Cara Menulis Pengalaman Kerja di CV Agar Terlihat Profesional

Ghina Aulia
12 September 2022, 12:23
cara menulis pengalaman kerja di CV
pexels/cottonbro
Ilustrasi, rekruter berdiskusi mengenai CV pelamar kerja.

Seperti diketahui, keberadaan curriculum vitae atau CV tergolong krusial. Salah satu poin penting dalam CV, adalah pengalaman kerja. Oleh karena itu, cara menulis pengalaman kerja di CV perlu diketahui, agar peluang untuk dilirik oleh rekruter semakin besar.

Pengalaman atau riwayat kerja, menjadi komponen yang paling penting dalam CV. Karena, pada bagian ini rekruter dapat menilai seperti apa tugas dan tanggung jawab yang pernah diemban oleh pelamar kerja.

Pengalaman kerja juga menjadi bagian yang disorot oleh rekruter, untuk melihat kompetensi pelamar kerja. Jadi, sebuah CV yang dibuat tidak hanya menonjolkan desain visual saja, melainkan juga menunjukkan profesionalitas.

Selain itu, CV juga harus menunjukkan bahwa pelamar kerja memang serius dan memiliki minat yang besar terhadap pekerjaan yang dilamar.

Sejatinya, cara menulis pengalaman kerja di CV tidak sulit. Secara umum, ada lima langkah yang bisa diikuti untuk menuliskan riwayat pekerjaan ini, yakni sebagai berikut:

1. Urutkan dari yang Terbaru

Pengalaman kerja wajib ditulis secara berurutan dari yang terbaru, hingga terlama. Tujuannya adalah, untuk memudahkan rekruter melakukan peninjauan maupun ketika wawancara. Dengan demikian, pertanyaan yang dilontarkan juga masih sangat teringat dan dapat dijawab dengan baik.

2. Jelaskan Tanggung Jawab dan Tugas

Tepat di bawah baris pengalaman kerja, beserta perusahaan atau instansinya, jelaskan apa saja yang menjadi tanggung jawab dan yang Anda kerjakan selama bekerja di tempat tersebut. Hal ini bertujuan untuk memperjelas seberapa ahli dan profesional Anda.

3. Sertakan Masa Kerja

Menjadi hal yang tak boleh disepelekan, masa kerja harus dimuat. Tujuannya untuk memudahkan rekruter dalam menilai kompetensi dari lamanya Anda bekerja.

4. Tuliskan Capaian

Mirip seperti poin kedua, capaian juga lebih baik apabila ikut dicantumkan. Hal ini kurang lebih seperti prestasi. Dengan capaian, rekruter dapat menilai apakah Anda merupakan pekerja dan dapat berorientasi pada target atau tidak.

5. Utamakan yang Relevan

Dalam mencantumkan pengalaman kerja, selain diurutkan dari yang terbaru, sebaiknya diutamakan yang relevan. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan profesionalitas dan menunjukkan kompetensi Anda pada bidang pekerjaan yang dilamar.

Nah, setelah melihat penjelasan cara menulis pengalaman kerja di CV, apakah Anda sudah menuliskan pengalaman kerja dengan benar?

Apabila belum, sebaiknya segera diperbaiki agar rekruter dapat meninjau CV dengan mudah. Dengan demikian, panggilan pekerjaan lebih mungkin untuk didapatkan.

Tips Menulis Pengalaman Kerja di CV

Selain lima poin terkait cara menulis pengalaman kerja di CV yang telah disebutkan di atas, ada beberapa tips yang bisa dimanfaatkan oleh Anda, selaku pelamar kerja.

Tips yang dimaksud, berhubungan erat dengan penulisan pengalaman kerja di CV, yakni terkait tips menuliskannya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...