruh Seoul dan tidak terkendali, membuat banyak orang terjebak dalam apartemen tanpa akses ke internet, SMS, atau telepon. Jun Woo dan Yu Bin berjuang untuk bertahan hidup di kompleks apartemen yang terisolasi dari mereka yang terinfeksi virus.

Para zombie mulai menyerang apartemen dan menyudutkan mereka. Seluruh penghuni apartemen harus bertahan dengan perlengkapan seadanya agar selamat dari serangan ganas tersebut.

4. Doomsday Book (2012)

Film ini berisi kumpulan film fiksi ilmiah yang menampilkan tiga film pendek dan visi mereka tentang bagaimana dunia berakhir. Film besutan sutradara Kim Jee Woon dan Yim Pil Sung ini berhasil menyabet penghargaan di Festival Fantasia 2012.

Pada cerita pertama, A Brave New World, mengisahakan tentang negara Korea Selatan yang telah berkembang menjadi negara modern. Namun, seiring perkembangan tersebut, kepedulian manusia terhadap lingkungan semakin berkurang. Hingga akhirnya muncul wabah zombie mengerikan yang membuat masyarakat kocar-kacir.

Cerita kedua, The Heavenly Creature, mengambil latar masa depan di mana manusia berhasil menciptakan robot canggih sempurna yang mirip manusia. Namun, kecanggihan robot tersebut membuat beberapa orang menganggapnya sebagai Buddha yang harus disembah. Alhasil, pihak pencipta robot menyadari bahwa karya mereka akan menjadi sumber bencana dunia.

Di cerita terakhir, Happy Birthday, menceritakan seorang anak kecil yang tanpa sengaja merusak barang kesayangan ayahnya. Untuk menutupi kesalahannya, ia berinisiatif mengganti barang itu dengan memesan barang baru melalui toko online. Namun tak lama, sebuah meteor jatuh ke bumi.

5. The Wailing (2016)

The Wiling adalah karya sutradara Na Hong-jin dan dibintangi oleh Kwak Do-won, Hwang Jung-min, Chun Woo-hee, Jun Kunimura, dan Kim Hwan-hee. Judul asli film ini adalah 곡성 (Gokseong), yaitu nama kota di Korea Selatan tempat cerita ini mengambil latar.

The Wailing mengisahkan kehidupan di desa kecil Gokseong, di mana petugas polisi Jong Goo menyelidiki pembunuhan aneh yang disebabkan oleh penyakit misterius. Rekannya menyampaikan gosip tentang orang Jepang akan menjadi roh jahat yang bertanggung jawab atas penyakit itu.

Jong-Goo memutuskan untuk mengunjungi orang Jepang itu bersama rekannya dan seorang pendeta muda yang bisa berbicara bahasa Jepang. Mereka menemukan altar dengan kepala kambing, gambar menakutkan, dan anjing penjaga yang menyerang dan mencegah kepergian mereka.

Saat berkeliling, Jong Goo menemukan salah satu sepatu miliki putrinya di rumah itu. Tak lama kemudian, putrinya terkena penyakit misterius. Ibu mertuanya memanggil dukun Il-gwang untuk menyelamatkan cucunya.

Di sisi lain, seorang wanita misterius memberi tahu Jong Goo bahwa orang Jepang itu yang bertanggung jawab. Wabah penyakit misterius semakin menyebar di desa Geoksong. Jong Goo harus mencari cara untuk menghentikannya, sebelum terlambat.

The Wailing merangkum elemen horor yang lengkap. Dalam film ini, penonton dapat menyaksikan hantu, zombie, dan legenda yang mencekam. Film ini memiliki banyak kejutan dalam cerita, teror, dan suasana yang menakutkan.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait