11 Makanan Khas Arab Saudi yang Menarik untuk Dicicipi

Siti Nur Aeni
2 Juni 2022, 13:42
Ilustrasi makanan khas Arab Saudi
pixabay.com
Ilustrasi makanan khas Arab Saudi

Banyak diantara kita yang mengira bahwa nasi kebuli dan nari biryani merupakan makanan khas Arab Saudi. Padahal anggapan tersebut tidak tepat. Pasalnya, nasi kebuli bukan dari Arab dan nasi biryani ternyata berasal dari India. Lantas, makanan apa saja yang termasuk makanan khas dari Arab Saudi? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Beragam Makanan Khas Arab Saudi

Makanan dari Arab Saudi ternyata berpaduan dari makanan-makanan yang ada di Yaman dan India. Maka tak heran jika penampilan hingga cita rasa makanan ini mirip dengan makanan yang berasal dari dua negara tersebut.

Makanan dari Arab Saudi terkenal dengan rasanya yang khas karena diolah menggunakan beragam bumbu yang kuat. Apa saja makanan khas dari Arab Saudi? Melansir dari cairofood.com, berikut ini sejumlah makanan khas Arab Saudi yang perlu Anda cicipi.

1. Nasi Kabsa

Nasi kabsa sebenarnya makanan yang berasal dari Yaman, namun makanan ini sering disebut sebagai makanan khas Arab. Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, bahwa makanan khas dari Arab memang akulturasi budaya dari negara lain. Maka dari itu, tak heran jika nasi kabsa menjadi makanan khas dari Arab Saudi.

Makanan ini diolah bersama daging kambing atau ayam. Yang membuat nasi kabsa berbeda dengan nasi Arab lainnya yaitu dicampur dengan tomat dalam jumlah banyak, sehingga warnanya menjadi merah.

2. Nasi Mandi

Selain nasi kabsa, makanan khas dari Arab lainnya yaitu nasi mandi. Nasi ini terbuat dari beras basmati yang diolah bersama rempah-rempah, sehingga aromanya menjadi khas. Meskipun demikian, rempah yang ditambahkan dalam makanan ini tidak terlalu banyak, sehingga warnanya terang atau tidak terlalu berwarna.

Rasa kuah atau kaldu dari daging yang digunakan sangat mendominasi rasa nasi mandi ini. Aroma smokey juga cukup terasa dalam hidangan ini, sehingga rasanya semakin nikmat.

3. Nasi Bukhari

Makanan khas Arab Saudi lainnya yaitu nasi bukhari. Makanan ini berasal dari kota Bukhara. Keunikan dari makanan ini yaitu terdapat wortel parut yang membuat warnanya merah atau cokelat.

Aroma dari makanan ini juga lebih kuat dibandingkan nasi arab lainnya. Selain dari segi warna dan aroma, ciri khas lain dari nasi bukhari yaitu ada tambahan kismis, kacang balilah, dan rempah yang kuat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement