7 Ciri Ciri Kucing Cacingan serta Cara Menanganinya

Destiara Anggita Putri
26 Oktober 2022, 19:18
Ciri Ciri Kucing Cacingan
Unsplash
Ilustrasi, kucing.

Sebagai pemilik kucing, tentunya Anda ingin hewan peliharaan selalu dalam kondisi sehat. Namun, ada kalanya kucing terserang penyakit yang tentunya membuat Anda khawatir.

Diantara penyakit kucing yang ada, cacingan merupakan salah satu penyakit umum yang sering menyerang kucing. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor. Salah satu nya bisa jadi disebabkan oleh kucing yang kontak dengan telur cacing di kotoran, makanan, atau hewan buruannya, 

Pada umumnya, cacing yang menyerang kucing ada cacing pita, cacing gelang, cacing tambang.

Ciri Ciri Kucing Cacingan

Cacingan bisa terjadi pada setiap kucing termasuk kucing kesayangan Anda. Untuk mengetahuinya, simak tujuh ciri-ciri kucing cacingan di bawah ini.

1. Berat Badan Turun

Ada beberapa kucing cacingan masih memiliki nafsu makan yang baik. Namun, bila Anda merasa berat badan kucing kesayangan turun walaupun makanya lahap, bisa jadi kucing Anda  terkena cacingan. 

Hal ini dikarenakan cacing dalam tubuh kucing menyerap makanan yang dimakan oleh mereka sehingga mengalami kekurangan nutrisi. Jika berat badan kucing Anda terus turun, Sebaiknya segera periksakan ke dokter hewan. 

2. Diare dan Muntah

Salah satu ciri umum kucing cacingan adalah mengalami diare dan muntah. Pada umumnya, kucing yang sehat memiliki kotoran dengan karakteristik padat. Namun, bagi kucing yang terkena cacingan, kotoran akan mereka akan menjadi lebih berair. 

Tidak hanya berair, Ada juga cacing yang mulai muncul pada kotoran mereka. Bahkan, dalam beberapa kasus kucing cacingan yang parah, kotoran  ini juga disertai dengan noda hitam berupa darah.

Kucing cacingan  juga sering muntah dikarenakan adanya cacing yang menginfeksi dan menyebabkan iritasi pada lambungnya.   Jika kotoran kucing Anda semakin gelap serta terus muntah selama 24 jam, segera bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

3. Perubahan Pada Mata

Jika ingin mengetahui kucing cacingan atau tidak, periksa bagian matanya. Pada umumnya, mata pada kucing yang sehat akan terlihat bening, mengkilat, dan bulat sempurna.

Sementara itu, mata pada kucing cacingan akan terlihat sayu, berair, dan muncul selaput. Selain itu, mata kucing akan menampakkan kotoran mata atau belekan yang terus ada walaupun sudah dibersihkan.

4. Perubahan Pada Gusi

Tidak hanya mata, Anda juga bisa memperhatikan gusi kucing Anda. Jika kucing Anda sehat, biasan gsui memiliki warna merah muda cerah. Namun, bila gusi kucing kesayangan memutih, bisa jadi kucing Anda terkena cacingan.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan kurangnya nutrisi yang asu ke tubuh kucing karena dimakan oleh cacing.

5. Bulu Kucing Terasa Kasar

Ini merupakan ciri-ciri kucing cacingan berikutnya yang perlu Anda waspadai. Pada umumnya, kucing memiliki bulu yang panjang dan berkilau. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...