Tingkatkan Fungsi Otak, Berikut 10 Manfaat Membaca Buku

Image title
25 Mei 2022, 14:55
manfaat membaca
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/wsj.
Ilustrasi, sejumlah anak membaca buku di lapak baca yang sediakan oleh Komunitas Pemuda Kolektif, Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Membaca buku merupakan cara efektif untuk menambah wawasan. Dengan membaca buku, kita dapat mengetahui informasi apa saja, baik tentang, budaya, ekonomi, sosial, politik, dan berbagai aspek kehidupan lainnya.

Membaca buku bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Selain buku fisik, sejumlah buku juga sudah ada dalam versi digital sehingga memudahkan para pembaca untuk memeroleh bahan bacaan mereka.

Manfaat Membaca Buku

Apa pun jenis buku, baik fiksi maupun nonfiksi, memberikan manfaat bagi pembacanya. Buku bisa membuat seseorang lebih berwawasan dan memiliki pikiran terbuka. Di samping itu, buku juga bisa menjadi media hiburan, terutama saat membaca buku fiksi.

Selain itu, inspirasi kerap datang setelah seseorang membaca buku. Inspirasi tersebut membantu mereka memecahkan suatu masalah atau mencapai tujuan yang diinginkan. Mengutip sibopaksara.kemdikbud.go.id dan beberapa sumber terkait lainnya, berikut manfaat membaca buku:

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Berdasarkan riset yang pernah dilakukan oleh sekelompok peneliti, membaca buku dapat mengaktifkan sebuah jejaring sirkuit kompleks dalam otak. Rutin membaca dapat merangsang kerja otak menjadi lebih baik, aktif, dan mencegah penurunan daya ingat. Hal ini dapat membantu dan melatih seseorang dalam berpikir kritis dan analitis.

Mengutip Caring Everyday, membaca menurunkan risiko protein beta amyloid otak yang meningkatkan risiko Alzheimer. Bukan cuma itu, ketika seseorang membaca, neurobiologis memproses gambar maupun ucapan yang muncul, bagian otak yang mengatur pengelihatan dan bahasa bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang kita mengerti dan lebih mudah untuk diingat.

2. Menstimulasi Mental

Layaknya otot, otak memerlukan latihan rutin agar tetap kuat dan sehat. Membaca menjaga otak untuk tetap aktif sehingga dapat melakukan fungsinya secara baik dan benar.

3. Mengurangi Stres

Stres dapat memicu berbagai penyakit berbahaya lainnya. Membaca buku dapat mengurangi dan mencegah seseorang merasa stres. Hal ini sudah dibuktikan dalam penelitian bertajuk "Journal of College Teaching dan Learning".

Dalam jurnal tersebut, dikatakan bahwa membaca buku setidaknya 30 menit sehari dapat membantu menurunkan tekanan darah, frekuensi detak jantung, dan perasaan stres. Manfaat tersebut sama efektifnya dengan olahraga meditatif atau menyaksikan tayangan humor.

Membaca juga dapat membuat pikiran menjadi lebih santai sehingga hal tersebut dapat membantu menurunkan tingkat stres hingga 67%.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...