5 Rekomendasi Film Studio Ghibli Terbaik

Image title
17 Mei 2022, 16:23
film Studio Ghibli
netflix.com
Ilustrasi, cuplikan adegan film animasi Ocean Waves, salah satu film besutan Studio Ghibli.

Film animasi memiliki penggemar dan daya tarik tersendiri. Tidak hanya di kalangan anak-anak, eksplorasi cerita dari jenis karya kolektif yang satu ini terbilang luas dan tak jarang mengandung kritik sosial yang hanya dapat dipahami oleh penonton dewasa.

Salah satu rumah produksi film animasi populer adalah Studio Ghibli. Animasi Studio Ghibli terbilang sukses memikat hati para penontonnya dengan pesan moral dan cerita yang relate dengan kehidupan sehari-hari.

Otak di balik suksesnya sejumlah film animasi garapan rumah produksi asal Jepang ini adalah seorang sutradara, produser, animator dan pendongeng kawakan, Hayao Miyazaki.

Sekitar 1990, Hayao Miyazaki menciptakan film-film paling sukses dalam sejarah Jepang dan mencatatkan banyak rekor box-office.

Film Studio Ghibli Terbaik

Dihimpun dari Internet Movie Database (IMDb) dan Rotten Tomatoes, berikut rekomendasi lima film Studio Ghibli terbaik.

1. Nausicaa of the Valley of the Wind (1984)

Nausicaa of the Valley of the Wind.
Nausicaa of the Valley of the Wind, salah satu film Ghibli terbaik. (tek.id)

"Nausicaa of the Valley of the Wind" menjadi salah satu titik balik Studio Ghibli dalam menggaet sejumlah penggemar mereka. Film yang tayang pada 1984 ini bercerita tentang seorang prajurit dan pecinta damai, Putri Nausicaa, yang berjuang mati-matian untuk mencegah dua negara saling bertikai.

Film berdurasi 117 menit ini diarahkan langsung oleh Hayao Miyazaki yang bertindak sebagai sutradara dan penulis skenario. Pemimpin Studio Ghibli ini juga turut menggandeng sejumlah pengisi suara berbakat, di antaranya Sumi Shimamoto, Mahito Tsujimura, dan Hisako Kyoda.

"Nausicaa of the Valley of the Wind" meraup keuntungan hingga $2.340.981. Selain itu, film animasi ini berhasil mencatatkan namanya sebagai pemenang Best Short Film dalam ajang Fantafestival, Best Film dalam ajang Kinema Junpo Awards, dan Ofuji Noburo Award dalam ajang Mainichi Film Concours.

Film ini memeroleh rating 8/10 dari IMDb dan 89% dari Rotten Tomatoes.

2. Ocean Waves (1993)

Ocean Waves.
Cuplikan adegan film Ocean Waves. (netflix.com)

Film arahan sutradara Tomomi Mochizuki ini bercerita tentang karakter utama yang melakukan perjalanan ke kampung halamannya untuk reuni SMA. Selama perjalanan, dia mengingat kenangan hari-hari di sekolah menengah, mulai dari persahabatan, kisah cinta, dan sebagainya.

Berbeda dengan kebanyakan animasi Ghibli yang penuh fantasi seperti sihir dan hantu, film ini bernuansa dunia nyata yang murni bercerita tentang kisah cinta anak SMA. Interaksi antar karakter, dialog, dan perasaan terasa begitu nyata dan dalam.

Film berdurasi 1 jam 16 menit ini memeroleh rating 6.6/10 dari IMDb dan 89% dari Rotten Tomatoes.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement