16 Rekomendasi Film Detektif Terbaik 2021

Dwi Latifatul Fajri
25 Agustus 2021, 14:31
16 Rekomendasi Film Detektif Terbaik 2021
ANTARA FOTO/Candra Yanuarsyah/agr/hp.
Pengunjung menonton film di Cinema XXI Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (12/12/2020). Pemerintah Kabupaten Garut mengizinkan bioskop kembali beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Menonton film menjadi hal menyenangkan ketika liburan atau dirumah saja. Terlebih ketika pandemi Covid-19, kita dianjurkan berada dirumah dan menjaga kesehatan. Salah satu genre atau aliran film menarik adalah misteri dan detektif. Film genre misteri ini dikemas menarik dimana ada pelaku kejahatan, detektif baik yang mengungkap kasus, dan plot cerita tak terduga. Berikut 16 rekomendasi film detektif terbaik 2021. 

Film genre detektif ini kebanyakan berhubungan dengan misteri pembunuhan seseorang. Sampai akhirnya karakter protagonis (karakter baik), berupaya menemukan penjahat atau pembunuh yang menjadi karakter antagonis (karakter jahat). Namun, di akhir film terkadang banyak beberapa adegan yang membuat penonton bertanya-tanya akhir kisah tersebut. Ada berbagai genre detektif selain misteri seperti thriller, psikologi, drama, komedi gelap, sampai horor.

Banyak film detektif populer yang ditayangkan di bioskop. Beberapa film diangkat dari novel misteri terkenal. Contohnya saja adaptasi film Sherlock Holmes dari novel berjudul sama karya Arthur Conan Doyle.  Novel tentang Sherlock Holmes pertama kali muncul di media cetak. Cerita berjudul A Study in Scarlet dirilis tahun 1887. Kemudian cerita tersebut menyebar menjadi cerita pendek di beberapa majalah. Novel selanjutnya  berjudul "A Scandal in Bohemia" pada tahun 1891, menambah populer cerita Sherlock Holmes. Kemudian cerita tambahan muncul dari saat itu sampai 1927. Selain itu ada film adaptasi dari novel detektif karya Agatha Christie.

Sekarang ini kemudahan teknologi membuat situs streaming dan aplikasi nonton film berbayar menjadi diminati. Beberapa situs streaming legal dan berbayar seperti Netflix, Amazon Prime, sampai Hulu menyajikan film detektif. Pengguna tinggal menonton di rumah melalui ponsel, tablet, sampai televisi. Tanpa perlu pergi ke bioskop. Selain itu, penyedia jasa seperti Google dan Apple memberikan fasilitas sewa film untuk menonton film detektif.

Menonton film tentang kriminal, detektif, dan misteri pembunuhan terkadang memamang menakutkan. Apalagi jika mendengarkan kisah tentang kekerasan dan teror yang terlihat melalui film. Namun, film detektif dan misteri ternyata menjadi populer di industri hiburan. Beberapa situs streaming banyak memberikan penonton film dengan genre tersebut. Kebanyakan adalah kisah kegelapan dan kejahatan banyak ditonton.

Manfaat Menonton Film Misteri

Ternyata, menonton film detektif dan misteri bermanfaat bagi penonton secara mental dan fisik. Manfaat menonton film misteri dan detektif hampir sama ketika membaca novel dengan genre serupa. Berikut beberapa manfaat menonton film misteri dan detektif:

1. Memacu adrenalin

Menonton film detektif terkadang berhubungan dengan pembunuhan, kriminal, dan tindak kejahatan. Ternyata film genre ini dapat memicu adrenalin, seperti ketika sedang berolahraga mendaki gunung. Ketika menonton film yang menegangkan, akan memicu ketakutan. Hormon adrenalin dihasilkan tubuh ketika sedang stress. Hormon ini memiliki peran penting untuk menjaga fungsi dan organ tubuh.

2. Pikiran dan Imajinasi Terlibat

Menonton film detektif yang berhubungan dengan kriminal, dapat memicu kegembiraan. Film menegangkan memicu imajinasi untuk berpikir dan mencari pemecahan. Film misteri dapat merangsang otak untuk berpikir.

3. Mempertajam Naluri

Menonton film detektif dan kejahatan dapat mempertajam naluri untuk bertahan hidup. Contohnya saja sejak anak-anak Anda melatih naluri untuk bertahan hidup dan mengatasi ketakutan di lingkungan. Film genre kriminal ini selain untuk hiburan juga mempertajam naluri dan bahaya yang bisa saja mengintai di sekitar.

4. Mengatasi Ketakutan

Menonton film misteri yang memperlihatkan adegan kekerasan terasa menakutkan. Namun, film-film tersebut mengatasi ketakutan dan melatih diri menghadapi situasi ketika bahaya mengancam.

