6 Cara Minum Teh Hijau yang Baik dan Benar untuk Diet

Destiara Anggita Putri
19 Oktober 2022, 19:50
Cara Minum Teh Hijau
Unsplash
Ilustrasi, teh hijau.

Teh hijau merupakan jenis teh memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk membantu menurunkan berat badan. Maka tidak mengherankan bila teh ini sering dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani program diet.

Hal ini telah di buktikan dengan sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2008 dimana 60 penderita obesitas diminta melakukan diet selama 12 minggu sambil rutin mengkonsumsi teh hijau atau plasebo. 

Hasilnya, mereka yang mengkonsumsi teh hijau berhasil menurunkan berat badan hingga 3,3 kilogram.  Hasil in  lebih banyak dibandingkan partispa lain yang hanya mengkonsumsi plasebo.

Selain itu, ada juga penelitian lain dimana peserta diminta mengkonsumsi ekstrak teh hijau selama 12 minggu. Hasilnya, mereka mengalami penurunan berat badan lemak tubuh, serta lingkar pinggang yang signifikan

Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung katekin, yaitu sebuah antioksidan yang dipercaya dapat meningkatkan metabolisme dan merangsang pembakaran lemak.

Setelah menyimak penjelasan diatas, tentunya Anda ingin segera menambahkan teh  hijau ke dalam program diet Anda. Namun, hasil tersebut tidak bisa diperoleh jika Anda mengonsumsi teh hijau dengan cara yang salah.

Lantas, bagaimana cara yang benar? Simak penjelasan enam cara minum teh hijau yang baik dan benar untuk diet.

1. Memilih Produk Teh Hijau yang Berkualitas

Ketika ingin minum teh hijau untuk diet, tentunya Anda perlu memilih teh hijau dengan kualitas terbaik. Oleh karena itu,  Anda harus cermat memilihnya.

Agar bisa menemukan produk yang tepat, Anda bisa mengecek kandungannya  pada produk kemasan. Pastikan Anda memilih teh hijau yang mengandung bahan-bahan alami.

Selain itu, pastikan juga mengkonsumsi teh hijau yang diseduh dari daun teh asli dan tidak membelinya dalam kemasan bubuk. Alasannya teh hijau dari seduhan daun teh asli memiliki khasiat yang lebih banyak dari teh hijau bubuk. 

2. Minum Dalam Kondisi Hangat

Teh hijau memang bisa dikonsumsi baik dalam keadaan dingin maupun hangat. Namun alangkah baiknya Anda meminumnya dalam keadaan hangat untuk program diet Anda.

Caranya adalah seduh daun teh asli dengan air panas bersuhu 80-90 derajat celcius lalu biarkan sejenak hingga menjadi hangat dan minum sampai habis.

Jangan campurkan teh hijau dengan es batu karena dapat mengurangi khasiat teh hijau untuk menurunkan berat badan. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...