Patut Dicoba, Ini Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita bisa dilakukan dengan berbagai cara. Di samping itu, hal yang tak kalah penting ialah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab lemak bertumpuk di perut.
Image title
6 Januari 2022, 15:25
Cara mengecilkan perut buncit pada wanita.
Pexels.com/Cottonbro
Cara mengecilkan perut buncit pada wanita.

Memiliki perut buncit sudah seperti mimpi buruk bagi sebagian wanita. Perut yang gendut tentu akan memengaruhi penampilan seseorang. Di samping itu, hal tersebut dapat memicu datangnya berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Tubuh yang ideal memang dambaan setiap orang, terutama wanita. Namun, tak sedikit wanita yang tanpa sadar melakukan berbagai aktivitas yang justru dapat mengakibatkan perut buncit, seperti malas berolahraga, stres, kurang tidur, hingga mengonsumsi alkohol.

Di samping itu, perut buncit juga bisa disebabkan oleh hormon seks, bertambahnya usia, menopause, adanya bakteri di usus, dan postur tubuh yang buruk.

Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita bisa dilakukan dengan berbagai cara. Hanya saja, hal ini memerlukan niat yang kuat dan konsistensi untuk melakukannya.

Advertisement

Mengutip Hellosehat dan berbagai sumber lainnya, berikut beberapa cara mengecilkan perut buncit pada wanita.

1. Rutin Berolahraga

Sudah bukan rahasia, berolaharaga secara teratur dapat menunjang kesehatan tubuh dan mental, termasuk mengecilkan perut buncit.

Di samping membakar lemak, rutin berolahraga juga dapat meningkatkan massa otot. Hal tersebut membuat tubuh membakar kalori lebih banyak sekaligus mengurangi tumpukan lemak di perut.

Adapun jenis olahraga yang cocok untuk mengecilkan perut adalah kardio, seperti berlari, bersepeda, atau mendayung. Selain itu, olahraga jenis ini dapat menyehatkan jantung.

2. Menjaga Asupan Kalori

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita bisa dilakukan dengan menyesuaikan asupan kalori harian dengan kebutuhan energi masing-masing. Mengutip Departemen Pertanian AS, perempuan usia 31-50 tahun membutuhkan sekitar 1.800-2.200 kalori setiap harinya. Hal tersebut tergantung dari tingkat aktivitasnya masing-masing.

Setelah mengetahui kebutuhan asupan kalori, langkah selanjutnya adalah mengurangi jumlah asupan tersebut guna mengecilkan perut buncit. Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi makanan tinggi kalori, seperti jeroan, daging berlemak, dan gorengan.

Untuk mengetahui kebutuhan kalori harian, ada beberapa kalkulator kalori yang bisa ditemukan di internet. Selain itu, hal ini bisa dilakukan dengan berkonsultasi dengan dokter pribadi atau ahli gizi.

3. Mengonsumsi Makanan Kaya Protein dan Serat Larut

Cara ini merupakan alternatif mengecilkan perut yang cukup sering direkomendasikan. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa serat larut dapat membuat seseorang kenyang lebih lama.

Bukan cuma itu, serat larut juga dapat menekan jumlah kalori yang diserap tubuh dan mencegah penambahan lemak di perut. Beberapa makanan berserat tinggi, di antaranya brokoli, alpukat, kacang-kacangan, wortel, jambu, oat, apel, dan masih banyak lagi.

Selain serat, protein dapat membantu mengecilkan perut buncit. Berdasarkan riset, orang yang mengonsumsi lebih banyak protein, cenderung memiliki lebih sedikit lemak perut. Memerhatikan asupan protein dapat meningkatkan metabolisme dan mengontrol nafsu makan seseorang.

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat atau tidur kadang terdengar sepele bagi sebagian orang. Namun, kegiatan wajib manusia yang satu ini justru memiliki banyak manfaat, termasuk dalam hal mengecilkan perut buncit.

Sebuah riset membuktikan bahwa orang yang tidur 6-7 jam per hari terbukti memiliki lebih sedikit lemak visceral (lemak tersembunyi di sekitar rongga perut) dibanding orang yang tidur kurang dari lima jam sehari.

5. Kurangi Gula dan Garam

Beberapa orang mengonsumsi gula lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh. Padahal, sisa gula di dalam tubuh akan disimpan sebagai lemak yang bisa menyebabkan perut buncit.

Melansir Peraturan Menteri Kesehatan, anjuran konsumsi gula per hari ialah 10% dari total energi (200kkal) atau setara empat sendok makan atau 50 gram per hari.

Cobalah untuk membaca label nutrisi pada kemasan makanan. Gula dalam produk makanan tersebut biasanya dicantuman dengan akhiran kata 'osa', seperti glukosa, fruktosa, sukrosa, dan sebagainya.

Selain gula, mengurangi konsumsi garam dapat membantu mengecilkan perut buncit. Sebab, ketika mengonsumsi natrium, tubuh akan menahan cairan dalam tubuh. Sehingga, mengurangi asupan garam dapat menghidrasi tubuh.

6. Mengurangi Alkohol

Minum minuman alkohol berlebih dapat mengancam kesehatan. Beberapa riset telah menunjukan bahwa terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut.

7. Menghindari Stres

Stres dapat memengaruhi kesehatan. Mengelola dan menghindari stres juga dapat menjadi alternatif untuk mengecilkan perut buncit pada wanita. Penting menemukan cara mengelola stres demi membantu menyetop siklus penyimpanan lebih banyak lemak di perut.

Baik pria maupun wanita, keduanya sama-sama mengalami stres dan menghasilkan kortisol. Hanya saja, sebuah penelitian di Swedia pada 2009, menyatakan bahwa tingkat jenis kortisol tertentu jauh lebih tinggi pada wanita.

8. Konsumsi Cairan

Minum air putih, jus, atau sup rendah garam saat sarapan bisa membuat tubuh terasa kenyang lebih lama. Hal tersebut dapat mencegah makan berlebih dan lemak bertumpuk pada bagian perut.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait