7 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

Annisa Fianni Sisma
3 Oktober 2022, 16:00
manfaat minyak kelapa untuk rambut
PEXEL
Ilustrasi, rambut rusak.

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat untuk manusia, salah satunya pada rambut. Minyak kelapa berasal dari biji buah kelapa yang mengandung asam linoleat, asam kaprat, asam oleat, dan lain sebagainya.

Minyak kelapa sudah sejak lama dipercaya mengatasi berbagai masalah rambut. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut manfaat minyak kelapa untuk rambut melansir dari Alo Dokter.

1. Mencegah dan Mengatasi Kutu Rambut

Kutu membuat kulit kepala terasa gatal dan tidak nyaman. Oleh karena itu, kutu harus segera dibasmi agar tidak menyebabkan infeksi.

Manfaat minyak kelapa untuk rambut yang pertama yakni mencegah kutu dan mengatasinya. Penderita kutu rambut cukup mencampur minyak kelapa dengan adas manis. Kedua bahan ini efektif mengobati kutu rambut.

2. Menyuburkan Rambut

Manfaat minyak kelapa untuk rambut yang kedua yakni membuat rambut subur dan lembab. Pasalnya, asam laurat dalam minyak kelapa ini mampu melembutkan rambut.

Gunakan minyak kelapa sebelu keramas dan diamkan selama beberapa menit setelah itu cuci rambut dengan shampoo dan bilas. Lakukan dengan rutin agar minyak kelapa terserap dengan baik.

3. Perbaiki Rambut Rusak

Minyak kelapa juga mampu memperbaiki rambut yang sudah terlanjur rusak. Asam Laurat di dalamnya mampu memperbaiki bagian rambut yang rusak dan mudah menyerap.

Lakukan perawatan rambut dengan minyak kelapa secara rutin. Kerusakan rambut pun teratasi dengan minyak kelapa.

4. Mendorong Pertumbuhan Rambut

Bagi orang yang ingin mempercepat pertumbuhan rambut, minyak kelapa dapat menjadi solusinya. Manfaat minyak kelapa untuk rambut berikutnya bekerja dengan cara melindungi rambut dari kerusakan sehingga rambut dapat tumbuh dengan sehat dan kuat.

Ketika rambut dalam keadaan sehat, maka rambut tidak akan cepat patah dan rontok. Rambut pun dapat tumbuh dengan kuat dan panjang.

5. Melindungi dari Kerusakan Akibat Alat Styling

Polusi, cuaca, panas, AC, dan sinar matahari dapat membuat rambut patah dan cepat rusak. Oleh karena itu, penggunaan minyak kelapa pun dibutuhkan.

Manfaat minyak kelapa untuk rambut selanjutnya yakni melindungi rambut dari kerusakan dan dapat digunakan sebelum memakai alat styling rambut. Rambut pun akan tahan dan sehat dengan perawatan menggunakan minyak kelapa.

6. Mencegah Kerontokan

Rambut rontok menjadi masalah yang terjadi karena rambut rusak, rapuh dan kerap patah. Manfaat minyak kelapa untuk rambut berikutnya adalah mencegah kerontokan dengan memperbaiki rambut agar sehat.

Setelah pemakaian minyak kelapa secara rutin, maka rambut akan tumbuh dengan subur dan sehat.

7. Atasi Ketombe

Manfaat minyak kelapa untuk rambut selanjutnya yakni mengatasi masalah ketombe. Ketombe sangat mengganggu dan menyebabkan rambut rontok. Kegiatan sehari-hari pun dapat terganggu dengan masalah rambut ini.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...