Menilik Silsilah Tahta Kerajaan Inggris

Image title
9 September 2022, 13:51
silsilah tahta kerajaan inggris
ANTARA FOTO/REUTERS/Ranald Mackechnie
Ilustrasi, Ratu Elizabeth II bersama Pangeran Charles, Pangeran WilliamT dan Pangeran George (anak dari Pangeran William).

Silsilah tahta Kerajaan Inggris menjadi salah satu yang paling banyak dicari terutama setelah Ratu Elizabeth II wafat pada Jumat (9/9/2022). Selain itu hal ini salah satu kerajaan besar yang masih eksis hingga saat ini.

Kehidupan kerajaan Inggris masih memberikan perhatian publik, mulai dari penobatan, pernikahaan kerajaan pengumuman kelahiran, hingga beberapa skandal. Ditambah lagi di saat pandemi COVID-19 ini terdapat beberapa pemberitaan dari keluarga kerajaan Inggris yang membuat publik terkejut, seperti pasangan pangeran Harry dan Meghan Markle meninggalkan kehidupan kerajaan penuh waktu pada awal tahun 2020 hingga pemberitaan pangeran Philip meninggal dunia.

Advertisement

Kerajaan Inggris juga dikenal dengan peraturan ketat mengenai banyak hal. Peraturan ketat tersebut ada dalam berbagai bidang, seperti pakaian, hadiah, sampai tentang makanan. Bahkan penamaan anak baru lahir juga ikut serta dalam peraturan kerajaan.

Silsilah Tahta Kerajaan Inggris

Secara geopolitik Kerajaan Inggris merupakan penyatuan dari dua kerajaan, yaitu Inggris dan Skotlandia. Penyatuan tersebut sudah terjadi sejak 1 Mei tahun 1701. Sejak saat itu kerajaan Inggris memiliki raja dan ratu yang aktif muncul di publik untuk urusan kenegaraan.

Meskipun berbentuk monarki, kerajaan juga memiliki sejumlah tugas konstitusional termasuk menandatangani undang-undang, menunjuk perdana menteri dan memulai sesi parlemen, tetapi sebagian besar kekuasaan itu telah didelegasikan dari waktu ke waktu.

Saat ini Kerajaan Inggris dipimpin oleh Ratu Elizabeth II, yang telah memerintah Inggris sejak 1952 dan menjadi penguasa terlama dalam sejarah Inggris.

Sebelum Ratu Elizabeth didapuk menjadi pemimpin monarki Kerajaan Inggris, ada sejumlah pendahulunya yang secara turun temurun memimpin kerajaan. Berikut penjelasannya:

1. Ratu Anne

Silsilah tahta Kerajaan Inggris yang pertama dimulai dari Ratu Anne Stuart. Sejak 8 Maret tahun 1702, ia menjadi ratu Inggris, Skotlandia, dan Irlandia. Selanjutnya, Ratu Anne resmi menjadi ratu Inggris yang pertama pada 1 Mei tahun 1707 hingga 1 Agustus 1714.

Pada masa pemerintahannya, Anne mengistimewakan para politikus dari golongan Tory yang berhaluan moderat karena menganut pandangan-pandangan Kristen Anglikan yang sama dengannya.

Kehidupannya dilanjutkan dengan menikah dengan pangeran George dari Denmark dan tidak melanjutkan suksesi kerajaan pada marga Stuart sehingga kekuasaan berpindah ke marga Hanover.

Pada masa kepemimpinannya di Kerajaan Inggris, Ratu Anne hidup di masa monarki dan memberi jalan kepada otoritas parlementer, tetapi dia memegang kekuasaan, seperti menunjuk siapa yang pantas untuk membantunya di kerjaan.

2. Raja dan Ratu Dinasti Hanover

Berikutnya dalam silsilah tahta Kerajaan Inggris dipimpin dari Dinasti Hanover dari tahun 1714 hingga tahun 1910. Pada saat Raja Stuart terakhir Inggris, Ratu Anne meninggal dunia pada tahun 1714, mahkota Inggris disahkan berdasarkan undang-undang penyelesaian tahun 1701.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement