Sunscreen Terbaik, Lindungi Kulit dari Ancaman Radiasi Matahari

Sunscreen terbaik memiliki banyak manfaat, mulai dari mencegah dampak radiasi matahari sampai meminimalisir risiko kanker kulit. Berikut daftar sunscreen terbaik yang bisa dijadikan pilihan.
Image title
20 September 2021, 13:16
Sunscreen terbaik melindungi kulit saat beraktivitas di bawah terik matahari.
Garon Piceli/Pexels
Sunscreen terbaik melindungi kulit saat beraktivitas di bawah terik matahari.

Pelindung mataharai atau Sunscreen terbaik menjadi suatu perawatan penting guna melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Memilih produk sunscreen tentunya harus mempertimbangkan jenis dan kebutuhan kulit kulit masing-masing penggunanya.

Paparan terik matahari bisa menyebabkan kerusakan kulit, seperti kusam dan bekas jerawat yang menggelap dan sulit hilang. Matahari memancarkan sinar ultraviolet (UV) yang dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan kulit. Sinar ultraviolet juga dapat mempercepat proses penuaan dini, kulit kering, dan kasar. Ada tiga jenis sinar ultraviolet yang dipaparkan matahari. Sinar ini dikenal dengan UVA, UVB, dan UVC.

Untuk mengatasi masalah tersebut, penggunaan sunscreen secara teratur adalah jawabannya. Produk perawatan kulit yang satu ini memiliki banyak manfaat. Menggunakan sunscreen terbaik dan sesuai dengan kondisi kulit bisa melindungi kulit dan meminimalisir bahaya radiasi UVA dan UVB sinar matahari, mencegah kulit terbakar, dan membuat warna kulit tetap merata.

Mengaplikasikan sunscreen terbaik pada kulit juga bisa mecegah munculnya komedo, mencegah gejala penuaan dini (kulit kasar, bintik hitam, garis halus, kerutan pada wajah), hingga mencegah kanker kulit.

Berdasarkan bahannya, sunscreen dikategorikan menjadi dua, yakni sunscreen physical dan sunscree chemical. Sunscreen physical mengandung bahan aktif seperti titanium dioxide dan zinc oxide. Kedua bahan ini mencegah sinar UV masuk ke bagian dalam kulit.

Sementara, sunscreen chemical mengandung bahan aktif seperti ovybenzone, dioxybenzone, octisalate, dan cinnamates yang bekerja mencegah sinar UV terserap ke lapisan dalam kulit.

10 Produk Sunscreen Terbaik dan Populer

Menaksir kelebihan dan kekurangannya, berikut kumpulan 10 produk sunscreen terbaik yang dihimpun dari berbagai sumber. Tiga produk di antaranya cocok digunakan untuk remaja:

1. Emina Sun Protection

Memiliki harga yang terjangkau, Emina Sun Protection memiliki tekstur yang kental. Ketika digunakan, produk sunscreen dalam negeri ini akan langsung menyerap dan tidak meninggalkan rasa berat pada kulit.

Produk sunscreen yang dijual dari harga Rp 22.000 ini memiliki Sun Protection Factor (SPF) 30++ sehingga cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

2. Biore UV Aqua Rich

Biore Lotion UV Aqua Rich Watery Essence cocok digunakan untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat. Teksturnya yang encer dan watery akan cepat meresap ke dalam kulit. Sunscreen ini juga tidak akan menyumbat pori-pori dan tidak lengket di kulit.

Biore Lotion UV Aqua Rich Watery Essence ini memiliki kandungan SPF 50++ serta hyaluronic acid, royal jelly extract, dan citrus mix, sehingga dapat melindungi kulit lebih lama dari efek buruk UVA dan UVB.

Untuk mendapat perawatan kulit secara maksimal, Biore Lotion UV Aqua Rich Watery Essence sebaiknya digunakan secara rutin setiap harinya.

3. COSRX Aloe Soothing Sun Cream

Produk perawatan kulit asal Negeri Ginseng, Korea Selatan ini dapat menghidrasi kulit dengan kandungan lidah buaya atau aloe vera yang ada di dalamnya.

Produk dengan rentang harga Rp 125.000 – Rp 255.000 ini mampu melembapkan kulit dan memberikan efek soothing yang mengurangi kemerahan akibat terlalu lama terkena sinar matahari. Produk ini tidak menimbulkan white cast (lapisan putih di atas kulit wajah yang biasa terlihat setelah menggunakaan sunscreen) dan produksi minyak di wajah.

4. Rose All Day Don’t Forget Sunscreen SPF 50 PA++++

Produk sunscreen non-comedogenic dan telah teruji secara dermatologis ini cocok digunakan untuk kulit berminyak. Rose All Day mengandung vitamin C sebagai antioksidan dan dapat menetralkan radikal bebas.

Dengan bentuknya yang unik, sunscreen ini mampu melembabkan dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Rose All Day mengandung apple extract yang berfungsi sebagai antioksidan yang menyehatkan wajah, glycerin yang membuatnya tidak terasa lengket, dan chamomile extract yang bisa melembutkan dan menyejukan kulit.

5. Innisfree Intensive Triple Care Sunscreen

Sunscreen yang berasal dari Korea ini cocok untuk kulit sensitif. Innisfree Intensive Triple Care Sunscreen memiliki formulasi yang ringan dan bebas dari paraben (pengawet), pewangi buatan, mineral oil, dan ethanol (alkohol).

Produk dengan kisaran harga Rp 125.000 – Rp 235.000 ini dapat dijadikan primer sebelum menggunakan make-up wajah dan menjadi produk yang pas untuk membuat efek glass skin ala wanita Korea.

6. FSS Weightless Sunscreen SPF 50 PA++++

Produk ini sangat pas bila digunakan pada jenis kulit berminyak. For Skin Sake (FSS) Weightless Sunscreen SPF 50 PA++++ mengandung niacinamide dan centella asiatica yang bisa mencegah penuaan dini, meratakan warna kulit, dan melembabkan wajah.

Sunscreen berbahan dasar air dengan tekstur yang ringan ini bisa diusapkan pada permukaan kulit setidanya 15 menit sebelum terpapar sinar matahari dan bisa diaplikasikan ulang setelah 2 jam.

FSS Weightless Sunscreen SPF 50 PA++++ tidak meninggalkan rasa berminyak dan white cast, serta bebas paraben dan silikon.

7. Skin Aqua

Ada beberapa jenis produk sunscreen Skin Aqua yang yang bisa digunakan dengan mempertimbangkan jenis kulit. Untuk kulit kering dapat mencoba Skin Aqua UV Moisture Milk. Sedangkan untuk kulit berminyak bisa menggunakan Skin Aqua UV Moisture Gel.

Kedua jenis sunscreen ini mengandung hyaluronic acid yang membantu kulit menyimpan air seribu kali lebih banyak, sehingga kulit terasa lembap dan bercahaya.

Sunscreen dengan rentang harga Rp 40.000 – Rp 127.000 ini memiliki kandungan silica sehingga cocok digunakan sebagai primer wajah.

Sunscreen Terbaik untuk Remaja

8. Biore UV Tone Up Clear Skin Make Up Sunscreen SPF 50 PA+++

Produk sunscreen untuk remaja ini diformulasikan dengan gabungan warna lavender dan prism powder yang dapat membuat kulit tampak lebih cerah natural.

Biore UV Tone Up Clear Skin Make Up Sunscreen SPF 50 PA+++ bisa digunakan sebagai primer. Selain waterproof dan tidak lengket, sunscreen ini aman untuk semua jenis kulit, mulai dari yang normal sampai berjerawat.

9. Vaseline Daily Sun Cream

Vaseline Daily Sun Cream dilengkapi dengan teknologi water holding, sehingga mampu melembapkan dan memberikan sensasi segar pada kulit.

Diformulasikan dengan Vaseline Pet Jelly, Vaseline Daily Sun Cream memiliki tekstur yang ringan dan cepat meresap, sehingga aman dan nyaman digunakan setiap hari.

10. Pond’s Protecting Day Cream Sunscreen Skin Protect SPF 30

Pond’s Protecting Day Cream Sunscreen Skin Protect SPF 30 berguna untuk melindungi wajah dari kuman. Selain itu, sunscreen ini memiliki SPF 30 PA+++ yang dapat memproteksi kulit dari risiko terpapar sinar UVA

Pond’s Protecting Day Cream Sunscreen Skin Protect SPF memiliki tekstur yang ringan, sehingga cocok digunakan para remaja aktif yang memiliki kulit berminyak.

Tips Memilih dan Menggunakan Sunscreen Terbaik

Agar manfaat pemakaian sunscreen bisa diperoleh secara maksimal, berikut tips memilih dan menggunakan produk sunscreen:

  • Pilih sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30.
  • Pilihlah sunscreen dengan mempertimbangkan kondisi kulit masing-masing.
  • Oleskan sunscreen pada semua area yang tidak tertutup baju, seperti wajah, leher, lengan, hingga kaki.
  • Gunakan sunscreen sebelum menggunakan make-up.
  • Berdasarkan rekomendasi Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI), gunakanlah sunscreen sekitar satu sendok teh pada area wajah, leher, dan tangan. Sementara untuk area dada, punggung, dan sekujur paha hingga kaki membutuhkan sekitar dua sendok teh.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait