10 Negara Paling Tidak Sopan, Indonesia Salah Satunya

Siti Nur Aeni
23 Mei 2022, 08:43
negara paling tidak sopan
ANTARA FOTO/Septianda Perdana/wsj.
Ilustrasi, pengguna sosial media.

Saat ini aktivitas manusia juga banyak dilakukaan secara digital melalui sosial media. Di platform sosial media kita bisa melakukan interaksi dengan pengguna lain melalui tulisan, suara, atau video. Oleh sebab itu, kita juga perlu menjaga sopan santun saat menggunakan sosial media.

Sayangnya, tidak semua pengguna sosial media menyadari pentingnya menjaga kesopanan dalam berselancar di dunia maya. Untuk menilai tingkat kesopanan dalam suatu negara Microsoft melakukan sebuah survei.

Hasilnya, terdapat sejumlah negara paling tidak sopan. Negara mana saja yang masuk dalam daftar negara yang tidak sopan? Apakah Indonesia termasuk di dalamnya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Urutan Negara Paling Tidak Sopan di Dunia

Pada tahun 2020 lalu, Micosoft melalui survei Digital Civility Index (DCI) menyebutkan sejumlah negara memiliki tingkat kesopanan rendah terutama dalam bersosial media. Adapun daftar negara paling tidak sopan di dunia, sebagai berikut.

1. Afrika Selatan

Afrika Selatan menduduki posisi pertama sebagai negara paling tidak sopan. Negara ini memiliki nilai DCI sebesar 81. Hal tersebut dikarenakan banyaknya komentar negatif yang dilontarkan oleh netizen Afrika Selatan.

2. Rusia

Negara lain yang juga memiliki netizen tidak sopan yaitu Rusia. Negara ini mendapatkan skor DCI 80 poin. Tak hanya itu, Rusia juga sering disebut negara yang paling dibenci. Pasalnya, negara ini diketahui sering perang dengan negara tetangganya.

3. Meksiko

Di posisi ketiga ada Meksiko sebagai negara paling tidak sopan di dunia. Negara ini mendapatkan skor DCI 76 poin. Hanya terpaut empat angka saja dengan Rusia.

4. Indonesia

Melihat banyaknya komentar jahat yang dilontarkan masyarakat Indonesia lewat sosial medianya, membuat banyak di antara kita yang bertanya “apakah netizen Indonesia tidak sopan?”. Seolah menjawab pertanyaan tersebut, hasil survei dari Microsoft menunjukan bahwa Indonesia juga masuk dalam daftar negara paling tidak sopan.

Indonesia mendapatkan skor DCI sama seperti Meksiko yaitu 76 poin. Angka tersebut membuat Indonesia sebagai negara paling tidak sopan di Asia Tenggara.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...