5. Berolahraga

Ternyata menonton film detektif dan misteri selama 90 menit, bisa memompa adrenalin. Tanpa disadari, penonton menghabiskan 113 kalori menonton film tersebut. Dari artikel The Telegraph, jumlah kalori yang dikeluarkan sama dengan setengah jam berjalan kaki atau setara 1 batang coklat.

Rekomendasi Film Detektif dan Misteri

Film genre detektif dan misteri disukai pecinta film selama beberapa dekade. Beberapa film detektif sampai meraih nominasi penghargaan. Berikut Berikut beberapa rekomendasi film detektif dan misteri:

1. Black Coffee (1931)

Black Coffee merupakan film genre detektif dan misteri yang diadaptasi dari novel Agatha Christie. Agatha Christie adalah novelis kriminal terkenal yang menerbitkan berbagai novel misteri. Rentang tahun 1924 sampai 1976, Agatha Christie menerbitkan lebih dari 125 karya tertulis. Sebanyak 74 novel karyanya masuk dalam penulis fiksi terlaris kedua setelah William Shakespeare.

Black Coffee diproduksi oleh Twickenham Studios, yang dirilis tahun 1931. Film ini dibintangi oleh Austin Trevor sebagai Hercule Poirot. Film tersebut menceritakan tentang teman Poirot, Arthur Hastings. Cerita bermula ketika Arthur menemukan formula rahasia yang sedang dikerjakan sebagai proyek penelitian bersama. Namun, ada kejadian pembunuhan yang melibatkan Hercule Poirot.

2. Clue (1985)

Film yang dirilis tahun 1985 ini bergenre komedi dan misteri. Film Clue menceritakan tentang permainan papan ikonik yang berujung pembunuhan. Awal film menceritakan sekelompok tamu yang sedang bepesta ketika makan malam. Akhirnya mereka bersatu mencari petunjuk siapa yang membunuh tuan rumah.

3. Seven (1995)

Dibintangi oleh Brad Pitt dan Morgan Freeman, film ini bergenre thriller, kriminal, dan psikologis. Bercerita tentang pembunuh berantai yang mendasari pembunuhan pada Tujuh Dosa Mematikan. Kedua detektif (Brad Pitt, Morgan Freeman), berusaha untuk menemukan pembunuh berantai. Film ini berhasil meraih penghargaan sebagai Film Terbaik di MTV Movie Awards tahun 1996.

4. Zodiac (2007)

Dibintangi aktor ternama seperti Mark Ruffalo, Jake Gyllenhaal, dan Ribert Downey Jr. Film thriller misteri ini menceritakan detektif dan jurnalis yang terobsesi untuk melacak identitas pelaku pembunuh berantai.

Menceritakan tentang pembunuh berantai dan perburuan Zodiac Killer. Pembunuh yang meneror kota San Francisco Bay Area, pada 1960-an dan awal 1970-an. Film ini mengangkat cerita pembunuh berantai terkenal di AMerika Serikat yang belum terpecahkan.

Film ini berhasil menangkan penghargaan kategori Sutradara Terbaik pada Dublin Film Critics' Circle Awards.

5. The Girl on the Train (2016)

Diperankan oleh Luke Evans, Emily Blunt, dan Rebecca Ferguson. Film ini diadapasi dari novel berjudul sama. The Girl on the Train menceritakan pecandu akohol bernama Rachel yang kehilangan pekerjaan dan suaminya. Setiap hari Rachel naik kereta menuju ke London dan melewati deretan perumahan lamanya. Deretan perumahan itu dulu adalah rumah dia dengan mantan suaminya. Suatu hari, Rachel mengalami kejadian misterius. Dia terluka dan terbangun tanpa mengingat apapun. Tepat ketika dia terbangun dengan tubuh terluka, seorang wanita yang tinggal didekat rumahnya dahulu menghilang.

6. Gone Girl (2014)

Diadaptasi dari novel populer karya Gillian Flynn. Bercerita Nick Dunne yang kembali ke rumah untuk merayakan ulang tahun kelima pernikahannya dengan sang istri. Namun Nick menemukan istrinya Amy hilang. Media mengabarkan jika Amy menghilang karena terinspirasi buku anak-anak. Namun detektif Rhonda Boney menemukan bukti pergumulan di dalam rumah yang disembunyikan dengan buruk. Kecurigaan meningkat ketika polisi mencurigai Nick sebagai pelaku pembunuhan istrinya.

7. Dark Places (2015)

Berdasarkan novel Gone Girl karya Gillian Flynn. FIlm ini bercerita tentang Libby, seorang ibu yang mencoba menemuka pelaku saudara perempuannya. Ketika masih muda Libby mengingat kejadian traumatis ketika saudaranya dibunuh secara brutal. Namun, pelaku pembunuhan kakaknya selama bertahun-tahun tidak ditemukan.

