9 Rekomendasi Minuman Khas Semarang yang Wajib Dicoba

Annisa Fianni Sisma
14 Oktober 2022, 14:13
minuman khas Semarang
PEXEL
iIlustrasi, minuman khas Semarang, Es Degan.

Semarang menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kota ini masih kental dengan adat istiadat dan warisan budaya. Selain itu, kota ini juga dikenal akan wisata kulinernya, dengan makanan dan minuman khas Semarang yang menggugah selera.

Untuk hidangan makanan sendiri, Kota Semarang terkenal akan berbagai hidangan yang terkenal, seperti tahu gimbal, babat gongso, sego koyor, dan tahu pong. Namun, kota ini tak hanya terkenal akan makanannya, tetapi juga suguhan minuman.

Advertisement

Berikut ini, adalah beberapa minuman khas Semarang yang wajib dicoba saat Anda berkunjung ke wilayah yang mendapat julukan "Kota Atlas" ini.

1. Es Puter Congklik

Minuman khas Semarang yang legendaris ini cocok diminum saat udara sedang panas. Istilah Conglik merupakan istilah yang berasal dari kata Kacong yakni pesuruh dan cilik artinya kecil.

Istilah tersebut berkaitan dengan pada jaman dahulu, pembuat Es Puter Conglik sering menjadi pesuruh untuk mengantarkan barang. Akhirnya, istilah tersebut disematkan dalam nama Es Puter Conglik.

Varian rasa yang tersedia yakni durian, alpukat, coklat, dan kelapa muda. Es Puter Conglik juga terkadang disajikan dengan potongan roti, kelapa muda, pacar cina, dan buah siwalan. Rasanya yang manis dan segar membuatnya wajib dicoba.

2. Cong Yang

Cong Yang adalah minuman khas Semarang yang legendaris. Minuman ini sudah dikenal sejak dekade 1980-an dan dibuat oleh seorang peracik berdarah Tionghoa.

Minuman khas Semarang ini terbuat dari hasil fermentasi beras putih dan gula pasir. Minuman ini merupakan hasil akulturasi budaya Tiongkok dan Jawa.

Pada intinya, minuman ini adalah jamu kesehatan. Cong Yang adalah evolusi minuman beralkohol yang popular pada 1960-an. Namun tidak boleh mengonsumsi Cong Yang secara berlebihan.

3. Wedang Kacang Tanah

Wedang Kacang Tanah merupakan minuman khas Semarang yang hangat dan menenangkan. Minuman ini cocok dikonsumsi saat udara dingin menerpa.

Bahan utama dari minuman ini adalah kacang tanah yang direbus. Setelah itu, kacang tersebut akan menjadi lembut saat diminum Bersama kuah sari kacang tanah hasil rebusan tersebut.

Tak hanya itu, wedang kacang tanah ini juga ditambah dengan rempah-rempah nikmat yang terasa manis dan segar. Pada umumnya, minuman ini disajikan dalam sebuah mangkok kecil.

4. Es Cao

Es Cao menjadi minuman khas Semarang yang merupakan akulturasi budaya Jawa dan China. Minuman segar dengan bahan dasar cao atau cincau ini sering disajikan Bersama buah lainnya sebagai pelengkap.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement