6 Rekomendasi Minuman Khas Jawa Timur yang Unik

Ghina Aulia
18 Oktober 2022, 21:19
minuman khas Jawa Timur
Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Ilustrasi, wedang secang, salah satu minuman khas Jawa Timur yang berasal dari Banyuwangi.

Tak hanya dikenal memiliki keindahan alam, serta kayak seni dan budaya, Provinsi Jawa Timur juga dikenal sebagai daerah dengan cita rasa kuliner, termasuk minuman. Sajian minuman khas Jawa Timur memang jarang dibicarkan, namun, daerah ini memiliki sejumlah sajian minuman yang unik di setiap wilayahnya.

Menikmati sajian minuman khas Jawa Timur, sangat direkomendasikan jika Anda berkunjung atau berwisata ke provinsi ini.

Advertisement

Beberapa minuman yang ada di Jawa Timur memang kerap dijumpai juga di daerah lain. Namun, minuman khas Jawa Timur memiliki keunikan tersendiri, meski bahan dasar minumannya ada yang mirip dengan daerah lain.

Mengutip Cookpad, berikut ini adalah minuman khas Jawa Timur yang memiliki keunikan tersendiri, dan layak diburu ketika berkunjung atau berwisata.

1. Es Dawet Silawan Lamongan

Minuman khas Jawa Timur yang satu ini, berasal dari Kota Lamongan. Minuman ini sangat pas diseruput ketika sedang haus di siang hari. Paduan buah siwalan yang masih muda, ditambah potongan nangka sangat nikmat disajikan dengan es batu.

Tak lupa kuah santan yang menambah cita rasa gurih dan bauran sirup gula merah. Anda juga bisa menambahkan dawet atau cendol agar teksturnya lebih kompleks.

2. Wedang Angsle Malang

Wedang angsle ini cocok untuk diminum saat cuaca sedang dingin. Benar saja, ketika minuman ini memang banyak dijual di malam hari. Sajian ini juga cocok untuk dijasikan hidangan penutup.

Di dalamnya terdapat rebusan mutiara sagu dan kacang hijau yang sudah matang. Selain itu, juga ada potongan roti tawar dan tape singkong. Tak lupa ketan putih dan kacang tanah yang disangrai. Setelah itu, disiram dengan kuah jahe yang hangat dan kaya akan rempah. Tak hanya menyegarkan, wedang angsle juga bagus untuk kesehatan.

3. Wedang Cemue Ngawi

Wedang Cemue merupakan minuman khas Jawa Timur yang berasal dari Kabupaten Ngawi. Minuman ini menggunakan campuran santan pada kuahnya. Adapun, komponen di dalamnya adalah potongan roti tawar dan kacang tanah yang sudah disangrai.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement