Mengintip Besaran Gaji Kurir Shopee Express

Annisa Fianni Sisma
15 September 2022, 10:09
gaji kurir shopee
shopee.co.th
Ilustrasi, kurir shopee mengirimkan barang kepada pelanggan.

Shopee merupakan platform belanja online yang identik dengan warna orange-nya. Tak hanya memberikan layanan belanja online, Shopee juga menyediakan kurir untuk mengirim barang kepada pelanggan, yakni Shopee Express. Berkaitan dengan hal tersebut, tentu menarik jika membahas nominal gaji kurir Shopee.

Sebagai informasi, Shopee Express adalah salah satu jasa kirim yang resmi di bawah naungan Shopee. Proses pengiriman barang yang dipesan pembeli akan secara langsung ditangani oleh tim resmi dari Shopee. Jadi, barang yang pesanan konsumen secara otomatis akan di-packing, diberi alamat, dan dikirim oleh tim Shopee menggunakan bungkus yang seragam.

Advertisement

Gaji kurir Shopee Express secara umum pengaturannya sama dengan profesi lain, yakni mengikuti aturan upah minimum di masing-masing daerah.

Namun bisa dikatakan gaji atau upah yang diterima oleh kurir Shopee Express tergolong tinggi untuk profesi kurir, karena kisarannya di atas rata-rata upah minimum regional (UMR). Selain itu, kurir Shopee Express juga menerima insentif dalam pekerjaannya, serta adanya komisi.

Nah, berikut ini adalah ulasan singkat mengenai gaji kurir Shopee Express, beserta ketentuan terkait tunjangan serta komisi yang didapatkan.

Gaji Kurir Shopee Express

Mengutip dari tipkerja.com, rata-rata perolehan gaji kurir Shopee Express berada di rentang Rp 3.700.000 hingga Rp 4.000.000. Besaran yang diterima ini, akan sangat tergantung dari kebijakan upah minimum yang ditetapkan masing-masing daerah.

Rentang gaji yang telah disebutkan di atas, merupakan gaji pokok yang diterima oleh kurir Shopee Express. Dalam menunjang kinerja, Shopee juga memberlakukan sistem insentif.

Dari informasi yang dihimpun, besaran gaji kurir Shopee Express tergantung juga pada jumlah paket yang dikirim oleh kurir Shopee Xpress. Setiap keberhasilan pengantaran paket, kurir Shopee Express bertambah Rp 2.213. Misalnya, jika dalam sehari seorang kurir Shopee Express mampu mengirim 30 paket, maka ia akan mendapat tambahan penghasilan sebesar Rp 66.390.

Berdasarkan kalkulasi tersebut, maka jumlah penghasilan yang bisa diterima oleh kurir Shopee Express tergolong tinggi. Sebab, jika dalam 22 hari kerja seorang kurir secara konsisten mampuy mengantar 30 paket per hari, maka total insentif yang didapatkan bisa mencapai Rp 5.160.580.

Jika besaran tersebut ditambahkan dengan gaji pokok yang telah diterima, maka bisa dikatakan total gaji kurir Shopee Express dalam sebulan tergolong tinggi. Apabila kurir tersebut menerima gaji pokok sebesar Rp 3.500.000 misalnya, maka dengan adanya insentif, total pendapatan yang diterima bisa mencapai Rp 4.960.580.

Besaran upah yang didapatkan ini bisa lebih tinggi lagi, seiring dengan semakin banyaknya paket yang diantar oleh kurir tersebut. Tak heran, banyak pemberitaan yang menyebut dalam sebulan kurir Shopee Express bisa mengantongi pendapatan hingga Rp 6 juta.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement