9 Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan

Image title
25 Mei 2022, 18:02
manfaat telur rebus
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/foc.
Ilustrasi, telur rebus.

Di antara pengolahan telur, baik ayam atau bebek, yang penuh manfaat dan bisa dinikmati adalah dengan direbus. Perlu diketahui, telur rebus sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai kandungan nutrisi yang dimiliki telur. Protein, karbohidrat, kalori, hingga vitamin dapat kamu temukan dalam sebutir telur.

Telur rebus merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia. Selain rasanya yang enak, kandungan protein menjadi alasan utama banyak orang Indonesia mengonsumsinya. Selain itu, harganya yang terjangkau juga membuat telur digemari.

Advertisement

Manfaat telur rebus didapatkan dari kandungan nutrisinya. Banyak anggapan yang mengatakan, bahwa telur merupakan salah satu penyebab kolesterol tinggi. Namun, berdasarkan penelitian, konsumsi telur yang wajar umumnya tidak akan meningkatkan kadar kolesterol darah seseorang.

Konsumsi telur yang dianggap wajar adalah, satu butir telur sehari. Bahkan, salah satu studi juga telah menunjukkan dengan mengonsumsi tiga butir telur per hari masih dianggap aman pada beberapa orang yang tidak memiliki kecenderungan kolesterol tinggi.

Berikut sejumlah manfaat telur rebus untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan yang dilansir dari Liputan6.com:

Manfaat Telur Rebus

Seperti telah disebutkan sebelumnya, telur rebus memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini, berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi telur rebus, dalam jumlah yang wajar.

1. Menurunkan Berat Badan

Kandungan protein pada telur cenderung membuat perut seseorang kenyang lebih lama. Telur menyebabkan perasaan kenyang dan memiliki tingkat maksimal untuk mengurangi asupan kalori secara otomatis lebih sedikit di kemudian hari.

Seseorang yang mengonsumsi telur pada sarapan pagi hari, cenderung akan merasa kenyang lebih lama hingga makan siang. Hal ini membuat berat badan seseorang turun karena tidak mengonsumsi makanan lain selain telur. Makan telur di pagi hari juga menjadi opsi sarapan yang praktis dan sehat

2. Membantu Kinerja Otak

Manfaat telur rebus yang pertama adalah bisa membantu kinerja otak. Agar otak bisa bekerja dengan baik, sel-sel saraf di otak membutuhkan suatu senyawa bernama kolin sebagai zat pembangun dan penunjang kerja.

Studi membuktikan bahwa 90% orang telah kekurangan senyawa ini. Untuk bisa kembali mencukupi kebutuhan harian kolin, kamu bisa memasukkan telur ke dalam menu makanan harian. Pasalnya di dalam sebutir telur terkandung 100 gram kolin.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat telur rebus juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Sebagian telur yang biasa kamu temukan di pasaran, kebanyakan telah diperkaya dengan kandungan omega-3. Senyawa ini merupakan salah satu lemak baik yang mampu memerangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Perlu diketahui, kalau kadar lemak baik di dalam tubuh semakin tinggi, maka akan semaki rendah orang tersebut beresiko mengelami penyakit jantung. Jadi, kamu jangan ragu untuk mengonsumsi telur bila ingin jantung tetap terjaga sehat kini dan nanti.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement