Menengok Keindahan Air Terjun Kembar Tiga di Kawasan Ijen Banyuwangi

Air Terjun Kembar Tiga menjadi salah satu destinasi wisata alam yang berada di Banyuwangi. Air terjun kembar ini berada di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi
Image title
Oleh Tifani
22 September 2022, 14:22
Air Terjun Kembar
Unsplash/Agto Nugroho
ilustrasi, Air Terjun Kembar.

Air Terjun Kembar Tiga menjadi salah satu destinasi wisata alam yang berada di Banyuwangi. Air terjun kembar ini berada di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Air terjun kembar yang berada di kawasan Ijen ini kerap disebut sebagai air terjun Jagir. Meski jika dilihat sekilas air terjun ini seperti curug pada umumnya. Namun, ada keunikan tersendiri yang dimiliki oleh air terjun di Banyuwangi ini.

Keunikan air terjun kembar terlihat terbaginya aliran air menjadi tiga bagian, meski berasal dari sumber mata air yang sama. Air terjun pertama tepat di bawah badan jalan dengan ketinggian 10 meter (m) yang disebut Air Terjun Kembar.

Air terjun kedua, letaknya di belakang rumah warga yang disebut Air Terjun Bersaudara. Air terjun ketiga, terletak agak masuk ke dalam dengan menyusuri jalan berbatu dan mengikuti aliran air.

Advertisement

Pesona Kekayaan Alam Air Terjun Kembar

Air Terjun Jagir alias Air Terjun Kembar ini punya pemandangan yang asri. Suasana sekitar air terjun kembar ini penuh dengan pepohonan hijau dan subur, sehingga memiliki hawa yang sejuk. Suara gemericik air terjun maupun air yang menghantam bebatuan dapat memberikan ketenagan bagi para wisatawan.

Belum lagi bunyi katak bersahutan menambah pengalaman berada di alam yang liar yang menyegarkan. Para wisatawan dapat berfoto dengan bebas berlatar air terjun yang indah. Airnya berasal dari sumber mata air bernama "Sumber Linu", yang berasal dari Gunung Ijen.

Di kawasan Gunung Ijen, juga ada destinasi yang terkenal, yakni Kawah Ijen yang mengandung Sulfur. Diyakini aliran air yang terdapat di area Air Terjun Kembar dapat mengobati berbagai penyakit.

Para wisatawan dapat menikmati kejernihan dan kesejukan airnya dengan bermain air di kolam alami Air Terjun Kembar Tiga tanpa rasa khawatir. Sebab, kedalaman kolamnya tidak terlalu dalam hanya sekitar 1 meter saja.

Untuk sampai ke lokasi Air Terjun Kembar Tiga ini, para wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi. Lokasi Air Terjun Kembar Tiga tidak begitu jauh dari pusat kota Banyuwangi, hanya memakan waktu 30 menit.

Rute atau jalan menuju air terjun ini juga tidak sulit dijangkau, wisatawan dapat mengambil rute dari Simpang Lima Kota Banyuwangi ke Terminal Sesak Perot di Desa Bakung, Kecamatan Glagah.

Perjalanan dilanjutkan menuju Patung Barong di Desa Banjarsari, lalu melintasi Desa Kemiren hingga ke Desa Taman Suruh. Perjalanan masih terus melaju sambil menikmati hamparan kebun dan sawah, menuju Dusun Kampung Anyar.

Sesampainya di area parkiran, para wisatawan masih harus melalui jalan setapak yang menurun, berundak-undak, dan perlu berhati-hati karena licin. Jarak perjalanan turun bukit ini sekitar 100 meter.

Untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Kembar Tiga, wisatawan cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp 5.000 per orang. Destinasi wisata alam ini dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 16.30 WIB.

Di balik keindahan dan kesegaran Air Terjun Kembar Tiga, curug ini juga menyimpan beberapa cerita legenda yang dipercaya masyarakat Suku Osing yang bermukim tidak jauh.

Masyarakat sekitar percaya air terjun ini memiliki penjaga, sebab kerap digunakan para bidadari khayangan untuk. Para wisatawan yang datang ke air terjun ini harus menjaga perilaku agar tidak terkena bala.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait