9 Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan

Berikut sembilan manfaat telur rebus untuk menjaga berat badan dan kesehatan dengan harga yang murah meriah.
Image title
25 Mei 2022, 18:02
manfaat telur rebus
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/foc.
Ilustrasi, telur rebus.

Di antara pengolahan telur, baik ayam atau bebek, yang penuh manfaat dan bisa dinikmati adalah dengan direbus. Perlu diketahui, telur rebus sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai kandungan nutrisi yang dimiliki telur. Protein, karbohidrat, kalori, hingga vitamin dapat kamu temukan dalam sebutir telur.

Telur rebus merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia. Selain rasanya yang enak, kandungan protein menjadi alasan utama banyak orang Indonesia mengonsumsinya. Selain itu, harganya yang terjangkau juga membuat telur digemari.

Manfaat telur rebus didapatkan dari kandungan nutrisinya. Banyak anggapan yang mengatakan, bahwa telur merupakan salah satu penyebab kolesterol tinggi. Namun, berdasarkan penelitian, konsumsi telur yang wajar umumnya tidak akan meningkatkan kadar kolesterol darah seseorang.

Konsumsi telur yang dianggap wajar adalah, satu butir telur sehari. Bahkan, salah satu studi juga telah menunjukkan dengan mengonsumsi tiga butir telur per hari masih dianggap aman pada beberapa orang yang tidak memiliki kecenderungan kolesterol tinggi.

Advertisement

Berikut sejumlah manfaat telur rebus untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan yang dilansir dari Liputan6.com:

Manfaat Telur Rebus

Seperti telah disebutkan sebelumnya, telur rebus memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini, berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi telur rebus, dalam jumlah yang wajar.

1. Menurunkan Berat Badan

Kandungan protein pada telur cenderung membuat perut seseorang kenyang lebih lama. Telur menyebabkan perasaan kenyang dan memiliki tingkat maksimal untuk mengurangi asupan kalori secara otomatis lebih sedikit di kemudian hari.

Seseorang yang mengonsumsi telur pada sarapan pagi hari, cenderung akan merasa kenyang lebih lama hingga makan siang. Hal ini membuat berat badan seseorang turun karena tidak mengonsumsi makanan lain selain telur. Makan telur di pagi hari juga menjadi opsi sarapan yang praktis dan sehat

2. Membantu Kinerja Otak

Manfaat telur rebus yang pertama adalah bisa membantu kinerja otak. Agar otak bisa bekerja dengan baik, sel-sel saraf di otak membutuhkan suatu senyawa bernama kolin sebagai zat pembangun dan penunjang kerja.

Studi membuktikan bahwa 90% orang telah kekurangan senyawa ini. Untuk bisa kembali mencukupi kebutuhan harian kolin, kamu bisa memasukkan telur ke dalam menu makanan harian. Pasalnya di dalam sebutir telur terkandung 100 gram kolin.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat telur rebus juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Sebagian telur yang biasa kamu temukan di pasaran, kebanyakan telah diperkaya dengan kandungan omega-3. Senyawa ini merupakan salah satu lemak baik yang mampu memerangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Perlu diketahui, kalau kadar lemak baik di dalam tubuh semakin tinggi, maka akan semaki rendah orang tersebut beresiko mengelami penyakit jantung. Jadi, kamu jangan ragu untuk mengonsumsi telur bila ingin jantung tetap terjaga sehat kini dan nanti.

4. Membantu Kelancaran Diet

Telur rebus cocok dikonsumsi saat diet. Pasalnya, telur rebus memiliki kalori yang rendah. Satu telur rebus hanya mengandung 78 kalori. Ditambah lagi, telur rebus tidak menggunakan minyak ataupun lemak yang dapat memberikan kalori ekstra. Dengan mengonsumsi telur rebus bisa menjadi pengganti makanan sumber protein lainnya yang berlemak tinggi.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Telur rebus juga sangat baik untuk kesehatan mata. Manfaat telur rebus baik untuk penglihatan karena dapat menghambat penuaan pada retina. Salah satu fungsi penglihatan mata dipegang oleh sel-sel saraf dalam suatu area bernama retina ini.

Bagian mata yang satu ini sangat rentan terhadap paparan radikal bebas dan faktor penuaan yang mengakibatkan kerusakan atau degenerasi. Inilah yang membuat fungsi penglihatan seseorang akan terganggu. Dengan mengonsumsi telur, kamu bisa menghambat proses penuaan tersebut.

Hal ini dikarenakan telur memiliki kandungan dua antioksidan, yaitu leutin dan zeaxanthin. Keduanya terbukti secara ilmiah bisa bantu memperbaiki kerusakan retina. Selain itu, antioksidan di dalam telur juga bisa membantu menurunkan resiko katarak dan melindungi fungsi mata secara keseluruhan. Ada juga kandungan vitamin A di dalam telur yang turut menjaga ketajaman penglihatan dan melindungi mata dari kerusakan.

6. Meningkatkan Kekuatan Otot

Manfaat telur rebus juga dapat meningkatkan kekuatan otot. Protein berkualitas tinggi juga terdapat pada telur. Mendapatkan cukup protein dalam makanan sangat penting untuk tubuh. Di dalam satu butir telur utuh terdapat kurang lebih enam gram protein.

Telur juga mengandung asam amino esensial dalam rasio yang tepat, sehingga tubuh dilengkapi dengan baik untuk memanfaatkan penuh protein di dalamnya. Mengonsumsi protein yang cukup dapat meningkatkan kekuatan otot dan juga mengoptimalkan kesehatan tulang.

7. Menurunkan Kadar Trigliserida dalam Darah

Mengonsumsi lima butir telur yang diperkaya dengan omega 3 per minggu selama tiga minggu dapat mengurangi kadar trigliserida dalam darah sebesar 16-18%. Hal ini karena manfaat telur rebus yang diperkaya kandungan asam lemak omega 3, sehingga dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Jika kadar trigliserida tinggi dalam darah, maka dapat meningkatkan faktor risiko dari penyakit jantung.

8. Meningkatkan Metabolisme

Kandungan kolin yang terdapat pada telur dapat membantu proses pencernaan lemak dan mencegah penumpukan lemak pada tubuh. Oleh karena itu, manfaat telur rebus selanjutnya adalah dapat meningkatkan metabolisme. Telur rebus dapat meningkatkan kadar adiponectin yang bisa meningkatkan metabolisme, meningkatkan kemampuan tubuh saat merespon insulin, serta memperlancar proses pencernaan lemak.

9 Penambah Energi

Manfaat telur rebus juga dapat menambah energi. Telur memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan sebagai penambah energi, seperti vitamin A, vitamin B-12, dan selenium. Kandungan-kandungan tersebut juga menjadi sumber nutrisi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat dan kuat.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait