10 Negara Paling Tidak Sopan, Indonesia Salah Satunya

Microsoft melakukan survei yang menilai tingkat kesopanan warga net dari sejumlah negara. Hasilnya, ada 10 negara paling tidak sopan. Berikut daftar lengkapnya.
Image title
23 Mei 2022, 08:43
negara paling tidak sopan
ANTARA FOTO/Septianda Perdana/wsj.
Ilustrasi, pengguna sosial media.

Saat ini aktivitas manusia juga banyak dilakukaan secara digital melalui sosial media. Di platform sosial media kita bisa melakukan interaksi dengan pengguna lain melalui tulisan, suara, atau video. Oleh sebab itu, kita juga perlu menjaga sopan santun saat menggunakan sosial media.

Sayangnya, tidak semua pengguna sosial media menyadari pentingnya menjaga kesopanan dalam berselancar di dunia maya. Untuk menilai tingkat kesopanan dalam suatu negara Microsoft melakukan sebuah survei.

Hasilnya, terdapat sejumlah negara paling tidak sopan. Negara mana saja yang masuk dalam daftar negara yang tidak sopan? Apakah Indonesia termasuk di dalamnya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Urutan Negara Paling Tidak Sopan di Dunia

Pada tahun 2020 lalu, Micosoft melalui survei Digital Civility Index (DCI) menyebutkan sejumlah negara memiliki tingkat kesopanan rendah terutama dalam bersosial media. Adapun daftar negara paling tidak sopan di dunia, sebagai berikut.

Advertisement

1. Afrika Selatan

Afrika Selatan menduduki posisi pertama sebagai negara paling tidak sopan. Negara ini memiliki nilai DCI sebesar 81. Hal tersebut dikarenakan banyaknya komentar negatif yang dilontarkan oleh netizen Afrika Selatan.

2. Rusia

Negara lain yang juga memiliki netizen tidak sopan yaitu Rusia. Negara ini mendapatkan skor DCI 80 poin. Tak hanya itu, Rusia juga sering disebut negara yang paling dibenci. Pasalnya, negara ini diketahui sering perang dengan negara tetangganya.

3. Meksiko

Di posisi ketiga ada Meksiko sebagai negara paling tidak sopan di dunia. Negara ini mendapatkan skor DCI 76 poin. Hanya terpaut empat angka saja dengan Rusia.

4. Indonesia

Melihat banyaknya komentar jahat yang dilontarkan masyarakat Indonesia lewat sosial medianya, membuat banyak di antara kita yang bertanya “apakah netizen Indonesia tidak sopan?”. Seolah menjawab pertanyaan tersebut, hasil survei dari Microsoft menunjukan bahwa Indonesia juga masuk dalam daftar negara paling tidak sopan.

Indonesia mendapatkan skor DCI sama seperti Meksiko yaitu 76 poin. Angka tersebut membuat Indonesia sebagai negara paling tidak sopan di Asia Tenggara.

5. Peru

Setelah Indonesia, ada Peru sebagai negara yang paling tidak sopan di dunia. negara yang dekat dengan Eduador ini bahkan sering disebut sebagai netizen paling kejam di Amerika Latin. Hal tersebut bisa dilihat dari skor DCI yang didapatkannya. Peru diketahui memiliki skor DCI sebesar 74 poin.

6. Swedia

Swedia juga memiliki predikat sebagai negara yang tidak sopan. Negara ini mendapatkan total skor DCI yang sama seperti Peru yaitu 74 poin.

7. Hungaria

Hungaria merupakan salah satu negara yang berada di Eropa Timur. Negara ini ternyata masuk dalam urutan negara paling tidak sopan di dunia. Hungaria memiliki skor DCI sebesar 73 poin dan membuatnya berada di posisi ke tujuh setelah Swedia.

Rangking ini didapatkannya karena netizen di negara ini sering melontarkan komentar yang tidak menyenangkan.

8. Brasil

Negara yang terkenal dengan permainan sepak bolanya, ternyata termasuk dalam daftar negara yang tidak sopan. Brasil berada di posisi kedelapan sebagai negara paling tidak sopan, namun untuk kawasan Amerika Latin, negara ini berada di rangking kedua. Skor DCI yang didapatkan Brasil yaitu sebesar 72 poin.

9. Vietnam

Selain Indonesia, negara Asia Tenggara lainnya yang memiliki netizen tidak sopan yaitu Vietnam. Negara ini mendapatkan skor DCI sama seperti Brasil yaitu sebesar 72 poin. Angka tersebut didapatkannya karena netizen di negara ini sering memberikan komentar jahat di sosial media.

10. Argentina

Di posisi kesepuluh ada Argentina sebagai negara paling tidak sopan versi Microsoft. Nilai DCI yang didapatkan negara ini yaitu sebesar 71 poin. Angka tersebut jugalah yang mengantarkan Agrentina pada posisi ketiga sebagai negara paling tidak sopan di kawasan Amerika Latin.

Itulah sederet negara yang memiliki tingkat kesopanan rendah di sosial media. Penilaian kesopanan tersebut, semoga bisa menjadi pengingat untuk kita agar lebih bijak dalam menggunakan sosial media.    

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait