Sekam Adalah Kulit Padi, Ini Ciri-ciri dan Manfaatnya

Image title
3 Oktober 2022, 16:35
sekam adalah
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/foc.
Ilustrasi gambar sekam padi.

Padi atau Oryza sativa merupakan tanaman pangan terpenting di Indonesia. Sebab, beras yang dihasilkan oleh tanaman tersebut menjadi makanan pokok masyarakat. 

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik yang dikutip dari databoks, produksi padi di Indonesia pada 2021 mencapai 31,36 juta ton beras. Angka ini masih lebih lebih sedikit ketimbang tahun sebelumnya sebesar 31,5 juta ton.

Tidak hanya beras, bagian padi lainnya yang bisa dimanfaatkan salah satunya yakni sekam. Pada umumnya sekam sering digunakan sebagai media tanam, campuran pupuk, hingga bahan untuk membakar tanah liat (batu bata).

Sekam adalah kulit padi yang terlepas setelah proses penggilingan. Meskipun hanya bulir padinya yang diambil, sekam bisa dimanfaatkan untuk keperluan tertentu.

Guna memahami lebih jauh tentang cara pemanfaatan sekam, berikut ini Katadata.co.id telah merangkum ulasan menarik seputar sekam yang perlu diketahui. Selengkapnya simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Sekam

Secara harfiah sekam adalah bagian luar yang terdapat pada gabah padi. Setiap jenis dan varietasnya memiliki ciri yang berbeda.

Merujuk pada buku Zero Waste Agroindustry, sekam adalah kulit padi yang terdiri dari dua bentuk daun. Pertama berupa sekam kelopak dan kedua sekam mahkota.

Bentuk sekam adalah mahkota yang menyelimuti biji pada bagian dorsal sedangkan lainnya membungkus ventral. Keduanya bertemu dan menghimpit dengan kaitan tidak rapat.

Jika bagian itu digiling atau disentuh dengan tekanan tertentu, maka bagian itu akan mudah terlepas. Hal ini juga yang mendasari kenapa proses penggilingan gabah padi dapat dilakukan dengan mudah.

Biasanya biji di dalam sekam adalah bakal menyesuaikan dengan rupa kelopaknya. Sekam dibentuk oleh jaringan selulosa dan berserat. Selain itu di dalam sekam terdapat kadar silica cukup tinggi.

Kandungan silica pada sekam adalah terletak di bagian luar kerak bergerigi. Wujudnya berbentuk serabut yang keras serta berfungsi sebagai kultikula tebal dan rambut permukaan. 

Untuk tengah sekam adalah bagian yang paling rendah mengandung silica.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa sekam adalah bagian luar dari bulir padi. Bentuknya yang kering dan bersisik berfungsi untuk melindungi endospremium serta embrio beras. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...