Menengok Keindahan Air Terjun Kembar Tiga di Kawasan Ijen Banyuwangi

Tifani
Oleh Tifani
22 September 2022, 14:22
Air Terjun Kembar
Unsplash/Agto Nugroho
ilustrasi, Air Terjun Kembar.

Air Terjun Kembar Tiga menjadi salah satu destinasi wisata alam yang berada di Banyuwangi. Air terjun kembar ini berada di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Air terjun kembar yang berada di kawasan Ijen ini kerap disebut sebagai air terjun Jagir. Meski jika dilihat sekilas air terjun ini seperti curug pada umumnya. Namun, ada keunikan tersendiri yang dimiliki oleh air terjun di Banyuwangi ini.

Keunikan air terjun kembar terlihat terbaginya aliran air menjadi tiga bagian, meski berasal dari sumber mata air yang sama. Air terjun pertama tepat di bawah badan jalan dengan ketinggian 10 meter (m) yang disebut Air Terjun Kembar.

Air terjun kedua, letaknya di belakang rumah warga yang disebut Air Terjun Bersaudara. Air terjun ketiga, terletak agak masuk ke dalam dengan menyusuri jalan berbatu dan mengikuti aliran air.

Pesona Kekayaan Alam Air Terjun Kembar

Air Terjun Jagir alias Air Terjun Kembar ini punya pemandangan yang asri. Suasana sekitar air terjun kembar ini penuh dengan pepohonan hijau dan subur, sehingga memiliki hawa yang sejuk. Suara gemericik air terjun maupun air yang menghantam bebatuan dapat memberikan ketenagan bagi para wisatawan.

Belum lagi bunyi katak bersahutan menambah pengalaman berada di alam yang liar yang menyegarkan. Para wisatawan dapat berfoto dengan bebas berlatar air terjun yang indah. Airnya berasal dari sumber mata air bernama "Sumber Linu", yang berasal dari Gunung Ijen.

Di kawasan Gunung Ijen, juga ada destinasi yang terkenal, yakni Kawah Ijen yang mengandung Sulfur. Diyakini aliran air yang terdapat di area Air Terjun Kembar dapat mengobati berbagai penyakit.

Para wisatawan dapat menikmati kejernihan dan kesejukan airnya dengan bermain air di kolam alami Air Terjun Kembar Tiga tanpa rasa khawatir. Sebab, kedalaman kolamnya tidak terlalu dalam hanya sekitar 1 meter saja.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...