Butuh Pendidikan Khusus, Segini Gaji Masinis Kereta Api

Ghina Aulia
15 September 2022, 16:37
gaji masinis kereta api, masinis kereta api, masinis, kereta api
KAI
Ilustrasi, masinis kereta api

Gaji masinis kereta api boleh jadi dikatakan sebagai informasi yang tidak biasa dilihat masyarakat kebanyakan. Namun jangan salah, ternyata informasi ini termasuk cukup banyak dicari oleh pencari kerja.

Ini karena profesi ini termasuk profesi yang menawarkan gaji yang tinggi di Indonesia. Besaran gaji ini, tentunya setara dengan tanggung jawab yang dipikul. Bagaimana tidak, seorang masinis dibebani tanggung jawab mengoperasikan sebuah lokomotif yang memiliki berat sekitar 110 ton, dan menarik beban gerbong berisikan manusia maupun barang.

Karena itulah gaji masinis kereta api tergolong tinggi dan bersaing dengan profesi-profesi yang lain. Dengan gaji yang tinggi tersebut, tak mengherankan apabila banyak pencari kerja, atau orang yang baru lulus Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) ingin masuk dalam program pendidikan masinis.

Di Indonesia, posisi masinis ini pastinya hanya bisa didapatkan jika seseorang masuk dalam jajaran pegawai PT Kereta Api Indonesia (KAI), yang merupakan satu-satunya operator kereta api Indonesia. Ini termasuk PT Kereta Commuter Indonesia, yang mengoperasikan kereta dalam kota.

Besaran Nominal Gaji Masinis Kereta Api

Dalam laman resmi KAI, masinis merupakan profesi yang bertugas mengoperasikan dan memimpin kereta api selama dalam perjalanan. Masinis sendiri berasal dari bahasa Belanda "machinist", yang diartikan sebagai juru mesin. Ini karena pada awalnya, yang menjalankan kereta api adalah juru mesin.

Bicara soal gaji, KAI sendiri sebenarnya tidak membocorkan seberapa besar gaji yang didapatkan oleh seorang masinis. Namun, dari beberapa sumber yang dikumpulkan, diketahui kisaran gaji masinis kereta api berkisar antara Rp 8 juta hingga Rp 10 juta per bulan.

Besaran ini tentu baru gaji pokok saja, di mana nominal pastinya akan sangat bergantung pada bergantung pada jenjang pendidikan, serta pengalaman yang dimiliki. Selain itu, KAI sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga memberikan tunjangan.

Mengutip idxchannel.com, selain gaji pokok, masinis juga berhak atas tunjangan istri dan sebesar 10% dari gaji pokok, maksimal tiga anak. Tak hanya itu, komponen gaji masinis kereta api juga  memperhitungkan adanya tunjangan jabatan sebesar Rp 200.000-Rp 600.000.

Khusus untuk tunjangan jabatan ini, sepenuhnya bergantung pada jenjang pendidikan dan masa kerja. Selain itu, ada juga tunjangan perjalanan dinas sebesar Rp 375.000. Ini ditambah dengan beberapa fasilitas untuk menunjang pekerjaan, seperti mess. Plus KAI selaku BUMN pastinya menyertakan masinis dalam program BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Jika melihat besaran nominal gaji masinis kereta api ini, tidak mengherankan jika profesi ini menjadi salah satu incaran banyak orang. Namun, berbeda dengan profesi lain, menjadi seorang masinis tidak bisa dilamar oleh sembarang orang, karena harus menempuh pendidikan khusus.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...