7 Manfaat Ikan Nila Bagi Kesehatan Tubuh

Dwi Latifatul Fajri
13 Mei 2022, 16:02
manfaat ikan nila
pixabay.com/graomogo
Ilustrasi, ikan nila goreng.

Ikan nila termasuk ikan air tawar yang banyak dikonsumsi masyarakat. Ikan yan memiliki nama latin Oreochromis niloticus ini hidup di sekitar sungai dan danau, kemudian dibudidayakan.

Mengutip buku 'Budidaya Ikan di Kolam Terpal', ikan nila berasal dari sungai Nil di Afrika. Bentuk dan ukuran ikan nila hampir sama dengan ikan mujair. Perbedaannya, ikan nila memiliki garis-garis tegak di tubuhnya, sedangkan ikan mujair tidak.

Ikan nila termasuk hewan omnivora atau pemakan segala. Ikan ini mudah dibudidaya dan berkembang. Di Indonesia ikan nila diolah menjadi lauk digemari, karena rasanya yang lezat serta bergizi.

Ikan nila berkembang biak di usia 1 sampai 2 tahun. Umur 4-5 bulan ikan nila termasuk ikan dewasa. Ketika berumur 1 tahun berat badan ikan nila mencapai 1 kg per ekor.

Kandungan Gizi Ikan Nila

Mengutip dari nilaigizi.com, ikan seberat 100 gram per porsi mengandung gizi penting untuk tubuh. Berikut informasi nilai gizi ikan nila:

  • Energi 96 kkal
  • Lemak total 1,70 gram
  • Protein 20,08 gram
  • Kalium 302 gram

Selain itu ikan nila mengandung vitamin B3, vitamin B12, fosfor, dan selenium.

Manfaat Ikan Nila Bagi Kesehatan

Ikan nila memiliki daging yang lembut, gurih, dan renyah. Ikan ini hidup di air payau dan mudah berkembang biak. Ikan nila mengandung zat gizi protein dan lemak yang baik untuk kesehatan. Berikut manfaat ikan nila bagi kesehatan:

1. Rendah Merkuri

Ikan nila sebagian besar dibesarkan di peternakan sehingga rendah merkuri. Ikan ii dirawat di peternakan hingga dewasa. Proses perawatan ikan nila ini rendah merkuri sehingga baik dikonsumsi. Anak-anak dan ibu hamil dapat konsumsi ikan nila sebanyak 8-12 ons per minggu.

2. Mencegah Penuan

Ikan nila mengandung vitamin E dan C yang baik untuk kesehatan kulit. Antioksidan ini mampu mencegah kerusakan sel dan paparan radikal bebas. Konsumsi ikan nila dengan benar membantu mencegah penuaan di kulit. Contoh tanda penuaan yaitu keriput, muncul bercak hitam, dan kulit kendur.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...