9 Minuman Khas Jawa Tengah yang Wajib Dicoba

Ghina Aulia
18 Oktober 2022, 11:13
Minuman khas Jawa Tengah
Pixabay
ilustrasi, minuman jahe.

Bukan Indonesia namanya apabila tidak memiliki budaya yang beragam. Meski banyak dan membuat perbedaan, justru hal itu lah yang menjadi daya tariknya. Setiap daerah di Indonesia, memiliki ciri khasnya masing-masing.

Salah satu daerah yang memiliki ciri khas, baik dalam hal budaya dan tradisi, serta kuliner, adalah Jawa Tengah. Provinsi yang satu ini, menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, karena menghadirkan keindahan panorama alam, seni budaya, serta tentunya aneka kuliner yang unik. Salah satunya, adalah minuman.

Minuman khas Jawa Tengah sangat beragam. Mengingat provinsi tersebut juga cukup luas dan terdapat banyak kabupaten dan kota. Sehingga setiap daerah cenderung memiliki kuliner khasnya masing-masing.

Minuman khas Jawa Tengah sendiri umumnya mengandung banyak rempah-rempah yang menyehatkan. Di samping itu, juga ada hidangan menyegarkan dan manis yang cocok untuk melepas dahaga.

Mengutip Keluyuran.com, berikut ini adalah deretan minuman khas Jawa Tengah yang patut dicoba.

1. Wedang Uwuh

Minuman khas Jawa Tengah ini sangat bagus untuk kesehatan. Pasalnya, komposisi di dalamnya kaya akan rempah yang bermanfaat. Tidak lain di dalamnya terdapat campuran kayu secang, kayu manis, jahe, cengkih, pala, kapulaga, gula batu dan pala.

Cara menyajikannya tinggal menambahkan air panas. Dengan begitu, bahan yang masih kering akan larut dan sari-sarinya akan keluar, namun juga ada yang berbentuk bubuk. Rasa dari minuman ini adalah manis dan pedas.

2. Bir Pletok

Mirip seperti bir pletok kebanyakan, minuman satu ini sama sekali tidak mengandung alkohol. Meski dikenal berasal dari Jakarta, ternyata di Jawa Tengah juga banyak menjamur.

Di dalamnya terdapat campuran rempah berupa daun pandan, jahe, kapulaga, cengkih, kayu manis, pala dan masih banyak lagi. Akan lebih segar ketika Anda meminumnya dalam keadaan dingin atau ditambahkan es batu.

3. Bajigur

Nikmat diseruput dalam keadaan panas atau hangat, bajigur mengandung rempah yang menyegarkan badan. Di antaranya adalah jahe, santan dan campuran gula dan garam yang membuatnya lebih gurih.

4. Sekoteng

Mirip dengan wedang ronde, minuman khas Jawa Tengah ini cukup berbeda dari segi isinya. Terdapat campuran kacang tanah, kacang hijau, pacar cina dan potongan roti tawar. Dalam penyajiannya, akan dibubuhkan air jahe yang sangat dan segar.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...