Tertarik Bekerja Freelance? Persiapkan Dulu 4 Hal Ini!

Destiara Anggita Putri
14 September 2022, 10:37
freelance
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/pras.
Ilustrasi, fotografer memotret model yang mengenakan produk batik etnik berpewarna alami di rumah produksi Batik Hamparan Rintik, Malang, Jawa Timur, Senin (27/7/2020).

Beberapa tahun belakangan ini, sistem freelance menarik minat banyak orang, khususnya kaum anak muda. Hal ini dikarenakan sistem ini memiliki banyak kelebihan seperti jam kerja yang fleksibel, kebebasan memilih pekerjaan, serta dapat bekerja dari mana saja.

Pekerjaan freelance sendiri pun ada bermacam-macam mulai dari penulis, editor, fotografer, desain grafis, dan banyak lagi.

Terlepas dari segala kelebihannya, menjalani profesi sebagai seorang freelancer tentu tidak mudah. Diperlukan motivasi, kesabaran, serta komitmen yang kuat untuk bisa menjadi seorang freelancer yang sukses.

Jika kamu tertarik menjadi bekerja dalam sistem freelance, berikut 4 hal yang perlu dipersiapkan. 

1. Disiplin Mengatur Waktu

Salah satu alasan kenapa banyak orang tertarik bekerja freelance adalah jam kerjanya yang fleksibel. Anda  bebas memilih jam kerja yang sesuai preferensi, entah itu pagi, siang, atau malam hari. Selain itu, Anda  juga bisa bekerja dari mana saja seperti dari rumah, kafe,atau co-working space.

Walaupun demikian, hal ini justru menjadi tantangan, karena tidak adanya jam kerja yang pasti. Di tengah proses menyelesaikan pekerjaan, bisa saja Anda  tergoda untuk mengerjakan hal lain seperti menonton film yang membuat pekerjaan Anda tidak selesai. Oleh karena itu, Anda  harus disiplin mengatur waktu agar bisa menyelesaikan semua pekerjaan dengan tenggat yang sudah ditentukan.

Tidak hanya itu, bersikap disiplin juga bisa meningkatkan value Anda  di mata klien. Mereka akan memandang Anda sebagai seorang freelancer yang bertanggung jawab serta bisa diandalkan. Mereka pun tidak akan ragu lagi untuk memberi Anda  lebih banyak projek ke depan nya. Semakin banyak proyek yang Anda kerjakan, pendapatan Anda tentu juga akan meningkat.

2. Mampu Mengatur Keuangan dengan Baik

Ini merupakan hal yang tak kalah penting untuk dipersiapkan Tidak seperti pekerja kantoran yang mendapatkan gaji setiap bulannya, seseorang yang bekerja freelance biasanya memiliki penghasilan yang tidak menentu. Semua tergantung dari berapa banyak proyek yang dikerjakan. Semakin banyak proyek maka semakin banyak uang yang akan Anda  dapatkan.

Walaupun demikian, ada kalanya Anda  tidak memiliki banyak proyek sehingga Anda harus bisa mengatur keuangan dengan baik agar cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda. Anda  juga perlu membuat skala prioritas untuk membantu Anda memilih mana hal yang benar-benar Anda  butuhkan atau hal yang hanya menjadi keinginan Anda  sesaat. Dengan demikian, Anda  tidak akan tergoda untuk boros dan mulai menabung uang untuk kebutuhan Anda  kelak.

Hal lain yang tak kalah penting adalah menyiapkan dana darurat. Tidak seperti pekerja kantoran yang bisanya mendapatkan tunjangan kesehatan, freelancer adalah sebuah profesi yang penuh ketidakpastian sehingga memiliki dan darurat akan sangat berguna bila Anda  memiliki keperluan yang mendesak.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement