Mencermati Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop

Image title
15 Juli 2022, 14:45
cara membatalkan pesanan di TIkTok shop
Pexels.com
Ilustrasi, logo aplikasi TikTok di tampilan ponsel.

Cara membatalkan pesanan di TikTok Shop termasuk satu hal penting yang perlu diketahui oleh para pengguna aplikasi media sosial yang satu ini. Dengan demikian, tidak ada pelanggan yang merasa dikecewakan saat bertransaksi.

Apa Itu TikTok Shop?

Untuk menunjang keasyikan dan kenyamanan pengguna, TikTok menawarkan berbagai fitur, salah satunya TikTok Shop. Mengutip Hootsuite, bentuk kerja sama TikTok dengan Shopify ini memungkinkan pengguna menjelajah, memilih, dan membeli barang tanpa harus keluar dari aplikasi TikTok.

Singkatnya, fitur yang sudah ada sejak April 2021 ini membantu penggunanya melakukan transaksi barang secara langsung di dalam aplikasi. Segala macam transaksi, baik pembelian, penjualan, interaksi penjual-pembeli, sampai proses pembayaran dilakukan di dalam aplikasi.

Banyaknya tren yang bermunculan di TikTok menarik banyak calon penjual dan pembeli untuk bertransaki di TikTok. Selain itu, TikTok digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat yang menghabiskan rata-rata waktu penggunaan hariannya lebih dari satu jam.

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop

Tidak menutup kemungkinan dalam setiap transaksi terjadi suatu kesalahan, seperti kesalahan dalam membeli barang yang sudah masuk ke pesanan di TikTok Shop. Untuk mengatasi masalah ini, terdapat dua cara membatalkan pesanan di TikTok Shop, yakni saat pesanan belum dibayarkan dan saat pesanan sudah dibayarkan.

1. Saat Pesanan Belum Dibayarkan

Pengguna yang belum membayarkan pesanan di TikTok Shop dapat mengikuti langkah berikut untuk membatalkan pesanan:

  • Akses aplikasi TikTok.
  • Masuk ke menu "Profil".
  • Ketuk ikon tiga garis di sisi kanan.
  • Pilih menu "Orders" di menu "Settings and Privacy".
  • Pilih produk di tab "All".
  • Pilih "Cancel" di menu "Awaiting payment".
  • Selanjutnya, masukan alasan di kolom "Tell us why you canceled".
  • Klik "Submit".
  • Jika berhasil, akan muncul notifikasi pembatalan pesanan.

2. Saat Pesanan Sudah Dibayarkan

Jika pengguna sudah membayar pesanan dan hendak membatalkannya, pengguna wajib berkomunikasi dengan seller. Sebab, fitur khusus yang satu ini tidak disediakan, sehingga penjual yang bisa membatalkan pesanan di TikTok Shop. Seller harus mendapatkan konfirmasi ke pihak TikTok dengan alasan yang jelas.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...