2 Cara Mengubah Umur di TikTok, Content Creator Wajib Tahu!

Image title
9 September 2022, 22:25
cara mengubah umur di TikTok
Pexels.com
Ilustrasi, logo media sosial TikTok.

Cara mengubah umur di TikTok banyak dicari oleh penggunanya untuk mengedit, atau mengubah informasi di profilnya. Hal ini dilakukan karena dia mungkin saja ingin menyesuaikannya.

Pada dasarnya, media sosial seperti TikTok bisa digunakan oleh hampir semua orang. Namun, di Indonesia terdapat batasan umur untuk mendapatkan akun TikTok.

Sebelum membahas cara mengubah umur di TikTok, simak terlebih dahulu penjelasan tentang berapa usia minimum seseorang untuk menggunakan TikTok berikut ini.

Berapa Batasan Umur Memiliki Akun TikTok?

Mengutip penjelasan di situs resmi Kominfo, beberapa tahun lalu TikTok sudah menaikan usia minimum penggunanya dari semula 12 tahun menjadi 13 tahun. 

Kebijakan itu dilakukan untuk membatasi remaja di bawah usia 13 tahun, mengakses atau menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh ByteDance tersebut.

Sementara itu mengacu pada Panduan Komunitas di TikTok, saat ini aturan mengenai umur minimum penggunanya adalah 13 tahun. Apabila ada pengguna di bawah usia tersebut, kemudian mencoba membuat akun di TikTok maka secara otomatis akun itu akan dihapus.

Pengetatan pada aturan batasan umur di TikTok memang menjadi perhatian serius dari beberapa kalangan. Apalagi, sebelum tenar seperti sekarang aplikasi TikTok sempat dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

Atas dasar itu, para pengguna TikTok harus memenuhi persyaratan usia minimum untuk menggunakan aplikasi berbagi video pendek tersebut. Jika tidak, maka saat pemilik akun di bawah umur teridentifikasi, sistem di TikTok akan menghapus akun tersebut.

Pihak TikTok sepertinya sangat berkomitmen mengutamakan keamanan anak di bawah umur. Untuk itu, terdapat beberapa fitur di TikTok yang dibatasi usia. 

Hal tersebut bisa dilihat pada beberapa aturan terbaru yang ada di TikTok. Misalnya, bagi pengguna yang masih berusia di bawah 16 tahun, dia tidak dapat menggunakan fitur pengolahan pesan langsung atau mengadakan siaran langsung.

Selain itu, kontennya tidak akan bisa diunggah karena tidak memenuhi syarat untuk tampil di deretan konten rekomendasi di TikTok.

Kemudian ada juga batasan usia yang bisa menghalangi pengguna untuk mengirimkan atau menerima hadiah melalui fitur pemberian hadiah virtual di TikTok. Aturan ini berlaku bagi pemilik akun yang berusia di bawah 18 tahun.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...