10 Daftar Makanan Khas Brazil yang Terkenal

Dwi Latifatul Fajri
28 Juni 2022, 07:30
makanan khas Brazil
www.rainforestcruises.com
Ilustrasi, Acaraje yang merupakan makanan khas Brazil.

Negara Brazil di Amerika Selatan memiliki kota besar seperti Sao Paulo dan Rio de Janeiro. Brazil memiliki budaya, wisata alam, dan pantai yang indah.

Selain destinasi wisata, Brazil memiliki sajian kuliner populer. Brazil berada di garis khatulistiwa seperti Indonesia. Sehingga makanan di negara tropis ini memiliki kesamaan. Brazil menggunakan bahan makanan dari santan kelapa, singkong, dan kacang-kacangan. Berikut makanan khas Brazil lezat dan terkenal.

Advertisement

Makanan Khas Brazil

1. Cachaca

Negara Brazil memiliki minuman khas yaitu Cachaca. Mengutip gotravelly.com, Cachaca sudah dikonsumsi dari tahun 1.500-an. Minuman ini terbuat dari air tenun yang difermentasi dan dicampur caipirinhas. Cachacha dapat ditemukan di bar dan ditaruh dalam drum kayu.

2. Moqueca

Moqueca adalah makanan berkuah yang berisi udang. Kuah kental terbuat dari santan, minyak sayur, dan lada. Moqueca menggunakan potongan tomat, biji annatto untuk pewarna alami, bawang bombay, ketumbar, ikan, dan makanan laut.

Moqueca di beberapa daerah memiliki bahan berbeda. Contohnya penduduk Bahia memakai minyak kelapa sawit, paprika, dan santan untuk kuah. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi dan farofa (sejenis tepung ubi kayu panggang).

3. Feijoada

Feijoada
Feijoada (www.rainforestcruises.com)

Feijoada adalah makanan tradisional di Brazil. Isi makanan yaitu potongan daging babi, rebusan kacang hitam, dan sosis. Feijoada disebut juga sup kacang hitam karena aroma kacang yang kuat. Jika dimasak secara tradisional, Feijoada membutuhkan waktu 24 jam.

Cara membuat makanan ini yaitu merendam kacang dan menghilangkan garam di daging babi. Secara tradisional, Feijoada dimakan untuk hari Rabu dan Sabtu. Feijoada biasanya dimakan bersama nasi, kangkung, dan farofa.

4. Quindim

Makanan penutup manis yang bisa dicoba adalah Quindim. Hidangan pencuci mulut ini terbuat dari telur, mentega, kelapa, dan gula. Quindim biasanya disajikan menggunakan mangkok kecil. Warnanya keemasan dan bagian atasnya diberi parutan kelapa. Quindim kenyal seperti puding.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement