6 Rekomendasi Minuman Khas Jawa Timur yang Unik

Jawa Timur tak hanya terkenal akan kekayaan alam dan seni-budaya saja. Melainkan juga kaya akan hidangan makanan dan minuman. Berikut ini 6 rekomendasi minuman khas Jawa Timur yang wajib dicoba.
Image title
18 Oktober 2022, 21:19
minuman khas Jawa Timur
Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Ilustrasi, wedang secang, salah satu minuman khas Jawa Timur yang berasal dari Banyuwangi.

Tak hanya dikenal memiliki keindahan alam, serta kayak seni dan budaya, Provinsi Jawa Timur juga dikenal sebagai daerah dengan cita rasa kuliner, termasuk minuman. Sajian minuman khas Jawa Timur memang jarang dibicarkan, namun, daerah ini memiliki sejumlah sajian minuman yang unik di setiap wilayahnya.

Menikmati sajian minuman khas Jawa Timur, sangat direkomendasikan jika Anda berkunjung atau berwisata ke provinsi ini.

Beberapa minuman yang ada di Jawa Timur memang kerap dijumpai juga di daerah lain. Namun, minuman khas Jawa Timur memiliki keunikan tersendiri, meski bahan dasar minumannya ada yang mirip dengan daerah lain.

Mengutip Cookpad, berikut ini adalah minuman khas Jawa Timur yang memiliki keunikan tersendiri, dan layak diburu ketika berkunjung atau berwisata.

Advertisement

1. Es Dawet Silawan Lamongan

Minuman khas Jawa Timur yang satu ini, berasal dari Kota Lamongan. Minuman ini sangat pas diseruput ketika sedang haus di siang hari. Paduan buah siwalan yang masih muda, ditambah potongan nangka sangat nikmat disajikan dengan es batu.

Tak lupa kuah santan yang menambah cita rasa gurih dan bauran sirup gula merah. Anda juga bisa menambahkan dawet atau cendol agar teksturnya lebih kompleks.

2. Wedang Angsle Malang

Wedang angsle ini cocok untuk diminum saat cuaca sedang dingin. Benar saja, ketika minuman ini memang banyak dijual di malam hari. Sajian ini juga cocok untuk dijasikan hidangan penutup.

Di dalamnya terdapat rebusan mutiara sagu dan kacang hijau yang sudah matang. Selain itu, juga ada potongan roti tawar dan tape singkong. Tak lupa ketan putih dan kacang tanah yang disangrai. Setelah itu, disiram dengan kuah jahe yang hangat dan kaya akan rempah. Tak hanya menyegarkan, wedang angsle juga bagus untuk kesehatan.

3. Wedang Cemue Ngawi

Wedang Cemue merupakan minuman khas Jawa Timur yang berasal dari Kabupaten Ngawi. Minuman ini menggunakan campuran santan pada kuahnya. Adapun, komponen di dalamnya adalah potongan roti tawar dan kacang tanah yang sudah disangrai.

Menariknya, juga ada campuran bawang merah. Tak heran dengan cita rasa yang cukup kompleks ini, Anda bisa merasakan manis, pedas dan gurih secara bersamaan.

4. Jamu Kebonagung Pasuruan

Jamu menjadi minuman asli Indonesia yang menyehatkan dan membuat tubuh berenergi. Lantaran terdapat kandungan rempah-rempah dengan berbagai manfaat di dalamnya. Salah satunya adalah Jamu Kebonangung dari Pasuruan.

Minuman khas Jawa Timur yang satu ini, mengandung sari-sari dari lada, kayu manis, kapulaga, cengkih, bung apala, cabe jamu, gula jawa dan sereh. Dari komposisinya saja, terlihat banyak sekali rempah yang bermanfaat untuk kesehatan. Jamu ini berguna untuk mengatasi perut kembung, sakit tenggorokan hingga batuk berdahak hingga menjaga stamina.

5. Wedang Sinom Pasuruan

Tak kalah dengan daerah lain, Pasuruan juga memiliki jenis wedangnya sendiri, yakni wedang sinom. Tidak seperti wedang kebanyakan, minuman ini tidak terdapat berbagai komponen di dalamnya.

Meski begitu, cita rasa pedas dan hangat akan tetap bisa dirasakan. Perlu diketahui juga bahwa wedang sinom terbuat dari campuran kunyit, asam jawa, gula pasir dan gula jawa.

6. Wedang Secang Banyuwangi

Memiliki kandungan utama kayu secang, sepertinya khasiat dari wedang ini tidak diragukan lagi. Beberapa manfaat minuman ini, adalah mengatasi peredangan dan nyeri, membantu menurunkan dan mengontrol gula darah, menghentikan diare, menghambat tumbuhnya sel kanker dan masih banyak lagi.

Penyajian wedang secang termasuk sederhana, yakni melarutkan beberapa bahan dasar, yakni kayu secang, serai, daun pandan, kapulaga, kayu manis, gula pasir dan jahe.

Itu lah penjelasan mengenai 6 minuman khas Jawa Timur yang patut Anda coba ketika berkunjung. Terlebih ketika Anda mengunjungi daerah spesifik yang memiliki minuman khas di atas. Tentu Anda akan merasakan seberapa autentik olahan tersebut.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait