Sunscreen Terbaik, Lindungi Kulit dari Ancaman Radiasi Matahari

Image title
20 September 2021, 13:16
Sunscreen terbaik melindungi kulit saat beraktivitas di bawah terik matahari.
Garon Piceli/Pexels
Sunscreen terbaik melindungi kulit saat beraktivitas di bawah terik matahari.

Pelindung mataharai atau Sunscreen terbaik menjadi suatu perawatan penting guna melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Memilih produk sunscreen tentunya harus mempertimbangkan jenis dan kebutuhan kulit kulit masing-masing penggunanya.

Paparan terik matahari bisa menyebabkan kerusakan kulit, seperti kusam dan bekas jerawat yang menggelap dan sulit hilang. Matahari memancarkan sinar ultraviolet (UV) yang dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan kulit. Sinar ultraviolet juga dapat mempercepat proses penuaan dini, kulit kering, dan kasar. Ada tiga jenis sinar ultraviolet yang dipaparkan matahari. Sinar ini dikenal dengan UVA, UVB, dan UVC.

Untuk mengatasi masalah tersebut, penggunaan sunscreen secara teratur adalah jawabannya. Produk perawatan kulit yang satu ini memiliki banyak manfaat. Menggunakan sunscreen terbaik dan sesuai dengan kondisi kulit bisa melindungi kulit dan meminimalisir bahaya radiasi UVA dan UVB sinar matahari, mencegah kulit terbakar, dan membuat warna kulit tetap merata.

Mengaplikasikan sunscreen terbaik pada kulit juga bisa mecegah munculnya komedo, mencegah gejala penuaan dini (kulit kasar, bintik hitam, garis halus, kerutan pada wajah), hingga mencegah kanker kulit.

Berdasarkan bahannya, sunscreen dikategorikan menjadi dua, yakni sunscreen physical dan sunscree chemical. Sunscreen physical mengandung bahan aktif seperti titanium dioxide dan zinc oxide. Kedua bahan ini mencegah sinar UV masuk ke bagian dalam kulit.

Sementara, sunscreen chemical mengandung bahan aktif seperti ovybenzone, dioxybenzone, octisalate, dan cinnamates yang bekerja mencegah sinar UV terserap ke lapisan dalam kulit.

10 Produk Sunscreen Terbaik dan Populer

Menaksir kelebihan dan kekurangannya, berikut kumpulan 10 produk sunscreen terbaik yang dihimpun dari berbagai sumber. Tiga produk di antaranya cocok digunakan untuk remaja:

1. Emina Sun Protection

Memiliki harga yang terjangkau, Emina Sun Protection memiliki tekstur yang kental. Ketika digunakan, produk sunscreen dalam negeri ini akan langsung menyerap dan tidak meninggalkan rasa berat pada kulit.

Produk sunscreen yang dijual dari harga Rp 22.000 ini memiliki Sun Protection Factor (SPF) 30++ sehingga cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

2. Biore UV Aqua Rich

Biore Lotion UV Aqua Rich Watery Essence cocok digunakan untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat. Teksturnya yang encer dan watery akan cepat meresap ke dalam kulit. Sunscreen ini juga tidak akan menyumbat pori-pori dan tidak lengket di kulit.

Biore Lotion UV Aqua Rich Watery Essence ini memiliki kandungan SPF 50++ serta hyaluronic acid, royal jelly extract, dan citrus mix, sehingga dapat melindungi kulit lebih lama dari efek buruk UVA dan UVB.

Untuk mendapat perawatan kulit secara maksimal, Biore Lotion UV Aqua Rich Watery Essence sebaiknya digunakan secara rutin setiap harinya.

3. COSRX Aloe Soothing Sun Cream

Produk perawatan kulit asal Negeri Ginseng, Korea Selatan ini dapat menghidrasi kulit dengan kandungan lidah buaya atau aloe vera yang ada di dalamnya.

Produk dengan rentang harga Rp 125.000 – Rp 255.000 ini mampu melembapkan kulit dan memberikan efek soothing yang mengurangi kemerahan akibat terlalu lama terkena sinar matahari. Produk ini tidak menimbulkan white cast (lapisan putih di atas kulit wajah yang biasa terlihat setelah menggunakaan sunscreen) dan produksi minyak di wajah.

4. Rose All Day Don’t Forget Sunscreen SPF 50 PA++++

Produk sunscreen non-comedogenic dan telah teruji secara dermatologis ini cocok digunakan untuk kulit berminyak. Rose All Day mengandung vitamin C sebagai antioksidan dan dapat menetralkan radikal bebas.

Dengan bentuknya yang unik, sunscreen ini mampu melembabkan dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Rose All Day mengandung apple extract yang berfungsi sebagai antioksidan yang menyehatkan wajah, glycerin yang membuatnya tidak terasa lengket, dan chamomile extract yang bisa melembutkan dan menyejukan kulit.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...