Ruralisasi Adalah Migrasi dari Kota ke Desa, Ini Penjelasan Lengkapnya

Image title
12 Juli 2022, 10:07
ruralisasi adalah
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Ilustrasi, penumpang berjalan menuju rangkaian Kereta Api Gumarang tujuan Surabaya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

Kota metropolitan seperti Jakarta memang menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat pedesaan untuk mengadu nasib. Minimnya ketersedian lapangan kerja dengan upah layak menjadi salah satu alasan mereka melakukan urbanisasi. Sebaliknya, belakangan ini banyak juga orang yang tinggal di kota besar mencoba ruralisasi. Ruralisasi adalah sebuah istilah yang menggambarkan fenomena perpindahan masyarakat dari wilayah perkotaan ke daerah lain, khususnya ke desa-desa.

Sebagian besar orang masih ada yang menganggap bahwa kedua istilah di atas merupakan hal yang sama. Padahal istilah urbanisasi dan ruralisasi adalah dua hal yang sangat berbeda.

Untuk mengetahui apa itu ruralisasi dan perbedaannya dengan urbanisasi, berikut penjelasan tentang ruralisasi yang menarik untuk diketahui.

Pengertian Ruralisasi

Secara sederhana pengertian dari ruralisasi adalah fenomena perpindahan masyarakat perkotaan ke wilayah pedesaan. Pengertian ini juga tercantum pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Pendapat lain menjelaskan bahwa ruralisasi adalah proses migrasi masyarakat dari wilayah perkotaan kembali ke desa. Umumnya ruralisasi dilakukan dari wilayah perkotaan yang padat penduduknya menuju tempat lain di pedesaan yang jumlah penduduknya masih sedikit. Pada dasarnya tujuan dari ruralisasi adalah untuk meminimalisir kepadatan penduduk di perkotaan.

Mengutip dari buku IPS Terpadu (Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Sejarah), ruralisasi adalah salah satu proses migrasi atau perpindahan penduduk dari perkotaan ke pedesaan. Misalnya seseorang yang sudah merantau dan menetap di Jakarta, memutuskan untuk kembali pulang ke kampung halamannya serta memilih tinggal di sana.

Konsep Ruralisasi

Sementara itu berdasarkan penjelasan dalam jurnal “Dari Urbanisasi ke Ruralisasi” yang disusun oleh Ari Sulistyorini, ruralisasi adalah sebuah gagasan yang tidak hanya mengacu pada bentuk arus balik migrasi dari kota ke desa, bukan juga sekedar pembangunan pedesaan yang menaruh perhatian pada infrastruktur dan produksi komoditas lokal, atau penetrasi kota ke desa dengan memperluas aglomerasi perkotaan. Ruang lingkup serta konsep ruralisasi jauh lebih kompleks dari semua hal itu.

Jika ditelisik lebih jauh lagi istilah ini memiliki definisi yang lebih luas, meski sampai saat ini konsep ruralisasi ini masih sangat jarang ditemukan dalam literatur urbanisasi maupun literatur studi perdesaan.

Masih merujuk sumber yang sama, Uchendu Eugene Chigbu menyampaikan bahwa ruralisasi adalah solusi atas masalah urbanisasi sebagai “urbanisasi terbalik”, “kontra-urbanisasi” dan deurbanisasi, yang memberikan kepercayaan kepada keindahan pedesaan sebagai jalan untuk transformasi kehidupan pedesaan. 

Di eropa, fenomena ruralisasi adalah sesuatu yang sudah tidak asing lagi. Bahkan proyek ruralisasi telah lama dilakukan. Menurut situs Ruralization.eu, proyek ruralisasi adalah proses yang dapat mengubah pola pembangunan di daerah pedesaan untuk mengatasi penurunan populasi, ekonomi dan menghasilkan peluang baru. Proyek yang didanai oleh program Horizon 2020 itu diproyeksikan mampu mengumpulkan 18 mitra dari 12 negara berbeda..

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...