10 Cara Cek Ingredients Skincare Melalui Situs Web dan Aplikasi

Mengetahui kandungan dalam produk perawatan kulit bermanfaat agar produk berfungsi optimal serta menghindari efek samping. Simak berbagai cara cek ingredients skincare berikut ini.
Image title
3 Oktober 2022, 05:46
cara cek ingredients skincare
PExels/yaroslav-shuraev
Ilustrasi, seorang wanita menggunakan skincare.

Meningkatkan pengetahuan tentang bahan dalam produk perawatan atau ingredients skincare membantu konsumen untuk lebih selektif dalam memilih produk. Memeriksa ingredients skincare juga membantu untuk mengidentifikasi apakah kulit akan bereaksi negatif terhadap bahan kimia atau zat tertentu dalam produk skincare.

Selain itu, melakukan cek ingredients skincare membantu konsumen untuk mengenali bahan-bahan penyebab iritasi dengan membandingkan produk skincare yang lebih cocok. Pemilihan bahan-bahan dalam produk ini penting agar mendapatkan manfaat yang optimal. 

Dalam produk skincare dikenal istilah active ingredients. Bahan aktif ini digunakan dalam produk perawatan kulit untuk mengatasi berbagai masalah dan masalah kulit seperti kulit kering atau berminyak, kulit yang rentan terhadap eksim, atau membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Dengan mengetahui bahan aktif dalam produk skincare, konsumen bisa menuntaskan permasalah kulit sekaligus meminimalisir kemungkinan produk yang tidak cocok. Adapun cara cek ingredients skincare dilakukan melalui situs web dan aplikasi berikut.

Advertisement

1. INCIDecoder

Cara cek ingredients skincare yang pertama yaitu menggunakan INCIDecoder. INCI adalah singkatan dari International Nomenclature of Cosmetic Ingredients, yaitu daftar besar nama standar untuk bahan kosmetik.

Melalui situs Incidecoder.com, Anda dapat melihat berbagai kandungan dari produk skincare. Situs web ini menyediakan banyak produk untuk dianalisis kandungannya. Caranya, cukup ketik nama produk atau kandungan dalam kolom yang tersedia.

Setelah itu, INCIDecoder akan menampilkan kandungan beserta penjelasannya. Dengan demikian, konsumen dapat memilih produk sesuai kebutuhan dan kondisi kulit, sekaligus meminimalisir iritasi terhadap bahan tertentu.

2. Skincarisma

Skincarisma adalah situs web untuk cek ingredients skincare. Situs ini menyediakan informasi bahan yang dikuratori berdasarkan penelitian dan jurnal ilmiah kemudian menyajikannya secara mudah agar konsumen dapat melihat kandungan yang sesuai dengan kulit mereka.

Dengan Skincarisma, konsumen bisa memahami mendalam tentang efektivitas dan keamanan kesehatan dari formulasi bahan produk apa pun.

3. Cosmily

Cara cek ingredients skincare menggunakan situs Cosmily dilakukan dengan mengunjungi tautan Cosmily.com/ingredient-checker. Pada situs web tersebut, cukup salin ingredients yang ingin dicek kemudian klik tombol “Check Ingredients”. Setelah itu, akan tampil bahan-bahan dalam produk skincare.

4. CosDNA

CosDNA memiliki database lengkap, terutama produk kecantikan populer. Cara cek ingredients skincare dilakukan dengan mencari satu produk yang Anda inginkan, kemudian CosDNA akan menampilkan daftar bahannya.

CosDNA juga menilai setiap bahan sesuai fungsi, potensi iritasi, dan keamanannya. Nilainya tercantum dari nol hingga lima. Semakin rendah, semakin baik. Artinya, semakin kecil kemungkinan iritasi atau jerawat akan terjadi karena menggunakan produk itu.

Selain itu, CosDNA menampilkan indeks keamanan suatu produk dari angka satu hingga sembilan. Angka yang lebih rendah berarti bahan tersebut dianggap sebagai bahaya rendah.

5. Think Dirty

Aplikasi Think Dirty membantu Anda memahami seberapa bersih bahan-bahan yang terkandung dalam skincare. Ini sangat penting untuk memahami bahan-bahan karena alasan kesehatan dan keamanan.

Think Dirty berfokus secara eksklusif pada kandungan kimia dari produk yang bersangkutan. Cara cek ingredients skincare dilakukan dengan memindai kode batang produk dan Think Dirty akan memberi Anda info produk yang mudah dipahami, termasuk opsi alternatif yang tersedia.

6. CodeCheck

Aplikasi lain sebagai cara cek ingredients skincare yaitu CodeCheck. Aplikasi ini memindai kode batang dan menganalisis produk dengan cepat. CodeCheck juga memberikan transparansi mengenai bahan-bahan dalam produk kecantikan sehari-hari dan juga beberapa makanan.

Aplikasi CodeCheck menilai efek dari suatu bahan dalam skincare yang berpotensi menimbulkan dampak pada kesehatan serta memberikan informasi tentang bagaimana bahan dan kemasan produk mempengaruhi lingkungan.

7. Beautypedia

Beautypedia dibuat oleh pakar produk perawatan, Paula Begoun, pendiri merek Paula's Choice, Beautypedia adalah situs web yang menampilkan wawasan tentang bahan-bahan dalam produk perawatan dan kecantikan.

Cara cek ingredients skincare dilakukan dengan  mengunjungi situs Paulaschoice.com/beautypedia-ingredient-checker kemudian salin nama bahan yang terkandung dalam produk.

Situs web ini akan menampilkan hasil yang disusun oleh tim peneliti dari berbagai penelitian ilmiah untuk meninjau formulasi perawatan kulit dan makeup secara objektif. Selain itu, ada juga  Paula's Choice Ingredient Dictionary yang berguna jika Anda menginginkan ikhtisar tentang suatu bahan, apa fungsinya, dan mengetahui apakah produk berbahaya atau mengiritasi kulit.

8. SkinSafe

SkinSafe adalah aplikasi khusus pengguna iOS. Aplikasi ini berfungsi untuk mengevaluasi produk kecantikan. Aplikasi SkinSafe mengandung banyak data faktual dan komprehensif. Dengan demikian, Anda dapat menganalisis bahan yang tepat sesuai kondisi dan kebutuhan kulit. Aplikasi ini juga dapat membantu mencegah penggunaan bahan yang mengiritasi dan menimbulkan alergi.

9. EWG's Healthy Living

Cara cek ingredients skincare selanjutnya yaitu menggunakan aplikasi EWG's Healthy Living. Aplikasi ini memindai produk dan menampilkan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Terdapat lebih dari 74.000 produk yang tersedia dalam aplikasi EWG's Healthy Living.

Setelah memindai produk, sejumlah informasi akan ditampilkan. Informasi itu dikurasi oleh para ilmuwan dengan membandingkan bahan pada label produk dengan informasi di hampir 60 database toksisitas dan peraturan.

EWG memberikan skor rendah, sedang, atau tinggi terhadap beberapa aspek produk, seperti toksisitas produk, produk yang menyebabkan kanker, serta produk yang berdampak pada reproduksi.

10. CosmEthics

Dengan membaca kode batang produk skincare, aplikasi CosmEthics membantu konsumen membuat pilihan yang tepat. Setiap pemindaian produk akan menampilkan beberapa jenis peringatan pribadi, seperti peringatan alergen atau toksisitas.

Selain itu, aplikasi akan menampilkan opsi alternatif yang mungkin cocok untuk digunakan. Fitur menarik lainnya yaitu pengaturan preferensi terhadap produk. Jadi, pengguna dapat melakukan kustomisasi sesuai jenis dan kondisi kulit.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait