9 Sumber Makanan Mengandung Protein Tinggi

Image title
14 Juni 2022, 21:08
makanan mengandung protein
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/YU
Ilustrasi, pedagang menunjukkan telur ayam ras jualannya di Pasar Bitingan, Jati, Kudus, Jawa Tengah.

Telur adalah makanan mengandung protein tinggi. Nutrisi ini sangat penting bagi kesehatan karena dapat mendukung metabolisme tubuh, serta memperbaiki sekaligus memproduksi sel-sel baru. Selain telur, masih banyak lagi bahan pangan yang banyak memiliki kandungan protein.

Sumber makanan yang mengandung protein secara umum terbagi menjadi dua jenis, pertama adalah protein yang didapat dari daging hewan (hewani). Kedua yaitu sumber protein nabati yang berasal dari tumbuhan.

Makanan mengandung protein sangat mudah dijumpai. Misalnya ada tahu dan tempe yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Sumber protein ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari.

Dalam proses pencernaan, bahan makanan mengandung protein akan dicerna dan dipecah lagi menjadi bagian lebih kecil. Bagian tersebut dinamakan asam amino, sebuah zat yang bisa membentuk massa otot. Asam amino juga bermanfaat untuk membantu tumbuh kembang balita.

Apa saja makanan mengandung protein tinggi? Melansir Healthline dan sumber lainnya, simak daftarnya berikut ini.

Bahan Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Mencukupi kebutuhan asam amino setiap hari dengan mengkonsumsi makanan mengandung protein tinggi sangat penting untuk kesehatan.

Perlu diingat, kebutuhan akan nutrisi ini setiap orangnya berbeda karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti berat badan, usia, ukuran tubuh, dan sebagainya. Namun demikian, sejumlah ahli merekomendasikan asupan protein yang diperlukan oleh orang normal yaitu 0,36 gram protein per pon berat badan (0,8 gram per kg).

Lebih lanjut, berikut daftar makanan berprotein tinggi:

1. Telur 

Telur merupakan salah satu makanan mengandung protein tinggi. Satu telur dengan berat 50 gram diketahui memiliki 6,3 gram protein.

Di pasaran, telur yang populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia adalah telur ayam. Selain protein, telur ini merupakan sumber vitamin, mineral, lemak sehat, dan antioksidan yang sangat baik.

Telur yang dalam kondisi bagus, biasanya dilengkapi dengan selenium dan vitamin B12 dan A. Telur juga banyak dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui karena bahan pangan tersebut memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Bagian yang banyak mengandung protein murni pada telur adalah putih telur. Sedangkan kuning telur memiliki lebih banyak nutrisi termasuk vitamin, mineral, antioksidan, dan lemak sehat.

2. Kacang Almond

Kacang almond adalah bahan pangan yang bergizi tinggi. Makanan yang mengandung protein ini, menawarkan berbagai nutrisi penting seperti serat, vitamin E, mangan, dan magnesium.

Almond menjadi sumber protein nabati yang baik bagi tubuh. Sebab, dalam satu ons atau 28,35 gram almond tersedia 6 gram protein.

Mengkonsumsi kacang almond dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Kacang ini bahkan bisa menurunkan faktor risiko penyakit jantung seperti kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement