15 Cara Diet Cepat yang Ampuh dan Aman bagi Tubuh

Tifani
Oleh Tifani
1 November 2022, 17:14
cara diet cepat
Katadata
Ilustrasi, menurunkan berat badan atau diet.

Menjaga berat badan agar tetap ideal merupakan salah satu pola hidup sehat yang perlu diterapkan. Terdapat beberapa cara untuk mewujudkannya, salah satunya adalah menjalani cara diet cepat.

Meski klaim berat badan turun dengan cepat terdengar menarik, tetapi menjalani diet agar cepat kurus bukanlah hal yang mudah. Dilansir dari laman alodokter.com, target penurunan berat badan yang ideal adalah 0,5–1 kg per minggu.

Cara Diet Cepat yang Ampuh

Meski ingin cepat kurus, tetap perlu bersabar dan tekun menjalani diet hingga mencapai berat badan ideal yang diinginkan. Bagi yang ingin mencoba diet cepat kurus, cobalah ikuti beberapa tips berikut ini:

1. Hindari Melewatkan Sarapan

Banyak orang menganggap bahwa tidak sarapan dapat membuat tubuh cepat kurus. Padahal, anggapan tersebut tidaklah benar.

Sarapan sangatlah penting guna memberikan energi yang diperlukan tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari sekaligus membuat merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, dorongan untuk ngemil dan makan berlebihan pun berkurang.

Saat sarapan, pillihlah makanan yang sehat dan mengandung protein, karbohidrat kompleks, serta serat, misalnya telur, susu skim, kacang, buah, dan sayuran.

2. Hindari Minuman Manis

Minuman manis mengandung banyak gula dan kalori yang cukup tinggi sehingga dapat menaikkan berat badan. Dalam menjalankan diet cepat kurus, disarankan untuk menghindari konsumsi minuman manis dan berkalori tinggi, seperti soda, smoothies, es teh manis, yoghurt manis, minuman berenergi, dan jus buah kemasan.

3. Konsumsi Air Putih Sebelum Makan

Agar penurunan berat badan bisa berjalan lebih cepat, biasakan untuk minum air putih setidaknya 30 menit sebelum makan. Kebiasaan ini dapat mencegah Anda makan terlalu banyak dan membuat Anda merasa lebih kenyang.

4. Konsumsi Makanan yang Mengandung Serat Larut

Makanan yang mengandung serat larut bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Serat larut ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi kacang-kacangan, alpukat, ubi, brokoli, pir, wortel, apel, buah naga, jambu biji, biji bunga matahari, buah ara, dan oat.

5. Konsumsi Kopi dan Teh

Minuman berkafein, seperti kopi dan teh, mampu meningkatkan kadar hormon epinefrin dalam tubuh. Saat kadar hormon epinefrin meningkat, lemak di tubuh akan mudah dipecah, sehingga berat badan akan turun.

Namun, perlu dicatat bahwa kinerja dari hormon epinefrin dalam menurunkan berat badan tidak dapat berjalan maksimal tanpa diet yang sehat dan olahraga yang cukup. Selain itu, pastikan mengonsumsi kopi dan teh tanpa bahan tambahan lain, seperti gula atau krim.

6. Hindari Makanan Olahan

Hindari konsumsi makanan olahan, seperti buah kering, makanan yang telah dibekukan, sereal sarapan, makanan cepat saji, roti, kue, biskuit, sayuran kaleng, dan daging olahan.Konsumsi buah, sayuran, ikan, dan kacang-kacangan segar lebih disarankan karena lebih bergizi dan dapat membuat kenyang lebih lama.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...