Pengertian Self Healing dan Cara Melakukannya

Dwi Latifatul Fajri
19 November 2021, 13:36
Self Healing
pixabay.com/vdnhieu

Self-healing adalah sebuah proses untuk penyembuhan luka batin yang mengganggu emosi. Dalam bahasa Inggris self healing artinya penyembuhan diri sendiri.  Sebagian orang tentunya mengalami masalah dan lelah secara emosional. Luka batin ini bisa terjadi dalam waktu yang lama dan berdampak pada kegiatan sehari-hari.

Ada beberapa faktor yang membuat luka batin dan mengganggu emosi. Kelelahan emosional ini bisa disebabkan karena cemas, perasaan sedih ditinggalkan orang tua, merasa gagal untuk mencapai sesuatu, dan masalah lainnya di masa lalu. 

Mengutip dari laman unair.ac.id, self healing termasuk tenik yang dilakukan ketika terjadi gangguan psikologis. Penyembuhan luka batin ini bisa dilakukan dengan cara relaksasi pernapasan, meditasi, dan yoga. Emosi positif dari relaksasi membuat hormon endorfin atau hormon bahagia bekerja.

Cara Self Healing

Penyembuhan luka batin bisa dilakukan sendiri atau bertemu dengan psikologi. Jika anda ingin menyembuhkan diri sendiri, cobalah beberapa cara self healing ini.

1. Me Time

Me Time artinya waktu untuk diri sendiri. Mengutip dari pijarpsikologi.org, umumnya masalah yang belum selesai berhubungan dengan kehadiran orang lain. Me Time bermanfaat untuk membuat diri nyaman dan lebih rileks.

Meluangkan waktu sendirian tanpa memikirkan orang lain bermanfaat bagi kesehatan mental. Cara self healing ini membuat kita merasa diri sendiri adalah pusat segala kehidupan. Sementara itu orang lain hanya sebagai pelengkap kebahagiaan.

2. Berbicara dengan diri sendiri

Salah satu cara untuk penyembuhan luka batin adalah berbicara pada diri sendiri. Cobalah melihat di cerman dan jujur pada diri sendiri. Berbicara sendirian bisa melampiaskan perasaan buruk terhadap sesuatu. Ketika anda mulai memahami diri sendiri, muncul rasa syukur atas kehidupan yang diberikan.

3. Masa lalu hadir untuk dimaknai

Setiap orang memiliki kisah masa lalu yang berbeda. Masa lalu tersebut bisa berdampak pada masa sekarang maupun masa depan. Pikiran tentang masa lalu bisa menghantui.

Ubahlah gambaran masa lalu sebagai pengalaman dan ambil sisi positif untuk penyembuhan. Masa lalu bisa ada di masa kini untuk dimaknai dan menjadi pelajaran ke depan.

4. Menulis ekspresif

Menulis ekspresif merupakan cara self healing untuk menjelaskan segala perasaan yang dialami. Anda tidak perlu memperhatikan ejaan dan tanda baca untuk menulis ini.

Contohnya anda bisa menulis apapun di buku harian yang hanya dibaca sendiri. Cara ini bisa meredakan segala emosi dan stress. Teknik menulis ini bisa membantu untuk penyembuhan dan memberikan gambaran dari sudut pandang lain.

Anda bisa membuat jurnal dan menuangkan segala pikiran selama 15-20 menit setiap hari. Menulis jurnal ini bisa meningkatkan kesadaran diri dan memasuki pikiran alam bawah sadar.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement