6 Faktor Penyebab Mata Ikan dan Upaya Pencegahannya

Tifani
Oleh Tifani
18 Oktober 2022, 17:06
penyebab mata ikan
Katadata
Ilustrasi, sakit pada kaki ketika menggunakan sepatu hak tinggi.

Penyakit mata ikan atau disebut clavus, adalah penebalan kulit yang mengeras akibat gesekan dan tekanan. Kondisi ini biasanya berbentuk bulat, berukuran kecil, memiliki bagian tengah yang keras, dan dikelilingi oleh kulit sensitif atau meradang.

Dikutip dari laman Alodokter.commata ikan bukanlah kondisi yang serius, tetapi jika tak diobati dapat menyebabkan infeksi yang memicu penyakit kulit lainnya.

Penyebab Mata Ikan

Mata ikan terjadi ketika kulit mengalami tekanan atau gesekan berulang kali. Mata ikan muncul sebagai reaksi alami tubuh untuk melindungi kulit agar tidak mengalami luka atau kerusakan lain yang dapat terjadi akibat gesekan atau tekanan tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebab penyebab mata ikan:

1. Infeksi Virus

Salah satu, penyebab mata ikan adalah infeksi dari Human papillomavirus (HPV). HPV dikenal sebagai salah satu virus penyebab penyakit kelamin, tetapi virus ini juga bisa menginfeksi bagian tubuh lainnya. Penularan virus ini bisa terjadi melalui sentuhan antarkulit dengan orang yang terinfeksi, lalu virus masuk melalui luka terbuka.

HPV juga dapat menular ketika menggunakana sepatu, kaos kaki, atau bahan pakaian lain yang dikenakan orang yang terinfeksi. Saat berhasil masuk ke dalam tubuh, virus mulai berkembang dan merangsang pertumbuhan sel kulit dengan cepat.

2. Tekanan dan Gesekan

Tekanan dan gesekan berulang pada jaringan kulit terluar (epidermis) dapat menyebabkan terjadinya mata ikan. Memakai sepatu yang salah dengan ukuran tidak pas akan memberikan tekanan berlebih dan gesekan pada kaki.

Begitupun dengan menggunakan alas kaki yang terlalu longgar, mengenakan kaus kaki longgar membuat telapak kaki lebih sering bergesekan dengan sepatu. Gesekan yang terjadi berulang kali, ditambah kondisi kaki yang lembap, dapat menyebabkan terbentuknya mata ikan.

3. Aktivitas Fisik

Aktivitas olahraga atau pekerjaan yang menyebabkan gesekan berulang pada area kulit di telapak kaki dapat menimbulkan mata ikan. Jika selama berolahraga dan beraktivitas Anda terus menggunakan kaos kaki atau sepatu yang lembap, gesekan semakin mudah mengakibatkan mata ikan. Di sisi lain, kondisi kaki yang lembap bisa menjadi tempat infeksi HPV, yang menjadi penyebab mata ikan, berkembang.

4. Berjalan Tanpa Alas Kaki

Memiliki kebiasaan berjalan tanpa alas kaki dapat memicu terjadinya mata ikan dan kapalan. Berjalan tanpa alas kaki bisa memberikan tekanan berlebih pada kulit kaki dan meningkatkan risiko paparan bakteri atau virus penyebab infeksi kulit. Lambat laun, kulit telapak kaki yang tertekan akan menebal sebagai mekanisme perlindungan diri dari kerusakan jaringan. Pada beberapa kasus, penebalan kulit telapak kaki bisa terjadi di banyak titik, menimbulkan rasa tidak nyaman.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement