Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah, Bisa untuk Daftar Magang

Ghina Aulia
12 September 2022, 12:59
contoh CV mahasiswa yang masih kuliah
Shutterstock
Ilustrasi, seorang rekruter mewancarai pelamar kerja secara online.

Contoh CV mahasiswa yang masih kuliah menjadi salah satu informasi yang banyak dicari. Ini karena banyak mahasiswa yang berkeinginan untuk mendapatkan pengalaman kerja atau memperkaya pengalaman berorganisasi, sebelum waktu wisuda tiba.

Kegiatan yang diambil mahasiswa untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja ada bermacam-macam. Misalnya, mengikuti program magang, terlibat dalam penelitian, masuk ke organisasi dan gerakan mahasiswa.

Hampir semua hal tersebut memerlukan data diri mahasiswa secara lengkap ketika mendaftar. Selain untuk administrasi, ternyata juga untuk bahan pertimbangan dalam proses seleksi.

Berikut ini, adalah cara membuat dan contoh CV mahasiswa yang masih kuliah. Fungsinya bisa untuk mendaftar magang, organisasi, penelitian dan hal lainnya.

1. Buat Format CV Seperti Biasa

Format atau ketentuan poin yang termuat di dalam CV sudah tersebar luas di internet. Apa pun jenisnya, umumnya memiliki isi yang sama.

Hal tersebut meliputi ringkasan, data diri, informasi penting (kontak), pengalaman-pengalaman dan beberapa hal lain.

2. Cantumkan Prestasi

Ketika CV yang dibuat oleh seorang profesional mencantumkan pengalaman kerja, Anda yang berstatus mahasiswa dapat menggantikannya dengan capaian prestasi.

Jangan lupa cantumkan tahun dan deskripsi singkatnya. Selain itu, juga sebaiknya dicantumkan tingakatan atau taraf kompetisinya.

3. Tonjolkan Pengalaman Akademik

Sejatinya CV adalah dokumen yang memuat data diri dan sepak terjang yang lebih berfokus pada akademik. Merupakan hal yang penting untuk memuat data yang berkatian dengan hal tersebut.

Contohnya seperti ikut serta dalam penelitian, pengabdian, konferensi dan penulisan buku.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement