Mengintip Kisaran Gaji Kurir J&T Express Beserta Tunjangannya

Annisa Fianni Sisma
16 September 2022, 15:06
gaji kurir J&T Express
J&T Express
Ilustrasi, armada J&T Express

Besaran gaji J&T Express bisa menjadi informasi yang menarik untuk disimak. Pasalnya, J&T Express merupakan salah satu perusahaan rintisan (startup) jasa pengiriman Indonesia yang berkembang pesat.

Berdiri sejak 2015, J&T Express telah mampu berekspansi hingga ke Filipina, Thailand, Singapura, Malaysia, Vietnam, Indonesia, dan Kamboja. Perusahaan ini bahkan termasuk dalam salah satu startup Indonesia yang menarik perhatian investor. Ini terlihat dari pendanaan yang diterima J&T pada 2021, yang tercatat sebesar US$ 2,5 miliar.

Sebagai perusahaan jasa pengiriman, sudah tentu salah satu ujung tombak J&T Express adalah kurir. Oleh karena itu, tak heran apabila perusahaan ini memberikan gaji yang cukup bersaing. Memang, jika dibandingkan dengan perusahaan sejenis, gaji kurir J&T terbilang lebih kecil. Namun, J&T Express memberikan beragam tunjangan dan insentif untuk menunjang kinerja.

Berikut ini, adalah ulasan mengenai besaran gaji yang diterima oleh kurir J&T Express, beserta tunjangan dan insentif yang diberikan, dilansir dari tipkerja.com.

Gaji Kurir J&T Express

Mengutip tipkerja.com, dari beberapa review yang didapat dari pekerja J&T, besaran gaji kurir di perusahaan ini setiap bulannya berada di kisaran Rp 2.000.000-an. Namun, ada pula yang menyebut nominal gaji pokok yang diterima adalah sebesar Rp 2.361.436 per bulan.

Sementara, mengutip idxchannel.com, disebutkan bahwa kurir J&T menerima gaji rata-rata sebesar upah minimum regional (UMR) masing-masing. Gaji kurir J&T ini, diperkirakan mencapai Rp2.500.000 per bulannya.

Patut diingat, nominal yang telah disebutkan terkait gaji kurir J&T ini, adalah gaji pokok yang ditulis oleh beberapa review dari pekerja. Besaran ini, juga tidak mewakili besaran upah minimum UMR atau upah minimum kabupaten/kota (UMK) di beberapa daerah di Indonesia.

Gaji kurir J&T Express juga ditambah dengan bonus paket yang berhasil sampai yakni Rp 1.000 per paket. Sehingga, jika seorang kurir dapat mengirimkan 60 paket per hari maka bonus yang diterima bisa mencapai Rp 60.000 per hari. Ini tentu akan menambah gaji atau upah yang diterima oleh kurir.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...