6 Rekomendasi Film Adaptasi Buku Terbaik Versi IMDb

Image title
30 Mei 2022, 15:22
film adaptasi buku
imdb.com
Ilustrasi, Tom Hanks dalam film Forrest Gump, salah satu film adaptasi buku terbaik versi IMDb.

Film adalah karya audio visual yang berasal dari sebuah ide cerita. Suatu ide bisa diperoleh dari berbagai macam sumber, mulai dari pengalaman pribadi sampai fenomena terkini.

Dari sekian banyak inspirasi sumber ide cerita yang diangkat menjadi sebuah film, buku menjadi salah satu yang cukup banyak diadaptasi menjadi film. Tak sedikit para penggiat film yang menyukai karya tulis tertentu sehingga mengangkatnya menjadi karya audio visual.

Advertisement

Kendati demikian, sebuah buku tidak serta-merta bisa dijadikan film tanpa proses-proses tertentu. Pasalnya, tidak semua hal yang ada di dalam buku tersebut bisa ditampilkan dalam film. Hal ini salah satunya dikarenakan durasi yang terbatas.

Oleh karena itu, tak jarang para sutradara, penulis skenario, dan segenap kru film merombak cerita tersebut menjadi kisah yang pas dan menarik untuk dinikmati penonton, mulai dari plot sampai akhir cerita.

Rekomendasi Film Adaptasi Buku Terbaik

Dari sekian banyak film adaptasi buku, ada beberapa yang dikenal sukses dan memeroleh sejumlah penghargaan. Mengutip IMDb, berikut rekomendasi film adaptasi buku terbaik.

1. The Shawshank Redemption (1994)

The Shawshank Redemption.
The Shawshank Redemption. (imdb.com)

Film arahan sutradara sekaligus penulis skenario Frank Darabont ini menggandeng sejumlah aktor kawakan yang tidak perlu diragukan lagi kualitas aktingnya, seperti Tim Robbins, Morgan Freeman, Bob Gunton, dan William Sadler.

"The Shawshank Redemption" berkisah tentang Andy Dufresne (Tim Robbins) yang dijatuhi hukuman penjara seumur hidup atas pembunuhan terhadap Linda Dufresne dan Glenn Quintin, istri dan kekasihnya, meskipun ia mengaku tidak bersalah.

Di penjara, Andy memulai pertemanannya dengan sesama narapidana, Red (Morgan Freeman) yang sudah mendekam selama 20 tahun. Red dikenal sebagai pria yang bisa memeroleh apa pun dari dunia luar untuk para tahanan.

Film adaptasi novel berjudul "Rita Hayworth and Shawshank Redemption" yang dirilis pada 1982 oleh Stephen King ini memeroleh rating sebesar 9.3 dari IMDb. Bukan cuma itu, film ini juga sukses memenangkan sejumlah ajang perfilman, di antaranya Best Adapted Screenplay dalam ajang 20/20 Awards dan Outstanding Achievement in Cinematography in Theatrical Releases dalam American Society of Cinematographers (1995).

2. The Green Mile (1999)

Salah satu adegan dalam film The Green Mile.
Salah satu adegan dalam film The Green Mile. (netflix.com)

Lagi-lagi, kolaborasi Frank Darabont-Stephen King kembali mengguncang industri perfilman lewat film berjudul "The Green Mile".

Masih seputar penjara, "The Green Mile" bercerita tentang Paul Edgecomb (Tom Hanks), pria yang berprofesi sebagai pengawas di Lembaga Pemasyarakatan Cold Mountain. Paul bertugas menjaga ketertiban di sel narapidana hukuman mati atau yang dikenal dengan sebutan Green Mile.

Suatu hari, Green Mile kedatangan penghuni baru, John Coffey (Michael Clarke Duncan), seorang pria kulit hitam yang didakwa bersalah atas kasus pemerkosaan dan pembunuhan terhadap dua gadis kulit putih. Walaupun berkeras bahwa dia bukan pelakunya, rasisme dan segregasi di masa itu membuat John tak bisa berbuat apa-apa.

Film berdurasi 3 jam 9 menit ini memeroleh rating sebesar 8.6/10 dari IMDb dan menyabet sejumlah penghargaan dari berbagai ajang bergengsi, mulai dari Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films, USA sampai Brodcast Film Critics Association Awards (2000).

3. Forrest Gump (1994)

Tom Hanks dalam film Forrest Gump.
Tom Hanks dalam film Forrest Gump. (imdb.com)

Aktor kebanggan Hollywood, Tom Hanks, tampil memukau dalam film arahan Robert Zemeckis, “Forrest Gump”. Di film ini, aktor 65 tahun ini berperan sebagai Forrest Gump, pria dengan IQ 75 yang berasal dari Kota Alabama.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement