Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun

Happy Fajrian
9 September 2022, 07:12
ratu elizabeth, inggris, meninggal dunia
ANTARA FOTO/REUTERS/Steve Parsons
Ratu Elizabeth dari Inggris berpose setelah merekam ucapan Hari Natal di Kastil Windsor, Berkshire, Inggris, dalam foto tidak bertanggal yang disiarkan Selasa (24/12/2019).

Ratu Elizabeth II meninggal dunia di rumahnya di Skotlandia pada Kamis (8/9), pada usia 96 tahun. Ia pemimpin monarki Inggris terlama dalam sejarah yang memimpin hampir selama tujuh dasawarsa, setelah naik takhta pada 1953.

“Kematian ibuku tercinta, Yang Mulia Ratu, adalah momen kesedihan terbesar bagi saya dan semua anggota keluarga saya,” kata raja baru, putra sulung Ratu Elizabeth, Pangeran Charles, yang akan naik takhta menjadi raja Inggris yang baru, dikutip Reuters, Jumat (9/9).

“Kami sangat berduka atas meninggalnya seorang Penguasa yang disayangi dan seorang ibu yang sangat dicintai. Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri, Alam dan Persemakmuran, dan oleh banyak orang di seluruh dunia,” kata pria berusia 73 tahun itu dalam sebuah pernyataan.

Berita bahwa kesehatan ratu memburuk muncul tak lama setelah pada Kamis (8/9) siang waktu setempat ketika dokternya mengatakan bahwa Ratu Elizabeth berada di bawah pengawasan medis. Hal ini mendorong seluruh anggtoa keluarga kerajaan untuk bergegas ke Skotlandia untuk berada di sisinya.

Ribuan orang berkumpul di luar Istana Buckingham, di pusat kota London, dan suasana hening ketika bendera diturunkan menjadi setengah tiang. Kerumunan melonjak ke gerbang saat pemberitahuan yang mengumumkan kematian satu-satunya pemimpin monarki yang paling banyak dikenal orang Inggris ditempelkan di gerbang besi hitam.

Pejabat kerajaan mengatakan Raja Charles III dan istrinya Camilla, Permaisuri, akan tetap berada di Kastil Balmoral, tempat sang ratu meninggal, sebelum kembali ke London pada hari Jumat, ketika dia diharapkan untuk berpidato di depan bangsa dan bertemu dengan Perdana Menteri Liz Truss. Rincian pemakaman belum dikonfirmasi.

Setelah kematian Elizabeth, Charles secara otomatis menjadi raja Inggris dan kepala negara dari 14 kerajaan lain termasuk Australia, Kanada, dan Selandia Baru. Dia diperkirakan akan mengunjungi semua negara di Inggris Raya dalam beberapa hari mendatang.

Ratu Elizabeth telah menderita apa yang disebut Istana Buckingham sebagai “masalah mobilitas episodik” sejak akhir tahun lalu, memaksanya untuk menarik diri dari hampir semua acara publiknya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...