4 Rekomendasi Novel Fiksi yang Menarik untuk Dibaca

Novel fiksi adalah karangan prosa hasil dari imajinasi pengarang. Saat ini karangan ini sudah sangat banyak. Berikut sejumlah rekomendasi novel fiksi yang menarik untuk dibaca.
Siti Nur Aeni
1 Juli 2022, 10:59
novel fiksi
pexels.com/SHVETS production
Ilustrasi, orang membaca novel fiksi

Menurut penjelasan di KBBI, novel adalah karangan prosa panjang yang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setia pelaku. Novel termasuk karya fiksi atau karya hasil imajinasi pengarang yang tidak terikat pada fakta atau sejarah.

Dengan demikian, definisi novel fiksi adalah novel yang dibuat berdasarkan imajinasi dari pengarang. Garis besar ceritaya mungkin berasal dari kisah nyata, namun tokoh, latar, dan alurnya dibuat berdasarkan imajinasi pengarah. Sehingga, tidak ada ikatan langsung dengan fakta yang ada.

Sebagaimana yang diterangkan dalam penerbitbukudeepublish.com, yang menyebutkan bahwa terkadang buku fiksi berdasarkan fakta, namun tetap tidak bisa buku non fiksi.

Pasalnya, cerita dalam buku tersebut dibuat lebih menarik sesuai imajinasi penulis. Dengan demikian, isinya lebih banyak mengandung imajinasi dibandingkan fakta yang sifatnya informatif.

Advertisement

Ciri-ciri dan Unsur-unsur dalam Novel Fiksi

Seperti yang sudah disebutkan bahwa novel fiksi adalah karya prosa hasil imajinasi penulis. Dalam membuat karya tulis tersebut, penulis atau pengarang perlu memahami terlebih dahulu ciri dan unsur dalam novel. Mengutip dari penerbitbukudeepublish.com, berikut penjelasannya.

Ciri-ciri Novel

  1. Terdiri atas 400 halaman, sehingga kurang lebih ada 35.000 kata.
  2. Ditulis dengan cara naratif dan deskriptif.
  3. Alurnya kompleks. Terdapat konflik awal, klimaks, antiklimaks, hingga penyelesaian masalah.
  4. Novel umumnya dibaca dalam waktu yang relatif lama (tidak bisa satu kali duduk) karena jumlah halamannya banyak.

Unsur-unsur dalam Novel

  1. Unsur intrinsik novel: unsur dalam novel yang berperan untuk membangun cerita. Unsur ini terdiri atas; tema, latar, tokoh dan penokohan, sudut pandang, alur, dan amanat.
  2. Unsur ekstrinsik novel: unsur pembentuk novel yang berasal dari luar. Contohnya; latar belakang penulis, latar belakang masyarakat, dan lain-lain.

Rekomendasai Novel Fiksi

Novel fiksi adalah karya tulis yang isinya berasal dari imajinasi pengarang, sehingga tokoh dan alur yang ada didalamnya tidak berkaitan dengan fakta yang ada.

Saat ini, novel fiksi sudah banyak banyak. Bahkan, ada banyak novelis Indonesia yang produktif dalam mengeluarkan karya novel fiksinya. Jika Anda sedang mencari novel, berikut ini rekomendasi novel fiksi yang bisa Anda miliki.

1. Petualangan Jack dan Piggy Natal

Petuangan Jack dan Piggy Natal merupakan novel karya J. K. Rowling ini bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Jack yang melakukan petualangan seru dan menegangkan bersama dengan mainan barunya. Keajaiban malam Natal, membuat mainan milik Jack bisa hidup seperti manusia.

Kemudian, Jack bersama maninan barunya yang bernama Piggy Natal melakukan petualangan di Tanah yang Hilang. Tujuannya untuk mencari mainan Jack yang tak sengaja hilang di tengah hujan salju.

Novel ini merupakan buku terjemahan, namun bahasa yang tertulis cukup mudah untuk dipahami. Petualangan Jack dan Piggy Natal juga bisa menjadi bahan bacaan untuk anak-anak.

2. Pengeran Cilik: Le Petit Prince

Novel fiksi ini bercerita tentang seorang anak yang melihat dunia dengan mata naif dan lugu. Dalam novel ini terdapat beberapan nilai dan pengalaman manusia yang mendasar, seperti; kekuasaan, tanggung jawab, dan cinta.

Sama seperti Petualangan Jack dan Piggy Natal, novel ini juga berasal dari novel terjemahan. Bahkan, diketahui buku ini sudah diterjemahkan dalam 230 bahasa asing.

3. Kata

Kata merupakan sebuah novel fiksi karya Rintik Sedu. Buku ini bercerita tentang kisah hidup perempuan beranama Binta. Kehidupan Binta digambarkan sangat sulit. Ia ditinggal pergi ayahnya sedangkan mamanya merupakan penyintas Skizofrenia.

Setelah Binta dewasa, ia kemudian bertemu dengan Nug atau Nugraha yang merupakan laki-laki sabar dan gigih dalam memperjuangkan Binta. Kesabaran Nug bahkan hampir membuat Binta luluh.

Hingga akhirnya muncul tokoh lain bernama Biru yang merupakan teman masa kecil Binta. Biru dan Binta terpisah dalam waktu yang sangat lama hingga akhirnya mereka kembali bertemu di Banda Neira.

Di buku ini, Anda akan dibawa cerita kisah cinta tiga orang yang cukup rumit. Novel ini sangat cocok untuk Anda senang dengan cerita dramatis.

4. Bibi Gill

Bibi Gill merupakan novel fiksi karya Tere Liye. Novel ini merupakan seri ke-12 dari serial Bumi. Novel ini mengajak pembaca pada kelanjutan cerita perjalanan Raib, Seli, dan Ali dalam dunia paraperl. Namun, menceritakan latar belakang dan sosok Bibi Gill yang belum diketahui pembaca.

Jika membaca novel ini, Anda bisa mengetahui latar belakang kehidupan Bibi Gill yang dramatis dan trages. Tak hanya itu, novel ini juga menerangkan kekuatan yang dimiliki oleh tokoh ini.

Itulah penjelasan singkat seputar novel fiksi dari pengertian hingga beberapa rekomendasi novel fiksi yang bisa Anda baca. Dari penjelasan tersebut kita bisa memahami bahwa novel fiksi adalah karangan prosa hasil imajinasi penulis.

Karangan ini ternyata sudah sangat banyak, Anda bisa memiliki novel dan membacanya untuk mengisi waktu luang.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait