4 Manfaat Menggunakan Sunscreen Beserta Rekomendasi Produknya

Image title
20 Mei 2022, 15:04
manfaat menggunakan sunscreen.
Pexels.com/Mikhail Nilov
Ilustrasi, seseorang menggunakan sunscreen.

Ada banyak kiat yang bisa dilakukan dalam hal perawatan kulit, salah satunya dengan mengaplikasikan sunscreen. Penggunaan produk sunscreen atau pelindung matahari yang tepat bisa mencegah kulit terbakar hingga kanker kulit akibat terpapar sinar ultraviolet (UV).

Paparan terik matahari bisa menyebabkan kerusakan kulit, seperti kusam dan bekas jerawat yang menggelap dan sulit hilang. Matahari memancarkan sinar UV yang dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan kulit. Sinar ultraviolet juga dapat mempercepat proses penuaan dini, kulit kering, dan kasar. Ada tiga jenis sinar ultraviolet yang dipaparkan matahari. Sinar ini dikenal dengan UVA, UVB, dan UVC.

Apa Itu Sunscreen?

Sunscreen adalah produk perawatan kulit yang berguna untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV, baik UVA maupun UVB. Produk ini dapat berbentuk losion, spray, gel, foam, atau stick.

Berdasarkan bahannya, sunscreen dikategorikan menjadi dua, yakni sunscreen physical dan sunscreen chemical. Sunscreen physical mengandung bahan aktif seperti titanium dioxide dan zinc oxide. Kedua bahan ini mencegah sinar UV masuk ke bagian dalam kulit.

Sementara, sunscreen chemical mengandung bahan aktif seperti ovybenzone, dioxybenzone, octisalate, dan cinnamates yang bekerja mencegah sinar UV terserap ke lapisan dalam kulit.

Manfaat Menggunakan Sunscreen

Selain menekan dampak radiasi UV terhadap kulit, mengaplikasikan sunscreen pada kulit bisa mencegah munculnya komedo, mencegah gejala penuaan dini, hingga kanker kulit. Mengutip berbagai sumber, berikut manfaat menggunakan sunscreen:

1. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Dalam jangka pendek, paparan sinar matarahari bisa menyebabkan kulit menjadi merah, belang, kering, mengelupas, dan terasa perih. Jika dibiarkan terus menerus, berbagai masalah kulit seperti penuaan dini sampai kanker kulit, bukan tidak mungkin terjadi.

Oleh karena itu, penggunaan sunscreen sangat disarankan untuk meminimalisasi efek negatif dari sinar matahari, terlebih bagi mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan.

2. Mencegah Kanker Kulit

Paparan berlebih dari sinar UVA dan UVB bisa memberikan efek tak baik bagi kulit, yang paling parah kanker kulit. Sebab, terlalu lama terpapar sinar matahari dapat menyebabkan radiasi pada kulit yang dapat merusak DNA sel kulit.

Menggunakan tabir surya pada area kulit, khususnya yang tersentuh sinar matahari dapat melindungi kulit dari berbagai jenis kanker kulit, terutama melanoma, yang terjadi ketika sel-sel penghasil pigmen yang memberikan warna pada kulit menjadi bersifat kanker.

3. Mencegah Kulit Terbakar

Kulit terbakar atau sunburn bisa terjadi jika seseorang terlalu lama beraktivitas di bawah terik matahari tanpa menggunakan pelindung apa pun. Sinar UVB dapat menyengat permukaan kulit sehingga menyebabkan sensasi terbakar pada kulit, pembengkakan, gatal, sampai pengelupasan kulit.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...