Memahami Cara Mengaktifkan TikTok Shop dan Panduan Penjualan Produk

TikTok Shop digunakan sebagai platform jual-beli. Sebelum berjualan, penjual dapat mengikuti cara mengaktifkan TikTok Shop dan panduan penjualan produk berikut ini.
Image title
9 Agustus 2022, 09:40
cara mengaktifkan TikTok Shop
TIKTOK
Ilustrasi, cara mengaktifkan TikTok Shop

TikTok Shop adalah platform belanja yang memungkinkan pengguna TikTok berjualan dengan memamerkan dan menjual produk langsung di TikTok melalui video in-feed, live, dan tab showcase produk.

Pada September 2021, TikTok resmi merilis TikTok Shop dalam acara TikTok World. Sebulan setelah rilis, penjualan di TikTok Shop Indonesia berhasil meningkat hingga 354 persen saat program Shopping 10.10 dari 4 hingga 10 Oktober 2021 dibandingkan dengan pekan sebelumnya, menurut laporan Bisnis.com.

Berjualan di TikTok Shop dapat menjadi peluang untuk menghasilkan uang dari rumah dengan mudah. Sebelum berjualan, pastikan untuk mengaktifkan TikTok Shop dengan panduan berikut.

Cara Mengaktifkan TikTok Shop

Cara mengaktifkan TikTok Shop dilakukan sebagai berikut:

Advertisement
  1. Kunjungi situs Seller-id.tiktok.com.
  2. Lakukan registrasi menggunakan akun TikTok.
  3. Jika tidak memiliki akun, daftar menggunakan nomor telepon atau email.
  4. Setelah berhasil, Anda akan diarahkan ke laman TikTok Shop Seller Center.
  5. Klik "My Account" > "Seller Profile".
  6. Klik tab "Seller Information".
  7. Isi data berupa logo toko, jenis penjual, jenis bisnis, dan nama toko.
  8. Klik tab "Business Information", unggah NPWP, NIB, dan KTP.
  9. Klik tab “Brands”, isi otorisasi merek dagang.
  10. Klik tab “Warehouse Address”. Isi alamat untuk pengiriman dan pengambilan barang. Informasi alamat harus mencakup negara, provinsi, kabupaten, dan alamat geografis lengkap.
  11. Klik tab “Payments”. Isi informasi bank yang akan digunakan untuk transaksi.
  12. Setelah menyerahkan dokumen yang diperlukan, TikTok Shop akan meninjau kelengkapan dan keabsahan. Penjual selanjutnya akan menerima pemberitahuan verifikasi akun jika aplikasi mereka telah disetujui atau ditolak.

Cara Mengunggah Produk di TikTok Shop

Setelah mengaktifkan TikTok Shop, penjual dapat mengunggah produk dan menampilkannya di laman TikTok Shop. Semua produk harus memenuhi undang-undang, standar teknis, dan peraturan yang relevan. TikTok dapat melakukan audit acak untuk mengidentifikasi produk yang tidak sesuai pedoman.

Berikut cara mengunggah produk di TikTok Shop.

  1. Buka "Seller Center" dan pilih "Add First Product".
  2. Cantumkan nama produk yang akurat.
  3. Pilih kategori produk yang sesuai.
  4. Cantumkan deskripsi produk, informasi, dan garansi.
  5. Untuk mengunggah beberapa produk sekaligus, gunakan opsi “Batch Tools”.
  6. Unggah foto dan video produk. Ukuran foto minimal 800x800 dengan latar belakang putih.

Proses Pengiriman Barang TikTok Shop

Proses pengiriman barang dimulai ketika pembeli memesan. Penjual dapat memilih mitra logistik sendiri atau memilih layanan logistik TikTok Shop (hanya berlaku di pasar tertentu). Berikut proses pengiriman barang TikTok Shop sesuai panduan dari TikTok Shop Academy.

1. Mengonfirmasi Pesanan 

Setelah pembeli memesan barang, penjual harus cek pesanan dan memastikan produknya masih ada serta dapat dijual dan dikirimkan ke pembeli. Jika penjual tidak dapat mengonfirmasi pesanan, mereka harus mengikuti Panduan Pembatalan, Pengembalian, dan Pengembalian Dana Pelanggan TikTok Shop untuk membatalkan pesanan. 

2. Mengemas Produk

Penjual harus mematuhi semua hukum, aturan, regulasi, tata cara, dan arahan yang berlaku mengenai pengemasan produk. Penjual juga harus mematuhi kewajiban tambahan apa pun yang diminta oleh undang-undang yang relevan atau kurir, menggunakan kemasan tepat bagi produk khusus. 

Adapun kriteria kemasan produk dijelaskan sebagai berikut:

  • Memilih ukuran dan jenis paket yang tepat untuk produk mereka. 
  • Hanya boleh mengirimkan produk yang diizinkan oleh kurir. 
  • Memeriksa syarat, ketentuan, dan kebijakan terbaru dari kurir untuk mengonfirmasi produk dapat dikirim. 
  • Tidak boleh melampirkan pesan apa pun yang meminta ulasan positif dari pengguna. 
  • Tidak boleh melampirkan pesan apa pun tentang manfaat lain atau informasi yang tidak pantas. 
  • Tidak boleh melampirkan materi promosi yang tidak sah, seperti pamflet, display materials, label harga, stiker, atau materi lain yang tidak relevan. 
  • Ada persyaratan pengemasan khusus seperti cairan dan barang tajam (peralatan makan, pecah belah, rapuh, mudah rusak, tekstil, bahan berbahaya, baterai, dll.), penjual harus mengikuti instruksi penyedia layanan logistik. 
  • Tidak boleh mengemas produk apa pun yang tidak dipesan pengguna. 
  • Jika ada produk memerlukan penanganan khusus, penjual perlu memberitahu kurir sebelum pengiriman. 

