Memahami Manfaat Putih Telur bagi Tubuh dan Efek Sampingnya

Image title
10 Oktober 2022, 18:58
manfaat putih telur bagi tubuh
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/hp.
Pedagang memilih telur ayam ras di Pasar Brayung, Mejobo, Kudus, Jawa Tengah, Kamis (21/4/2022).

Jumlah gizi kuning telur memang lebih banyak dari bagian lainnya, namun hal tersebut tidak menutup fakta bahwa manfaat putih telur bagi tubuh juga sangat beragam.

Putih telur pada dasarnya merupakan cairan bening dan kental yang mengelilingi kuning telur. Bagian ini bertindak sebagai pelindung untuk inti telur agar terhindar dari bakteri berbahaya.

Manfaat putih telur bagi tubuh bisa diperoleh dengan mengkonsumsi olahannya. Cairan putih telur terdiri dari 10% protein dan 90% air.

Meski sebagian besar putih telur tersusun dari air, akan tetapi cairan ini mengandung sejumlah antioksidan alami. Senyawa antioksidan yang disebut riboflavin ini dapat mengurangi risiko degenerasi mata akibat penuaan dan katarak.

Kandungan Nutrisi Putih Telur

Telur adalah hidangan sarapan yang populer di Indonesia. Akan tetapi bagi sebagian orang, putih telur jadi pilihan alternatif mengingat kuning telur mengandung kolesterol tinggi.

Kelebihan putih telur adalah cairan ini memiliki lebih sedikit kalori dan tidak mengandung lemak. Menurut WebMd, nilai gizi yang tersimpan dalam putih telur adalah sebagai berikut:

  • 4 gram protein
  • 55 miligram natrium
  • 1,3 mikrogram folat
  • 6,6 mikrogram selenium
  • 2,3 miligram kalsium
  • 3,6 miligram magnesium
  • 4,9 miligram fosfor‌
  • 53,8 miligram potasium

Selain kandungan gizi di atas, putih telur menyediakan vitamin B2 yang cukup banyak. Dengan demikian, manfaat putih telur bagi tubuh akan terasa lengkap.

Sejumlah studi menyebutkan, putih telur rendah kalori namun sangat tinggi kandungan proteinnya. Diperkirakan bagian ini mengemas sekitar 67% dari semua protein yang ditemukan dalam telur.

Putih telur menyimpan apa yang dianggap sebagai protein lengkap. Di dalamnya terdapat semua sembilan asam amino esensial dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh.

Manfaat Putih Telur bagi Tubuh

Mengingat akan kandungan proteinnya yang tinggi, mengonsumsi putih telur dapat memberikan manfaat kesehatan. Paling sederhana manfaat putih telur bagi tubuh memberikan efek mengekang nafsu makan.

Oleh karenanya saat seseorang menyantap putih telur, maka dia akan merasa kenyang lebih lama.

Selain kegunaan di atas, menurut Healthline dan sumber lainnya berikut ini merupakan manfaat putih telur bagi tubuh yang perlu diketahui:

1. Cocok untuk Diet 

Memperoleh asupan protein yang cukup dapat berguna untuk menjaga dan membangun otot. Apalagi saat seseorang tengah mencoba mengatur berat badannya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...