7 Cara Self Acceptance, Menerima Diri Sendiri Agar Lebih Bahagia

Tifani
Oleh Tifani
25 Oktober 2022, 18:53
self acceptance
Katadata
ilustrasi, self acceptance atau menerima diri sendiri.

Self acceptance adalah penerimaan diri. Kondisi ini terjadi saat seseorang dapat menerima diri sendiri sepenuhnya, baik itu sisi baik maupun buruk, tanpa syarat, tanpa pertanyaan berlebihan, dan tanpa pengecualian.

Selama ini, mungkin banyak orang menekankan bahwa kita harus percaya dengan kelebihan yang dimiliki diri sendiri. Tentu hal tersebut tidak salah. Namun, menerima segala kekurangan diri sendiri juga tidak kalah pentingnya.

Dilansir dari laman sehatq.com, dengan menerima kekurangan diri sendiri, seseorang dapat mulai menyusun rencana perbaikan untuk masa depan yang lebih baik.

Perbedaan Self Acceptance dan Self Esteem

Self acceptance seringkali digunakan bergantian dengan istilah self esteem. Namun, keduanya sebenarnya memiliki arti yang berbeda.

Self esteem adalah kemampuan untuk menghargai dan menilai kemampuan diri sendiri. Orang yang memiliki self esteem yang baik, akan menganggap bahwa dirinya bermanfaat dan patut untuk melakukan suatu hal, karena memiliki kemampuan.

Sementara, self acceptance memiliki cakupan yang lebih luas. Orang yang bisa mempraktikkan self acceptance, tidak hanya akan punya self esteem yang baik, tapi juga bisa menerima kekurangan sebagai bagian dari dirinya.

Saat sudah bisa mempraktikkan penerimaan diri, maka seseorang mencintai diri sendiri apa adanya. Meski begitu, bukan berarti hal ini akan membuat diri berhenti berkembang. Justru dengan menyadari kelemahan dan kekurangan diri, seseorang dapat mulai mengevaluasi diri dan mengetahui hal-hal yang bisa diperbaiki.

Self Acceptance Kunci Menjadi Bahagia

Mengapa self acceptance bisa jadi salah satu kunci bahagia? Sebab dengan menjalaninya, seseorang dapat menyaring pikiran-pikiran negatif yang membawa tekanan ke dalam pikiran dan jiwa. Orang yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan self acceptance, akan cenderung membandingkan dirinya dengan orang lain.

Pikiran di atas pasti pernah terlintas di pikiran sebagian besar orang, dan hal tersebut sebenarnya wajar. Namun jika pikiran tersebut terus menghantui dan membuat seseorang selalu membandingkan diri dengan orang lain, di situ masalah akan muncul.

Perlu diingat, bahwa bukan kewajiban seseorang untuk mengejar pencapaian yang sama dengan teman sebaya. Semua orang memiliki lini masanya masing-masing, dan justru itu yang membuat hidup lebih berwarna.

Menjadi diri sendiri adalah hal yang istimewa, karena sampai kapanpun, kita tidak akan pernah bisa benar-benar sama dengan orang lain, meski sudah mati-matian mencoba.

Cara Self Acceptance atau Menerima Diri Sendiri

Dengan mempraktikkan self acceptance, kebiasaan membandingkan yang dapat membuat hidup menjadi lebih rumit ini, bisa dikurangi. Sebab, mengetahui kekurangan, kelebihan, kemampuan, dan perasaan yang sedang terjadi pada diri sendiri. Untuk bisa menjalani praktik self acceptance, tentu bukan hal yang mudah. Namun,dapat memulainya dengan mencoba tips-tips di bawah ini.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...