Beberapa produk memerlukan kemasan karton. Saat menggunakan karton, penjual harus memenuhi semua persyaratan di bawah ini. 

  • Karton dan bahan pengemas seperti dunnage atau void fill, harus melindungi produk secara menyeluruh.
  • Pilih ukuran karton yang sesuai.
  • Pastikan karton diikat dan disegel, khususnya produk kecil dan ringan untuk menghindari kehilangan/kerusakan dalam perjalanan. 
  • Karton tidak boleh dibundel oleh karung, elastis, pita, atau strap tambahan. 
  • Hindari penggunaan pin stapel besar atau selotip berbasis serat nilon karena dapat membahayakan keselamatan rekanan penanganan logistik. 

Jika pengguna mengajukan komplain karena kerusakan produk atau paket yang rusak, penjual dapat mengikuti panduan berikut.

  • Jika penjual menggunakan mode pengiriman sendiri, penjual bertanggung jawab atas masalah tersebut. 
  • Jika penjual menggunakan mode pengiriman oleh TikTok, maka TikTok Shop akan menyelidiki, dan bertanggung jawab.
  • Jika kerusakan paket akibat kelalaian penjual karena tidak memberikan kemasan asli yang aman, kurir tidak akan bertanggung jawab. 
  • Jika penjual dan pengguna tidak dapat mengatasi masalah sendiri, TikTok Shop akan bertindak sebagai pihak ketiga dalam menyelesaikan perselisihan.

3. Melabeli Paket

Semua produk harus memiliki label pengiriman dengan aman dan termasuk informasi berikut: 

  • Nama pembeli dan alamat pos lengkap (termasuk kode pos).
  • Nomor pesanan pembeli.
  • Nama dan alamat lengkap penjual. 

Saat menyiapkan label, semua penjual harus memenuhi persyaratan berikut: 

  • Label pengiriman tidak boleh mencantumkan hyperlink, kode QR, informasi kontak dari platform lain, atau informasi yang tidak relevan dengan pesanan. 
  • Setiap karton harus memiliki label yang benar. Jika pemiliknya tidak diketahui, kurir dapat membuang atau melikuidasi produk yang salah label. Mereka juga dapat memberi label baru kepada produk, biaya ditanggung oleh vendor. 
  • Tempelkan kode batang yang disediakan oleh kurir pada karton dengan kuat. 
  • Pembeli harus memastikan informasi pengiriman yang diisikan dalam pesanan sudah akurat dan lengkap. Jika ada masalah pengiriman yang ditimbulkan karena kesalahan informasi dan pembeli, penjual tidak akan menanggung konsekuensi.

4. Penyerahan Paket ke Kurir

Untuk metode pengiriman mandiri oleh penjual, persyaratannya sebagai berikut:

  • Lengkapi semua pengemasan dan hubungi kurir untuk mengambil paket. 
  • Setelah paket diambil, penjual harus memperbarui status pesanan, memasukkan ID tracking pengiriman yang valid, dan mencantumkan nama kurir.

Untuk metode pengiriman oleh TikTok Shop, persyaratannya sebagai berikut:

  • Selesaikan semua pengemasan dan perbarui status pesanan di Seller Center dalam waktu 72 jam setelah memesan. 
  • Kurir akan mendapatkan notifikasi dan mengambil paket seller dalam waktu 48 jam. 
  • Setelah pengiriman paket, kurir akan memperbarui status pesanan di sistem. 
  • Jika ada keterlambatan di pihak kurir, penjual dapat mengajukan komplain.

Saat menyerahkan paket kepada kurir, penjual bertanggung jawab untuk memastikan produk dan kemasannya utuh dan aman sebelum dikirimkan. TikTok Shop menyarankan agar penjual mengambil foto paket untuk tujuan pencatatan jika terjadi perselisihan di masa mendatang. 

5. Memeriksa Status Pengiriman 

Kurir menangani semua pengiriman dari pengiriman paket hingga konfirmasi pengiriman. Penjual dapat memantau semua proses pengiriman serta status terbaru paket yang telah dikirim. Status pesanan akan diperbarui menjadi “Telah Dikirim” setelah kurir memperbarui status paket.

6. Pembatalan Otomatis Pesanan 

Fungsi pembatalan otomatis platform TikTok Shop berfungsi untuk secara otomatis membatalkan pesanan dan mengembalikan dana pembeli jika penjual terlambat menyerahkan pesanan mereka.

Untuk pengiriman mandiri oleh penjual, semua pesanan harus dikirimkan dalam waktu 120 jam. Sedangkan pengiriman oleh TikTok Shop harus siap dikirim dalam waktu 72 jam. Mitra logistik harus mengambil barang dalam waktu 48 jam dan semua pesanan harus dikirimkan dalam waktu 120 jam.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait