Ragam Manfaat Telur untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat telur ternyata sangat beragam. Manfaat tersebut dipengaruhi oleh kandungan nutrisi yang ada didalamnya.
Image title
17 September 2021, 17:32
Ragam Manfaat Telur untuk Kesehatan dan Kecantikan
Couleur/Pixabay
Telur termasuk dalam salah satu makanan yang mengandung protein tinggi

Manfaat telur membuat bahan makanan ini banyak dikonsumsi. Menurut data di databoks, konsumsi telur ras pada 2016 mencapai 1,4 juta ton. Telur dikenal sebagai sumber protein, namun sebenarnya didalam makanan ini, ada banyak nutrisi lainnya. Mengutip dari hellosehat.com, dalam 100 gram telur mengandung energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, natrium, zinc, vitamin A, B1, B2, B6, D, E, dan K.

Manfaat Telur untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi dalam telur menjadikan makanan ini kaya manfaat. Menurut penjelasan di alodokter.com dan hellosehat.com, berikut ini manfaat telur untuk kesehatan tubuh.

1. Menjaga kesehatan jantung

Kuning telur memiliki kandungan lutein yang bisa menurunkan risiko serangan jantung. Namun kuning telur juga mengandung kolesterol sehingga konsumsinya harus dibatasi maksimal 1 sampai 2 butir per minggu. Sedangkan untuk putih telur tidak ada kandungan kolesterol, sehingga bisa dikonsumsi tanpa batasan.

2. Menurunkan berat badan

Telur mengandung protein yang tinggi namun kalorinya rendah. Sehingga makanan ini bisa dikonsumsi saat diet. Tidak hanya itu, telur juga bisa menunda rasa lapar dengan demikian berat badan akan lebih terkontrol.

3. Menjaga kesehatan mata

Kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin di telur bisa menjaga agar mata tetap sehat. Antioksidan tersebut bermanfaat untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari. Beberapa penelitian yang pernah dilakukan juga menyebutkan bahwa antioksidan di telur dapat mencegah katarak dan degenerasi makula.

4. Menjaga imun tubuh

Manfaat telur lainnya yaitu dapat menjaga daya tahan tubuh. Telur mengandung antioksidan, vitamin A, B12 dan selenium yang baik untuk membentuk sistem imun. Selain itu, dalam kuning telur ada glikopeptida tersulfasi yang baik untuk merangsang produksi sel kekebalan tubuh.

5. Membentuk jaringan tubuh

Protein didalam telur berperan penting dalam pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh. Nutrisi ini jugalah yang diperlukan bagi otot, otak, peredaran darah, tulang, dan organ lain agar bisa tetap berjalan sebagaimana fungsinya.

Protein juga dibutuhkan untuk metabolisme. Jika jumlah protein terpenuhi, maka metabolisme menjadi lancar dan cadangan energi juga ikut berlimpah. Fungsi lain dari protein yang dihasilkan telur yaitu untuk menyembuhkan luka dan memproduksi hormon.

Manfaat Telur untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil protein juga sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembang janin di perut. Salah satu sumber protein yang aman dikonsumsi ibu hamil yaitu telur. Ada banyak manfaat telur untuk ibu hamil. Mengutip dari alodokter.com, berikut ini penjelasannya.

1. Sumber energi

Untuk menjaga agar aktivitas selama masa kehamilan tidak terganggu, maka ibu hamil harus menjaga pola makannya. Konsumsi telur dipercaya bisa menjaga stamina selama masa kebilan. Kandungan protein dan lemak sehat pada telur mampu memberikan energi lebih dan rasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, berat badan ibu hamil juga tetap terjaga dengan baik.

2. Mencukupi kebutuhan nutrisi

Selama masa kehamilan, nutrisi yang dibutuhkan lebih banyak. Sebab nutrisi yang masuk ke tubuh akan terbaik untuk ibu dan anaknya. Telur bisa menjadi rujukan makanan sehat untuk ibu hamil karena kaya nutrisi terutama protein, asam folat, dan kalsium. Nutrisi di dalam telur itu sangat diperlukan untuk tumbuh kembang anak di dalam perut.

3. Mencegah risiko preeklamsia

Preeklamsia adalah gangguan kesehatan ketika ibu hamil mengalami kenaikan tekanan darah dan urin yang mengandung protein. Gangguan kesehatan tersebut cukup serius sehingga perlu di cegah. Telur memiliki kandungan klorin yang tinggi sehingga berkhasiat mencegah preeklamsia.

4. Mencegah osteoporosis

Ibu hamil juga memiliki risiko tinggi mengalami osteoporosis. Maka dari itu penting sekali untuk mengkonsumsi makanan tinggai kalsium dan vitamin D. nutrisi tersebut dapat diperoleh dalam telur. Selain itu, kedua mineral tersebut juga bisa membantu kontraksi otot dan pembekuan darah saat persalinan.

Manfaat Telur untuk Wajah

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, telur juga sering dimanfaat untuk merawat wajah. Bagian telur yang biasanya digunakan untuk perawatan kecantikan yaitu putih telur. Banyak orang menggunakan putih telur sebagai masker alami. Mengutip dari sehatq.com, ternyata ada beberapa manfaat telur untuk wajah.

1. Membuat kulit lebih kencang

Manfaat yang pertama yaitu bisa digunakan untuk mengencangkan wajah secara alami. Anda bisa menggunakan putih telur sebagai masker. Kemudian diamkan beberapa saat dan bilas dengan air bersih.

2. Menghilangkan komedo

Komedo juga menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang. Untuk menghilangkan komedo banyak cara yang bisa dilakukan. Menggunakan masker dari telur bisa menjadi pilihan. Hal tersebut dikarenakan telur memiliki kemampuan untuk menghilangkan minyak dan kotoran penyebab komedo.

Anda bisa menggunakan putih telur dengan perasan lemon untuk mendapatkan hasil maksimal. Namun jika Anda memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya penambahan lemon tidak dilakukan.

3. Menyamarkan garis halus

Garis halus yang muncul di wajah bisa menjadi petanda bahwa kulit mengalami penuaan dini. Tentu saja hal tersebut dapat menggangu penampilan. Penggunaan masker telur diketahui bisa menyamarkan garis halus diwajah. Hal ini dikarenakan telur memiliki vitamin A yang dapat mengurangi keriput.

4. Mencegah jerawat

Manfaat telur untuk wajah berikutnya yaitu bisa mencegah dan mengobati jerawat. Masker dari putih telur memiliki kemampuan membersihkan serta mengangkat seluruh kotoran di wajah. Dengan demikian jerawat bisa dicegah. Selain itu, telur juga mengandung senyawa anti bakteri, sangat baik untuk mencegah jerawat.

5. Melambapkan kulit

Protein yang ada di telur juga bisa berkhasita memberikan kelembapan pada kulit. Penggunaan masker telur dapat memudahkan kulit bagian atas untuk menyerap air. Dengan demikian, kulit menjadi lebih lembap alami.

Manfaat Telur Setengah Matang

Pasti banyak diantara kita yang menyukai olahan telur setengah matang. Beberapa olahan makanan seperti makanan khas Korea biasanya menambahkan telur setengah matang sebagai topping. Namun apakah telur setengah matang baik untuk kesehatan?

Melansir dari sehatq.com, telur setengah matang ternyata mengandung kolin yang berguna untuk meningkatkan fungsi otak. Selain itu, kolin juga baik untuk kesehatan jantung. Manfaat telur setengah matang lainnya yaitu bisa menangkal radikal bebas karena mengandung antioksidan yang tinggi.

Meskipun demikian, konsumsi telur setengah matang dalam jumlah banyak juga kurang baik untuk kesehatan. Sebab telur setengah matang berpotensi terkontaminasi bakteri Salmonella yang menyebabkan masalah kesehatan.

Bagi ibu hamil, konsumsi telur setengah matang juga tidak dianjurkan. Pasalnya, bisa menyebabkan gangguan kesehatan bukan hanya untuk si ibu namun juga untuk bayi dikandungan.

Apakah Mengonsumsi Telur Setiap Hari Baik?

Mengetahui banyaknya manfaat telur tentu membuat kita tergiur untuk mengkonsumi makanan ini setiap hari. Tapi tunggu dulu, apakah mengkonsumsi telur setiap hari baik untuk kesehatan? Menurut penjelasan di halodoc.com, sejauh ini belum ada penelitian yang menyebutkan bahaya konsumsi telur setiap hari.

Bahkan dalam American Journal Clinical Nutrition menyebutkan bahwa konsumsi telur satu butir per hari tidak berhubungan dengan peningkatan risiko sakit jantung. Sementara itu, dalam Jurnal Kesehatan Bidkesmas Respati 2(5), rekomendasi porsi telur untuk remaja yaitu satu butir per hari dengan berat kurang lebih 50 gram.

Telur memang kaya nutrisi dan memiliki ragam manfaat. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Maka dari itu, sebaiknya konsumsi telur dalam jumlah yang wajar.

Satu butir per hari dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Dan sangat dianjurkan untuk menyeimbangi dengan konsumsi sumber nutrisi lainnya seperti sayuran dan buah.  

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit tertentu, batas maksimal konsumsi telur harian dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Sebab tidak menutup kemungkinan, ada penyakit yang melarang konsumsi telur bagi penderitanya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait