4 Manfaat Menggunakan Sunscreen Beserta Rekomendasi Produknya

Manfaat menggunakan sunscreen, di antaranya melindungi kulit dari paparan sinar UV, mencegah kulit terbakar, menjaga kesehatan kulit, hingga mencegah risiko kanker kulit.
Image title
20 Mei 2022, 15:04
manfaat menggunakan sunscreen.
Pexels.com/Mikhail Nilov
Ilustrasi, seseorang menggunakan sunscreen.

Ada banyak kiat yang bisa dilakukan dalam hal perawatan kulit, salah satunya dengan mengaplikasikan sunscreen. Penggunaan produk sunscreen atau pelindung matahari yang tepat bisa mencegah kulit terbakar hingga kanker kulit akibat terpapar sinar ultraviolet (UV).

Paparan terik matahari bisa menyebabkan kerusakan kulit, seperti kusam dan bekas jerawat yang menggelap dan sulit hilang. Matahari memancarkan sinar UV yang dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan kulit. Sinar ultraviolet juga dapat mempercepat proses penuaan dini, kulit kering, dan kasar. Ada tiga jenis sinar ultraviolet yang dipaparkan matahari. Sinar ini dikenal dengan UVA, UVB, dan UVC.

Apa Itu Sunscreen?

Sunscreen adalah produk perawatan kulit yang berguna untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV, baik UVA maupun UVB. Produk ini dapat berbentuk losion, spray, gel, foam, atau stick.

Berdasarkan bahannya, sunscreen dikategorikan menjadi dua, yakni sunscreen physical dan sunscreen chemical. Sunscreen physical mengandung bahan aktif seperti titanium dioxide dan zinc oxide. Kedua bahan ini mencegah sinar UV masuk ke bagian dalam kulit.

Advertisement

Sementara, sunscreen chemical mengandung bahan aktif seperti ovybenzone, dioxybenzone, octisalate, dan cinnamates yang bekerja mencegah sinar UV terserap ke lapisan dalam kulit.

Manfaat Menggunakan Sunscreen

Selain menekan dampak radiasi UV terhadap kulit, mengaplikasikan sunscreen pada kulit bisa mencegah munculnya komedo, mencegah gejala penuaan dini, hingga kanker kulit. Mengutip berbagai sumber, berikut manfaat menggunakan sunscreen:

1. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Dalam jangka pendek, paparan sinar matarahari bisa menyebabkan kulit menjadi merah, belang, kering, mengelupas, dan terasa perih. Jika dibiarkan terus menerus, berbagai masalah kulit seperti penuaan dini sampai kanker kulit, bukan tidak mungkin terjadi.

Oleh karena itu, penggunaan sunscreen sangat disarankan untuk meminimalisasi efek negatif dari sinar matahari, terlebih bagi mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan.

2. Mencegah Kanker Kulit

Paparan berlebih dari sinar UVA dan UVB bisa memberikan efek tak baik bagi kulit, yang paling parah kanker kulit. Sebab, terlalu lama terpapar sinar matahari dapat menyebabkan radiasi pada kulit yang dapat merusak DNA sel kulit.

Menggunakan tabir surya pada area kulit, khususnya yang tersentuh sinar matahari dapat melindungi kulit dari berbagai jenis kanker kulit, terutama melanoma, yang terjadi ketika sel-sel penghasil pigmen yang memberikan warna pada kulit menjadi bersifat kanker.

3. Mencegah Kulit Terbakar

Kulit terbakar atau sunburn bisa terjadi jika seseorang terlalu lama beraktivitas di bawah terik matahari tanpa menggunakan pelindung apa pun. Sinar UVB dapat menyengat permukaan kulit sehingga menyebabkan sensasi terbakar pada kulit, pembengkakan, gatal, sampai pengelupasan kulit.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Paparan sinar UV berpotensi merusak protein kulit yang penting bagi kecantikan dan kesehatan, seperti keratin, kolagen, dan elastin. Tabir surya dapat mencegah hal ini terjadi dan menjaga kulit tetap halus dan sehat.

Penggunaan sunscreen secara teratur juga dapat mencegah berbagai masalah kulit yang dapat mengganggu penampilan, seperti kulit kusam, kulit kering, komedo, warna kulit yang tidak merata, penuaan dini, mencegah kulit menggelap, dan sebagainya.

Pilihan Produk Sunscreen Berdasarkan Jenis Kulit

Untuk memeroleh manfaat sunscreen secara maksimal, perlu memerhatikan produk sunscreen yang digunakan. Pemilihan produk sunscreen sebaiknya didasarkan pada jenis kulit masing-masing. Meneruskan Katadata, berikut pilihan produk sunscreen berdasarkan jenis kulit:

1. Kulit Berminyak

Kulit berminyak memiliki penampilan lembab dan cerah . Ini disebabkan oleh produksi lemak yang berlebihan oleh kelenjar sebaceous, dan biasanya ditentukan oleh penyebab genetik atau hormonal.

Adapun produk sunscreen untuk kulit berminyak, di antaranya:

  • Azarine Cosmetics Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45+++
  • Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA++
  • L'Oreal Paris UV Defender Matte & Fresh
  • Somethinc Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum SPF 50+ PA++++
  • Carasun Solar Smart UV Protector SPF45 PA++++

2. Kulit Sensitif

Kulit sensitif adalah jenis kulit yang rapuh. Biasanya kulit ini rentan mengalami panas,  kemerahan atau gatal. Jenis kulit ini kehilangan fungsi barrier (atau pelindung), sehingga mengakibatkan mikroorganisme dan zat iritan mudah masuk ke dalam kulit serta meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi atau reaksi alergi.

Rekomendasi produk sunscreen untuk jenis kulit ini, antara lain:

  • Laneige Sun Block Sensitive SPF 30 PA++
  • Supergoop! 100% Mineral Matte Screen Broad Spectrum Sunscreen SPF 40
  • Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA+++
  • Anessa Perfect UV Sunscreen Sensitive Skin Mild Milk SPF50+/PA++++
  • Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ 40ml

3. Kulit Berjerawat

Kulit berjerawat termasuk masalah kulit yang dialami oleh banyak orang. Jerawat membuat kulit wajah tampak kemerahan dan bertekstur sehingga dibutuhkan produk perawatan yang ringan dan mudah meresap.

Berikut beberapa pilihan produk sunscreen untuk kulit berjerawat:

  • N'pure Cica Beat The Sun
  • Azarine Cosmetics Hydrasoothe Sunscreen Gel
  • Erha Acneact Acne Sun Friendly
  • Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence
  • Biore UV Aqua Rich Watery Essence

Tips Memilih dan Menggunakan Sunscreen Terbaik

Agar manfaat pemakaian sunscreen bisa diperoleh secara maksimal, berikut tips memilih dan menggunakan produk sunscreen:

  • Pilih sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30.
  • Pilihlah sunscreen dengan mempertimbangkan kondisi kulit masing-masing.
  • Oleskan sunscreen pada semua area yang tidak tertutup baju, seperti wajah, leher, lengan, hingga kaki.
  • Gunakan sunscreen sebelum menggunakan make up.
  • Berdasarkan rekomendasi Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI), aplikasikan sunscreen sekitar satu sendok teh pada area wajah, leher, dan tangan. Sementara untuk area dada, punggung, dan sekujur paha hingga kaki membutuhkan sekitar dua sendok teh.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait