21 Rekomendasi Makanan untuk Diet Sehat

Dwi Latifatul Fajri
23 Desember 2021, 13:28
Makanan Untuk Diet
Unsplash/Anna Pelzer
Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

Menjaga berat badan dan kesehatan membutuhkan menu makanan diet. Para profesional telah membuktikan jika konsumsi makanan sehat bisa menurunkan berat badan secara alami.

Jika anda sedang menjalani pola diet sehat, lakukan olahraga rutin dan pilih makanan sehat. Perhatikan makanan yang harus dihindari saat diet seperti makanan cepat saji, daging, coklat, susu, minuman mengandung gula tinggi, dan ikan yang digoreng mengandung kalori tinggi.

Anda harus selektif memilih makanan untuk menekan rasa lapar, mempengaruhi hormon, sampai memperhatikan asupan kalori dalam tubuh. 

Menu Makanan untuk Diet Sehat

Berikut jenis makanan untuk menu diet sehat mengutip dari healthline.com:

  1. Sayuran Hijau

    Sayuran berdaun hijau seperti kangkung, bayam, sawi, dan lobak baik untuk menu diet sehat. Sayuran hijau mengandung senyawa untuk meningkatkan serat untuk rasa kenyang dan meredakan nafsu makan berlebih.
  2. Telur Rebus

    Telur rebus baik untuk diet kaya akan kandungan vitamin dan protein. Telur kaya nutrisi seperti vitamin D dan kolin pada kuning telur. Sementara itu putih telur mengandung 4-6 gram protein untuk sumber energi.
  3. Ikan Salmon

    Salmon mengandung protein dan asam lemak omega-3. Protein baik untuk sumber energi, sementara asam lemak omega-3 bisa mencegah peradangan dan obesitas.
  4. Brokoli, Kembang Kol, dan Kubis

    Selain kacang-kacangan, protein ada dalam brokoli, kembang kol, dan kubis. Sayuran diatas mengandung protein, serat, dan rendah kalori. Protein ini mengandung senyawa yang bisa menurunkan resiko terkena kanker.
  5. Dada Ayam

    Daging merah dan dada ayam mengandung zat besi dan protein tinggi. Anda bisa memasak dada ayam tanpa kulit dan daging merah untuk menu diet. Bagian dada ayam mengandung sedikit lemak jenuh dibanding daging ayam lain.
  6. Daging Sapi Tanpa Lemak

    Daging sapi tanpa lemak mengandung protein dan zat besi baik untuk tubuh. Bagian tanpa lemak ini baik untuk diet rendah karbohidrat.
  7. Daging Domba

    Ternyata daging domba baik untuk menu diet karena mengandung asam lemak tak jenuh.
  8. Kentang dan Ubi Rebus

    Sayuran sejenis kentang dan umbi-umbian mengandung karbohidrat sebagai menu diet sehat. Kentang rebus mengandung kalium yang berperan menjaga tekanan daarah tetap stabil.
  9. Ikan Tuna

    Daging ikan tuna mengandung lemak sehat dan protein yang baik untuk jantung. Selain itu, daging ikan ini bisa menyehatkan mata dan otak.
  10. Kacang-kacangan

    Kacang tanah dan kacang polong bisa direbus untuk dikonsumsi menjadi menu diet. Kacang mengandung protein dan serat untuk meningkatkan rasa kenyang. Namun, anda harus memperhatikan porsi konsumsi kacang, karena kandungan serat di dalamnya bisa menyebabkan gas dan kembung jika dikonsumsi terlalu banyak.
  11. Kacang Hijau

    Nama lain kacang hijau adalah kacang panjang. Kacang panjang biasanya dimasak untuk tumis sayur dan sup. Kacang hijau ini mengandung vitamin, magnesium, dan zat besi yang baik untuk tubuh. Jenis kacang ini baik untuk mengatasi depresi, meningkatkan kesehatan tulang, dan mencegah penyakit stroke.
  12. Kacang Merah

    Kacang merah mengandung vitamin, serat, dan mineral. Kacang merah baik untuk kesehatan jantung, menu diet, dan menurunkan berat badan.
  13. Kacang Lentil

    Kacang lentil merupakan biji kacang yang bentuknya mirip kacang hijau. Kacang ini mengandung serat, kalori, protein, dan karbohidrat. Konsumsi kacang lentil baik untuk melancarkan buang air besar, menjaga kesehatan jantung, dan anti peradangan.
  14. Tomat

    Tomat bisa disebut sebagai buah dan sayur. Biasanya tomat ditambah dalam sayur sup atau campuran jus buah. Tomat kaya akan antioksidan dan melancarkan pencernaan. Anda bisa mengkonsumsi tomat mentah yang sudah dibersihkan. Tomat mentah bisa menurunkan kadar kolesterol dan membantu proses pencernaan.
  15. Bawang Putih

    Bawang putih dipakai untuk bumbu dapur sebagai penambah rasa dalam makanan. Bawang putih termasuk umbi-umbian yang masih satu keluarga dengan daun bawang dan bawang merah. Manfaat bawang ini menyehatkan untuk jantung, mengendalikan tekanan darah, dan mengatasi jerawat.
  16. Sayur Sup

    Sup mengandung sayuran dan biji-bijian yang baik dikonsumsi untuk menu diet sehat. Sup yang airnya bening mengandung sayuran yang penting untuk tubuh. Anda bisa membuat sayur sup dengan campuran wortel, kentang, kacang, dan lainnya untuk membuat badan sehat.
  17. Buah Alpukat

    Alpukat mengandung serat, vitamin, dan lemak sehat. Selain itu kandungan asam lemak tidak jenuh baik untuk dikonsumsi. Alpukat baik dikonsumsi untuk mencegah rasa lapar dan mengenyangkan tubuh.
  18. Biji-Bijian

    Biji-bijian seperti gandung, beras merah, dan oatmeal mengandung serat. Serat ini bisa meningkatkan metabolisme dan meningkatkan rasa kenyang. Jika anda sedang diet, pilihlah nasi merah yang mengandung serat lebih tinggi.
  19. Cabai Rawit

    Cabai biasanya dipakai sebagai bumbu dapur untuk meningkatkan rasa pedas dalam makanan. Ternyata cabai rawit mengandung capsaicin yang baik menurunkan berat badan.
  20. Buah-Buahan

    Buah mengandung gula alami untuk sumber energi dan membantu mencegah gula. Buah segar baik dikonsumsi untuk mengganti camilan rendah kalori dan karbohidrat.
  21. Jeruk Bali

    Jeruk bali mengandung vitamin, serat, dan nutrisi untuk meningkatkan rasa kenyang. Anda bisa menambah jeruk bali dan sayuran untuk menu diet sehat.

Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...