Menilik 7 Cara Menghilangkan Lemak Perut

Anggi Mardiana
24 Oktober 2022, 22:21
cara menghilangkan lemak perut
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, sekelompok orang melakukan aktivitas senam bersama.

Lemak perut terkadang menimbulkan rasa tidak percaya diri, karena jika menumpuk akan membuat perut buncit. Selain itu, perut yang tampak lebih besar menimbulkan perasaan tidak nyaman. Oleh karena itu, cara menghilangkan lemak perut perlu diketahui.

Banyak organisasi menggunakan indeks masa tubuh atau body mass index (BMI), untuk memprediksi risiko metabolik dan mengklasifikasikan berat badan agar bisa memprediksi risiko penyakit metabolik. Meskipun menghilangkan lemak di perut rasanya cukup sulit, bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Ulasan berikut ini, akan membahas mengenai penyebab penumpukan lemak perut, serta cara menghilangkan lemak perut.

Penyebab Penumpukan Lemak Perut

Sebelum mengetahui sejumlah cara menghilangkan lemak perut atau perut buncit, ada baiknya Anda mengetahui penyebabnya agar bisa mengurangi faktor risiko perut buncit. Mengutip medicalnewstoday.com, berikut ini adalah penyebab penumpukan lemak perut:

1. Pola Makan yang Buruk

Pola makan yang buruk bisa menambah lemak di perut. Terlebih makanan manis seperti permen, kue soda dan jus buah. Tidak hanya itu, sebaiknya hindari makanan cepat saji dan yang dipanggang untuk mengurangi lemak trans.

2. Terlalu Banyak Mengonsumsi Alkohol

Dalam sebuah laporan tahun 2015, mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan berat badan pria bertambah di sekitar perut. Selain itu, bisa menimbulkan beragam masalah kesehatan seperti peradangan dan penyakit hati.

3. Stress

Beberapa orang yang mengalami stress cenderung menacari makanan sebagai kenyamanan. Namun ketika tubuh seseorang mengalami stress dan melepaskan kortisol dapat menyebabkan kelebihan kalori berada di sekitar perut dan area tubuh.

Cara Menghilangkan Lemak Perut

Menghilangkan lemak perut bisa dilakukan melalui beragam cara. Melansir dari healthline berikut sejumlah cara yang bisa Anda coba lakukan:

1. Makan Makanan Berprotein Tinggi

Protein merupakan nutrisi yang penting untuk manajemen berat badan. Asupan protein yang tinggi bisa melepaskan hormon kepenuhan PYY yang berfungsi untuk meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan nafsu makan. Selain itu, bisa membantu Anda menurunkan masa otot selama proses penurunan berat badan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...