20 Cara Diet Cepat Alami dan Sehat

Image title
8 November 2021, 22:20
Ilustrasi cara diet cepat berat badan secara alami
parade.com
Ilustrasi cara menurunkan berat badan secara alami

Berat badan ideal dengan tubuh ramping menjadi impian banyak orang. Tidak sedikit yang rela melakukan diet ketat demi mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. 

Tak hanya itu, ada pula beberapa klinik kecantikan yang menawarkan berbagai perawatan untuk  membuat tubuh lebih ramping. Ada pula berbagai pil pelangsing yang beredar di pasaran dan seringkali menjadi jalan pintas yang ditempuh sebagai cara diet cepat.

Advertisement

Padahal, cara diet yang instan sebenarnya kurang direkomendasikan. Selain tidak sehat, diet ini juga sulit dilakukan secara konsisten.

Diet untuk Menurunkan Berat Badan

Sejatinya menurunkan berat badan haruslah dimulai dengan diet sehat, seperti mengatur asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Di mana, makanan yang bergizi dan memiliki banyak nutrisi akan menyelamatkan Anda dari berbagai berbagai risiko penyakit.

Berikut cara diet cepat menurunkan berat badan, dihimpun dari berbagai sumber.

1. Hindari melewatkan sarapan

Untuk dapat menurunkan berat badan, seringkali orang berpikir untuk mengurangi waktu makan dengan melewati sarapan.

Namun, sarapan merupakan hal penting yang harusnya tidak dilewatkan. Sarapan atau makan di pagi hari dapat memberikan energi yang diperlukan tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari, sekaligus membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, dorongan untuk menyantap camilan atau makan berlebihan pun berkurang.

Saat sarapan, pillihlah makanan yang sehat dan mengandung protein, karbohidrat kompleks, serta serat, misalnya telur, susu skim, kacang, buah, dan sayuran.

2. Hindari minuman manis

Minuman manis mengandung banyak gula dan kalori yang cukup tinggi, sehingga dapat menaikkan berat badan.

Dalam menjalankan diet cepat kurus, Anda disarankan menghindari konsumsi minuman manis dan berkalori tinggi, seperti soda, smoothies, es teh manis, yoghurt manis, minuman berenergi, dan jus buah kemasan.

3. Konsumsi air putih sebelum makan

Agar proses menurunkan berat badan bisa berjalan lebih cepat, biasakan untuk minum air putih setidaknya 30 menit sebelum makan. Kebiasaan ini dapat mencegah Anda makan terlalu banyak dan membuat Anda merasa lebih kenyang.

4. Konsumsi makanan yang mengandung serat larut

Makanan yang mengandung serat larut bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Beberapa contoh makanan serat larut adalah kacang-kacangan, alpukat, ubi, brokoli, pir, wortel, apel, buah naga, jambu biji, biji bunga matahari, buah ara dan oat.

5. Konsumsi kopi dan teh

Minuman berkafein, seperti kopi dan teh, mampu meningkatkan kadar hormon epinefrin dalam tubuh. Saat kadar hormon epinefrin meningkat, lemak di tubuh akan mudah dipecah sehingga berat badan akan turun.

Namun, perlu dicatat bahwa kinerja dari hormon epinefrin dalam menurunkan berat badan tidak dapat berjalan maksimal tanpa diet yang sehat dan olahraga yang cukup. Selain itu, pastikan Anda mengonsumsi kopi dan teh tanpa bahan tambahan lain, seperti gula atau krim.

6. Hindari makanan olahan

Hindari mengonsumsi makanan olahan seperti buah kering, makanan yang telah dibekukan, sereal sarapan, makanan cepat saji, roti, kue, biskuit, sayuran kaleng dan daging olahan.

Konsumsi buah, sayuran, ikan, dan kacang-kacangan segar lebih disarankan, karena lebih bergizi dan dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

7. Konsumsi makanan secara perlahan

Orang yang sering makan cepat akan lebih mudah mengalami kenaikan berat badan. Oleh karena itu, makanlah secara perlahan agar tubuh Anda bisa menyesuaikan rasa kenyang dengan jumlah makanan yang dikonsumsi.

Makan secara perlahan juga dapat membuat Anda lebih cepat kenyang, meski makanan yang dikonsumsi tidak terlalu banyak.

8. Tidur yang cukup

Kualitas tidur yang buruk turut memberikan andil terhadap kenaikan berat badan, sehingga penting untuk memastikan tidur cukup setiap hari.

Meskipun terdapat berbagai cara diet cepat yang dapat menurunkan berat badan dalam waktu lebih singkat, Anda tetap disarankan menjalani diet sehat guna menurunkan berat badan secara bertahap. Diet semacam ini juga lebih bertahan dalam jangka panjang.

Minuman Herbal Tradisional

Selain makanan, ada pula beberapa minuman yang dapat membantu menurunkan berat badan Anda. Beragam minuman tradisional ini mudah didapatkan, sebab dapat dibuat dari bermacam-macam tanaman herbal yang mudah ditemui di Indonesia. Bahkan, banyak tanaman herbal yang hadir dalam kemasan siap saji dan digunakan pada industri obat.

9. Teh Hijau

Cara menurunkan berat badan secara alami dan tradisional selanjutnya adalah rutin meminum teh hijau. Teh hijau terkenal memiliki banyak khasiatnya. Sejak dulu, teh hijau dipercaya menjadi salah satu cara menurunkan berat badan yang efektif.

  • Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, minumlah teh hijau dengan teratur sebelum Anda makan
  • Pastikan Anda meminumnya tanpa gula
  • Dengan meminumnya sebelum makan, otomatis akan membuat perut Anda terasa lebih kenyang saat makan dan tentu saja ampuh untuk mengurangi porsi makan Anda

Teh Hijau dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, sehingga akan membantu menghilangkan lemak pada tubuh. Selain itu teh hijau kaya akan anti oksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

10. Teh Jeruk Nipis

Tidak hanya teh hijau, Anda juga bisa menggunakan teh biasa yang dicampurkan dengan perasan jeruk nipis. Caranya:

  • Siapkan sekantung teh atau 3 sendok teh
  • 1 buah jeruk nipis
  • Segelas air panas
  • Seduh teh dan campurkan perasan jeruk nipis ke dalamnya
  • Konsumsilah secara rutin.

11. Madu dan Jahe

Madu dikenal memiliki banyak khasiat untuk mencegah dan mengobati beberapa penyakit. Madu juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menurunkan berat badan yang alami. Madu mengandung zat yang akan membakar lemak tubuh secara tak langsung yaitu fruktosa.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement