Pengertian Self Healing dan Cara Melakukannya

Belakangan populer kata self healing yang berhubungan dengan kesehatan mental. Self healing artinya penyembuhan diri sendiri. Ada cara dan contoh sederhana untuk mengobati luka batin.
Dwi Latifatul Fajri
19 November 2021, 13:36
Self Healing
pixabay.com/vdnhieu

Self-healing adalah sebuah proses untuk penyembuhan luka batin yang mengganggu emosi. Dalam bahasa Inggris self healing artinya penyembuhan diri sendiri.  Sebagian orang tentunya mengalami masalah dan lelah secara emosional. Luka batin ini bisa terjadi dalam waktu yang lama dan berdampak pada kegiatan sehari-hari.

Ada beberapa faktor yang membuat luka batin dan mengganggu emosi. Kelelahan emosional ini bisa disebabkan karena cemas, perasaan sedih ditinggalkan orang tua, merasa gagal untuk mencapai sesuatu, dan masalah lainnya di masa lalu. 

Mengutip dari laman unair.ac.id, self healing termasuk tenik yang dilakukan ketika terjadi gangguan psikologis. Penyembuhan luka batin ini bisa dilakukan dengan cara relaksasi pernapasan, meditasi, dan yoga. Emosi positif dari relaksasi membuat hormon endorfin atau hormon bahagia bekerja.

Cara Self Healing

Penyembuhan luka batin bisa dilakukan sendiri atau bertemu dengan psikologi. Jika anda ingin menyembuhkan diri sendiri, cobalah beberapa cara self healing ini.

Advertisement

1. Me Time

Me Time artinya waktu untuk diri sendiri. Mengutip dari pijarpsikologi.org, umumnya masalah yang belum selesai berhubungan dengan kehadiran orang lain. Me Time bermanfaat untuk membuat diri nyaman dan lebih rileks.

Meluangkan waktu sendirian tanpa memikirkan orang lain bermanfaat bagi kesehatan mental. Cara self healing ini membuat kita merasa diri sendiri adalah pusat segala kehidupan. Sementara itu orang lain hanya sebagai pelengkap kebahagiaan.

2. Berbicara dengan diri sendiri

Salah satu cara untuk penyembuhan luka batin adalah berbicara pada diri sendiri. Cobalah melihat di cerman dan jujur pada diri sendiri. Berbicara sendirian bisa melampiaskan perasaan buruk terhadap sesuatu. Ketika anda mulai memahami diri sendiri, muncul rasa syukur atas kehidupan yang diberikan.

3. Masa lalu hadir untuk dimaknai

Setiap orang memiliki kisah masa lalu yang berbeda. Masa lalu tersebut bisa berdampak pada masa sekarang maupun masa depan. Pikiran tentang masa lalu bisa menghantui.

Ubahlah gambaran masa lalu sebagai pengalaman dan ambil sisi positif untuk penyembuhan. Masa lalu bisa ada di masa kini untuk dimaknai dan menjadi pelajaran ke depan.

4. Menulis ekspresif

Menulis ekspresif merupakan cara self healing untuk menjelaskan segala perasaan yang dialami. Anda tidak perlu memperhatikan ejaan dan tanda baca untuk menulis ini.

Contohnya anda bisa menulis apapun di buku harian yang hanya dibaca sendiri. Cara ini bisa meredakan segala emosi dan stress. Teknik menulis ini bisa membantu untuk penyembuhan dan memberikan gambaran dari sudut pandang lain.

Anda bisa membuat jurnal dan menuangkan segala pikiran selama 15-20 menit setiap hari. Menulis jurnal ini bisa meningkatkan kesadaran diri dan memasuki pikiran alam bawah sadar.

5. Penyesalan sebagai kekuatan

Penyesalan, kesalahan, dan pengalaman memalukan di masa lalu bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Penyesalan ini membuat seseorang berpikir berlebihan sehingga menimbulkan kecemasan. Cobalah untuk mengabaikan pikiran negatif itu dan melakukan hal positif.

6. Berdamai dengan keadaan

Peristiwa buruk bisa membekas di pikiran seseorang. Anda berhak marah dan terluka karena peristiwa tersebut. Cobalah untuk tidak menyalahkan diri sendiri dan mencoba berdamai dengan keadaan.Terima setiap keadaan yang menimpa untuk menjadi pembelajaran.

7. Self Compassion

Self Compassion adalah memahami keadaan emosi atas penderitaan yang dialami. Cara self healing ini berguna untuk memahami diri sendiri. Self compassion membuat seseorang bisa meningkatkan kepedulian, merespon peristiwa buruk, dan berupaya membebaskan diri dari masa lalu yang menakutkan.

8. Mindfulness

Cara self healing ini membantu mengelola pikiran, perasaan, dan lingkungan yang ada dalam pikiran. Mindfulness bisa dilakukan dengan berbagai cara sederhana. Contohnya saja menutup mata dan menghirup udara segar. Cara ini berguna untuk fokus pada diri sendiri dan segala pikiran yang dimiliki.

9. Meditasi

Meditasi bisa dilakukan dalam suasana santai dan tenang. Anda bisa mencari teknik dan cara meditasi melalui internet. Mengutip dari psychologytoday.com, cobalah untuk meletakkan kaki anda di tanah, ambil napas dalam-dalam, dan keluarkan.

10. Berlatih Pernapasan

Cobalah untuk berbaring telentang, tarik napas selama 6 hitungan, lalu buang selama 6 hitungan. Cobalah untuk bernapas melalui hidung dan dada, kemudian hembuskan melalui mulut. Anda bisa mengulangi cara ini sekitar 5-10 menit. Berlatih pernapasan bisa menenangkan pikiran dan emosi.

11. Memaafkan diri sendiri

Setelah menerima sendiri cara lainya adalah memaafkan diri sendiri. Terkadang tidak semua orang bisa memaafkan diri sendiri yang diakibatkan masa lalu. Bahkan tidak mudah untuk seseorang bisa melupakan peristiwa masa lalu yang menyakitkan. Butuh bertahun-tahun untuk menerima dan memaafkan keadaan untuk diri sendiri. Memaafkan diri sendiri menjadi cara terbaik untuk metode penyembuhan diri sendiri.

12. Kegiatan positif

Anda bisa melakukan kegiatan positif seperti hobi yang bermanfaat. Manfaatkan waktu luang ketika sendirian untuk melakukan kegiatan positif. Misalnya membaca buku, berkebun, bersepeda sendirian, atau mendengarkan musik. Kegiatan positif ini bisa membantu seseorang untuk lebih bahagia dan penyembuhan.

Contoh Self Healing

Duduk Nyaman dan Menghembuskan Napas

Mengutip dari newsweek.com, cara sederhana untuk penyembuhan emosi adalah duduk nyaman. Cobalah cari suasana tenang untuk duduk dan mengatur pernapasan. Lakukan pernapasan mulai dari menarik nafas, hembuskan, tarik, lalu hembuskan lagi. Carilah suasana tenang, damai, dan dengarkan lagu instrumental untuk relaksasi.

Menutup Kedua Mata

Selain duduk dan menghembuskan napas, menutup kedua mata bisa menjadi penyembuhan. Ketika menutup mata, cobalah untuk merasa tenang dan pikirkan hal-hal yang menenangkan.

Carilah Tempat Nyaman untuk Sendiri

Waktu Me Time untuk penyembuhan emosi membutuhkan tempat yang nyaman dan damai. Cobalah cari tempat yang nyaman untuk melakukan kegiatan positif. Bisa juga mencari tempat untuk membaca buku atau meditasi.

 

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait