13 Rekomendasi Minuman Khas Bandung yang Lezat dan Wajib Dicoba

Annisa Fianni Sisma
13 Oktober 2022, 17:04
minuman khas Bandung
Dok. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung
Ilustrasi, Es Cendol.

Bandung merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak tempat wisata. Kota yang dikenal dengan sejarah "Bandung Lautan Api" ini, ternyata menyimpan banyak warisan budaya dan kuliner, salah satunya yakni minuman khas Bandung.

Saat berwisata ke Bandung, tentu kurang jika belum merasakan minuman khas Bandung. Berbagai minuman hadir baik dingin maupun hangat yang mempermanis suasana kunjungan ke Bandung.

Minuman khas Bandung hadir dalam berbagai kreasi. Untuk memahami lebih lanjut, berikut ini minuman khas Bandung yang dapat menjadi pilihan.

1. Bandrek

Bandrek adalah minuman khas Bandung yang sudah terkenal hingga ke luar daerah. Hal yang paling populer dari minuman ini adalah manfaatnya untuk tubuh. Minuman ini terbuat dari gula merah, kayu manis, jahe dan cengkeh yang diseduh dalam air. Bandrek dapat dinikmati dengan susu kental manis.

Rempah-rempah pokok minuman ini adalah jahe dan gula merah. Namun di beberapa tempat, banyak yang memadukan kedua bahan makanan tersebut dengan serai, pandan, telur, merica, dan susu.

Minuman ini sangat baik untuk tenggorokan. Bandrek dapat menenangkan tenggorokan yang sedang radang. Bandrek kerap disajikan bersama kacang rebus, ubi rebus, dan gorengan.

2. Bajigur

Bajigur merupakan minuman khas Bandung yang berbahan dasar gula merah dan sedikit santan. Sekilas, minuman ini mirip dengan Bandrek

Bajigur juga kerap disajikan dengan air hangat dengan kacang rebus sebagai pendampingnya. Menikmati keindahan Kota Bandung dengan mengonsumsi Bajigur menjadi perpaduan yang menarik. 

3. Cendol

Cendol merupakan minuman khas Bandung yang sudah tidak asing lagi. Minuman yang dibuat dari adonan tepung beras serta diberi pewarna alami berwarna hijau ini membuat minuman tersebut semakin menarik. Cendol disajikan dengan gula merah cair dan santan.

4. Cincau

Minuman khas Bandung yang tak kalah menarik dan terkenal adalah Cincau. Minuman yang identik dengan warna hitam ini terbuat dari daun cincau. Minuman ini, biasanya disajikan dengan es dan dicampur gula serta santan. Cincau kerap dikonsumsi saat siang hari.

5. Es Oyen

Es Oyen menjadi makanan khas Bandung yang namanya diambil dari nama pemiliknya. Minuman ini berupa es yang dicampur dengan berbagai buah segar. Setelah itu, semua buah tersebut dicampur dengan susu kental manis. Nikmat dan rasa yang segar tersaji dalam minuman ini.

6. Yogurt Cisangkuy

Minuman khas Bandung yang menarik berikutnya adalah yogurt Cisangkuy. Yogurt ini memiliki rasa manis dan segar serta sedikit asam. Yogurt khas Bandung ini menjadi legendaris dengan berbagai varian rasanya. Berwisata ke Bandung tentu kurang tanpa menikmati minuman khas Bandung ini.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...