8. Knives Out (2019)

Salah satu film misteri pembunuhan modern. Film ini masuk dalam daftar film terpopuler yang menayangkan film misteri pembunuhan klasik. Menceritakan tentang novelis kriminal populer Harlan Thrombey, yang mengundang seluruh anggota keluarganya kerumah untuk merayakan ulang tahun ke-85. Namun, misteri terjadi ketika asisten rumah tangga bernama Fran menemukan Harlan tewas. Kejadian tersebut terjadi pada pagi hari. Detektif Benoit Blanc (Daniel Craig) akhirnya dipanggil untuk menemukan pelaku pembunuhan Harlan.

9. Murder on the Orient Express (1974)

Film ini diadaptasi dari novel pembunuhan klasih karya Agatha Christie. Menceritakan tentang detetktif Hercule Poirot yang menyelidiki pembunuhan seorang pebisnis Amerika ketika berada di kerta Orient Express. Film ini berhasil masuk enam kategori nominasi Academy Award.

10. Murder on the Orient Express (2017)

Murder on the Orient Express merupakan remake film tahun 1974. Film ini diperankan oleh Johnny Depp, Judi Dench, Michelle Pfeifferdan Penelope Cruz, bersama sutradara Kenneth Branagh sebagai Detektif Poirot.

Menceritaan tentang Hercule Poirot, seorang detektif ternama di Eropa tahun 1930an. Hercule Poirot saat itu sedang menjadi penumpang di kereta api mewah Orient Express. Suatu hari pembunuhan terjadi dan Poirot menyadari banyak kasus kejahatan di dalam kereta tersebut.

11. Murder Mystery (2019)

Kebanyakan film genre detetif misteri dikemas menegangkan dan penuh misteri. Namun film Murder Mystery yang tayang di Netflix ini berbeda. FIlm ini dipadukan dengan komedi ringanmengundang tawa. Menceritakan tentang Adam
Sandler dan Jennifer Aniston sebagai pasangan suami istri yang terlibat
dalam penyelidikan pembunuhan di kapal pesiar miliarder.

12. Shutter Island (2010)

Disutradarai oleh Martin Scorsese, dengan penampilan aktor ternama seperti
Leonardo DiCaprio, Mark Ruffalo, dan Michelle Williams. Shutter Island
menceritakan seorang Marshall asal Amerika Serikat dan temannya. Ketika itu mereka menyelidiki kasus hilangnya seorang pembunuh dari sebuah rumah sakit jiwa di ShutterIsland di Boston Harbor. Ketika melalui penelidikan, mereka merasa ada yang aneh dari pulau tersebut.

13. The Girl with the Dragon Tattoo (2011)

Menceritakan tentang Mikael Blomkvist, seorang jurnalis. Mikael sedang menyelidiki kasus pembunuhan seorang wanita muda yang belum terpecahkan. Kasus tersebut terjadi setelah 40 tahun. Bersama peretas komputer, Mikael mencari si pembunuh.

14. Lost Girls (2020)

Film yang tayang di Netflix, Lost Girls menceritakan kisah nyata dari pengejaran seorang perempuan. Perempuan itu berusaha mendapatkan keadilan atas serangkaian pembunuhan yang belum terpecahkan terhadap pekerja seks di Long Island.

15. Minority Report (2002)

Merupakan film sains fiksi dan misteri. Pada tahun 2054, tingkat pembunuhan telah dikurangi menjadi nol, berkat teknologi yang memprediksi kapan itu akan terjadi. Sebelum terjadi kasus kriminal polisi mencegah lebih awal. Teknologi itu dilakukan dengan bantuan manusia mutan yang disebut "PreCogs". Teknologi tersebut dapat menggambarkan kejahatan dimasadepan.

Namun, kapten polisi John Anderton (Tom Cruise) dituduh melakukan pembunuhan yang akan terjadi. Akhirnya dia menculik alat tersebut untuk mencari tahu jika ada kesalahan dalam sistem. John akhirnya melihat kembali kasus-kasus masa lalu untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Film karya Steven Spielberg ini membahas mengenai filosofis tentang masa depan.

16. Sherlock Holmes: A Game of Shadows (2009)

Diadaptasi dari novel karya Arthur Conan Doyle, Sherlock Holmes diperankan oleh Robert Downey Jr. dan Jude Law sebagai John Watson. Film ini menceritakan tentang Sherlock Holmes dan Watson yang harus menggagalkan recana profesor jahat. Profesor itu ingin melakukan pembunuhan acak di seluruh Eropa. Holmes mencari tahu seluruh informasi dan petunjuk untuk mencegah pembunuhan.

Itulah 16 rekomendasi menonton film detektif dan misteri. Anda bisa menonton dirumah bersama keluarga dan teman-teman. 

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait