8 Manfaat Daun Sungkai bagi Tubuh

Image title
10 Oktober 2022, 22:18
manfaat daun sungkai untuk tubuh.
Instagram/ @herbalsungkai
Ilustrasi, daun sungkai.

Manfaat daun sungkai untuk tubuh mungkin masih jarang diketahui bagi sebagian orang. Padahal tanaman herba ini dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Daun sungkai merupakan tanaman asli Indonesia. Saat ini habitatnya tersebar ke sejumlah daerah seperti Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Walapun perlu diteliti lebih lanjut, manfaat daun sungkai untuk tubuh telah dikenal masyarakat. Daun tumbuhan tersebut kerap dipakai sebagai obat herbal untuk mengobati demam hingga asam urat.

Apa saja manfaat daun sungkai untuk tubuh? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Bentuk dan Ciri Daun Sungkai

Dilansir dari laman Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sungkai merupakan tumbuhan asli Kalimantan. Pohonnya dapat tumbuh dengan baik di ketinggian 0-600 meter dari permukaan laut atau lebih dari itu.

Pohon sungkai memiliki tinggi sampai 22 meter dan diameter 66 cm. Kulit luar kayu sungkai berwarna abu-abu muda dangkal, mengelupas kecil-kecil dan tipis. Bentuk batangnya lurus dengan parit kecil. 

Daun sungkai punya rupa majemuk menyirip ganjil dan poros bersayap. Letaknya berpasangan pada bagian batang.

Untuk bunganya bercabang banyak dan berhadapan, panjang 20-40 cm. Kelopaknya berbulu di bagian luar, berbentuk cangkir di pangkal, serta panjang 1 sampai 2 mm.

Secara umum, saat masih segar daun sungkai berwarna hijau. Menurut Majalah Trubus Edisi April 2022, daun yang tergolong dalam famili Lamiaceae ini berperan untuk membangun sistem kekebalan tubuh.

Oleh karenanya, manfaat daun sungkai untuk tubuh yang sudah diketahui banyak orang yaitu membantu meringankan gejala demam dan flu.

Manfaat Daun Sungkai untuk Tubuh

Suku Dayak di Kalimantan Timur diketahui telah memanfaatkan daun sungkai muda untuk mengobati demam, pilek, dan cacingan. Kegunaan lainnya, daun ini dipakai sebagai obat kumur pencegah sakit gigi.

Menurut jurnal ilmiah Sungkai Leaf Potential as Herbal Medicine, manfaat daun sungkai untuk tubuh telah digunakan oleh berbagai suku di Indonesia sebagai obat herbal. Pada umumnya, daun ini diolah dengan cara direbus hingga dihaluskan.

Sebagai obat herbal, daun sungkai menyimpan zat fitokimia seperti alkaloid, flavonoid, triterpenoid, steroid, fenol dan saponin. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...