Mengenal Penyebab Meningitis, dan Jenis Vaksinnya

Anggi Mardiana
25 Oktober 2022, 20:36
vaksin meningitis
Freepik
Ilustrasi, dokter menyiapkan vaksin untuk disuntikkan kepada vaksin.

Vaksin meningitis biasanya diberikan kepada calon Jemaah haji dan umroh. Namun bisa juga diberikan kepada anak hingga orang dewasa sebagai upaya pencegahan dari penyakit meningitis yang cukup berbahaya dan bisa mematikan.

Bagi jemaah haji dan umroh diwajibkan vaksin meningitis karena Arab Saudi dan Afrika termasuk negara endemik meningitis. Agar terhindar dari penularan penyakit meningitis maka Jemaah haji diharuskan vaksin meningitis maksimal dua minggu sebelum keberangkatan.

Dikenal sebagai negara endemik meningitis, menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfik Ar Rabiah justru akan mencabut berbagai syarat kesehatan Jemaah umrah Indonesia, termasuk syarat wajib meningitis. Kabar ini diumumkan olehnya di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat (24/10/2022).

Meski begitu, kita masih menunggu keterangan resmi tertulis terkait syarat vaksin meningitis. Meski pada akhirnya tidak wajib, lalu bagaimana dengan jaminan terhindar dari penularan meningitis? Ini yang masih menjadi pertanyaan.

Jenis-jenis Meningitis

Berdasarkan penyebabnya, ada banyak jenis meningitis yang perlu Anda ketahui. Berikut jenis-jenis meningitis berdasarkan penyebabnya yang kami lansir dari medicalnewstoday.com, di antaranya:

1. Bakteri Meningitis

Bakteri meningitis merupakan salah satu bentuk yang paling berbahaya karena bisa menular dan berakibat fatal. Tidak heran jika meningitis bakteri cukup menjadi perhatian medis segera.

2. Meningitis Virus

Meningitis virus cenderung lebih ringan dari bakteri. Mereka yang terkena meningitis virus dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang berfungsi dengan baik biasanya akan pulih sendiri. Sementara yang lainnya membutuhkan perhatian medis.

3. Meningitis Parasit

Beragam parasit bisa menyebabkan meningitis namun jenis ini relatif jarang jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Mereka yang tertular biasanya disebabkan karena memakan hewan yang terinfeksi atau makanan terkontaminasi.

4. Meningitis Amuba Primer

Meningitis amuba primer merupakan infeksi otak yang cukup langka dan merusak. Penyebabnya ialah amuba mikroskopis yang dikenal dengan Naegleria fowleri yang hidup di tanah dan air hangat. Penyakit ini tidak menular, tetapi pengidap bisa tertular karena berenang di air yang mengandung amuba.

Jenis-jenis Vaksin Meningitis

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, penyakit meningitis disebabkan oleh sejumlah bakteri. Oleh karena itu vaksin yang digunakan pun berbeda. Untuk strain meningitis bakteri yang paling umum diidentifikasi ialah A, B, C, W dan Y. Berikut jenis-jenis vaksin meningitis yang dilansir dari healthine:

1. Vaksin Meningokokus

Vaksin meningokokus berfungsi untuk melindungi terhadap beragam serotipe atau galur yang dapat dibedakan dari Neisseria Meningtidis. Strain bakteri ini bisa menyebabkan infeksi serius termasuk meningitis, keracunan darah dan meningococcemia. Adapun 2 tipe utamanya sebagai berikut:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...