Mengenal Novel, Pengertian, dan Unsur-unsur Pembentuknya

Siti Nur Aeni
1 Juli 2022, 09:24
novel adalah
Pexels.com/Koshevaya_k
Ilustrasi, seseorang membaca novel

Apakah Anda senang membaca novel? Sejauh ini kita memahami novel adalah karya tulis yang berisi cerita dari para tokohnya dengan alur dan latar yang berbeda-beda.

Karya tulis yang satu ini memang sudah sangat familiar. Bahkan, untuk mendapatkan buku novel sudah cukup mudah. Namun sebenarnya, apa yang dimaksud dengan novel? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Advertisement

Pengertian Novel Menurut Para Ahli

Novel merupakan jenis buku yang memiliki banyak penggemar. Novel menghadirkan cerita yang menarik dengan segala drama, konflik, alur, dan latar belakang cerita yang dihadirkan penulis kepada pembaca.

Pengertian novel ternyata sudah diterangkan oleh para ahli. Berikut ini sejumlah pengertian menurut para ahli.

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Berdasarkan penjelasan di Kamus Besar Bahasa Indonesia, novel adalah karangan prosa panjang yang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setia pelaku.

2. Cuddon (2013)

Menurut Cuddon, novel berasal Bahasa Italia yang artinya kisah atau berita. Cuddon juga menyebutkan bahwa saat ini istilah novel digunakan untuk tulisan fiksi prosa yang panjangnya antara 60.000 sampai 200.000 kata.

3. Klarer (2004)

Novel adalah sebuah fiksi prosa yang berbeda dari epik lewat penyajian karakter dan teknik sudut pandang yang kompleks, penekanannya pada realisme, dan penataan plot yang halus.

4. Yeni Hidayat

Dalam bukunya yang berjudul “Kajian Psikologi Sastra dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmd Fuadi”, Yeni Hidayat menyebutkan bahwa pengertian novel adalah sebuah karya prosa fiksi yang cakupannya tidak terlalu panjang, akan tetapi juga tidak terlalu pendek. Novel bersifat kompleks karena memiliki banyak peristiwa, setting, karakter, dan latar tempat yang kemungkinan diambil pada waktu lama.

5. Nurgiyantoro (2010)

Novel adalah karya fiksi yang mengungkapkan aspek kemanusiaan yang mendalam dan disajikan dengan halus.

Unsur-Unsur dalam Novel

Sama halnya dengan karya prosa lainnya, novel juga memiliki beberapa unsur yang dapat membentuk cerita. Unsur-unsur dalam novel terbagi menjadi dua jenis yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik. Berikut penjelasan lengkapnya.

Unsur Intrinsik Novel

Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang membangun karya tulis itu sendiri. Dengan kata lain, unsur instrinsik ini merupakan unsur yang membangun cerita dalam sebuah tulisan.

Pada novel, unsur instrinsik terbagi atas; tema, tokoh dan penokohan, latar, alur, sudut pandang, dan, amanat. Keenam unsur tersebut dibuat dengan perpaduan yang menyatu dan saling berhubungan. Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Tema

Tema adalah makna yang terkandung dalam sebuah cerita. Ada juga yang menyebutkan bahwa tema novel adalah ide yang mendasari suatu cerita. Dengan demikian, tema berperan sebagai pegangan untuk penulis dalam menerangkan karya fiksi yang diciptakannya.

Tema biasanya mengandung makna dan menjadi gagasan sentral dalam sebuah cerita. Umumnya, penulis akan menentukan tema diawal sebelum ia menerangkan tokoh dan latar yang akan dihadirkan dalam tulisan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement